NAVIGATION

Festival Budaya Terbesar yang Ada di Indonesia

Festival Budaya Terbesar yang Ada di Indonesia

Dieng Culture Festival pertama kali digelar pada tahun 2010 dengan berbagai acara budaya mulai dari kirab cukur rambut anak gembel hingga pagelaran musik Jazz Atas Awan.

Marketplus.co.id – Kebudayaan yang ada di Indonesia memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal tapi juga untuk wisatawan asing. Masyarakat diminta untuk terus menjaga culture serta adat istiadat yang ada di wilayahnya masing-masing. Oleh sebab itu, banyak daerah yang mulai memperkenalkan budayanya lewat acara yang bertajuk “Festival Budaya”. Dan, berikut adalah beberapa Festival budaya yang ada di Indonesia :

1. Dieng Culture Festival

Dataran tinggi Dieng menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi akhir-akhir ini. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam di daratan tinggi yang terkenal di dunia ini. Barisan pegunungan, persawahan, danau, serta rumah penduduk melebur menjadi satu. Tapi, tidak hanya itu saja yang dimiliki oleh dataran tinggi ini, keramahan serta keunikan budaya dan adat istiadat kuno penduduk asli dieng menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini membuat elemen masyarkat yang sadar akan wisata dan juga bekerjasama dengan pemerintah pariwisata Jawa Tengah menggelar acara seru yang bertajuk “Dieng Culture Festival”.

Dieng Culture Festival pertama kali digelar pada tahun 2010, Dieng Culture Festival mampu menarik wisatawan untuk datang ke acara tersebut. Berbagai acara budaya ditawarkan untuk para wisatawan yang hadir. Acara seperti kirab cukur rambut anak gembel asli Dieng, pegelaran seni tari tradisional, pemutaran festival film Dieng, sampai pagelaran musik Jazz hadir untuk memeriahkan.

2. Jember Fashion Carnaval

Dari sebuah kabupaten kecil di Jawa Timur, yaitu Jember. Jember Fashion Carnaval menjadi acara yang paling ditunggu oleh wisatawan dari seluruh dunia. Karnaval yang berdiri ditahun 2001 ini, telah menjadi ikon budaya kontemporer Jawa Timur selama lebih dari satu dekade, hingga saat ini. Selain itu, festival ini menjadi ajang bagi kalangan desainer fashion lokal untuk menapakkan kaki dalam dunia mode Indonesia dan dunia, serta menjadi salah satu acara paling eye-catching dari antara semua festival budaya Indonesia lainnya. Parade busana yang ditampilkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hadir dalam acara tersebut.

3. Festival Rambu Solo

Upacara Rambu Solo biasanya dilakukan pada sore hari, saat matahari condong ke barat, dan membutuhkan waktu selama 2-3 hari, bahkan hingga dua minggu jika yang akan dimakamkan adalah seorang bangsawan. Kuburan dipersiapkan, digali dalam tebing batu tinggi yang mengelilingi desa. Menurut kepercayaan orang toraja, ketika semakin tinggi jenazah ditempatkan, semakin cepat juga jiwanya sampai ke surga. Seruling, nyanyian, lagu dan puisi, tangisan dan ratapan sebagai ekspresi kesedihan oleh keluarga yang berduka adalah bagian dari upacara tersebut.

Itulah beberapa “Festival Budaya” yang terkenal di Indonesia. Dengan banyaknya budaya yang kita miliki di Indonesia, tidak heran, Indonesia masih mempunyai banyak festival budaya yang harus anda kunjungi.

Top