NAVIGATION

Citi Dukung Generasi Muda Raih Kesempatan Ekonomi

Citi Dukung Generasi Muda Raih Kesempatan Ekonomi

Program yang dijalankan berfokus pada generasi muda Indonesia di bidang edukasi dan literasi keuangan.

Marketplus.co.id – Di Indonesia, data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di usia 15-24 tahun mendominasi jumlah keseluruhan pengangguran yang ada. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi terjadi pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu sebesar 11,41% dari total 7,04 juta pengangguran per Agustus 20171. Karenanya, pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi agenda penting yang kerap dicanangkan pemerintah, serta menjadi bagian dari pengimplementasian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro, menegaskan, “Pembangunan generasi muda merupakan agenda strategis dalam mempersiapkan generasi masa depan yang tangguh dan mampu berperan dalam pembangunan bangsa. Dalam pembangunan, peran mereka menjadi sangat penting sebagai pengendali dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Keterlibatan inklusif pemuda tidak melihat pemuda sebagai obyek dan target dari sebuah kegiatan maupun kebijakan, namun mengganggap pemuda sebagai mitra pembangunan (sebagai collaborators, bahkan initiators). Indonesia memiliki bonus demografi anak muda yang besar, hal tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pembangunan dengan memberdayakan para generasi muda agar berdaya saing tinggi dan mampu berkarya terutama di era digital yang semakin disruptif.”

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki memaparkan, “Adapun program yang dijalankan berfokus pada generasi muda Indonesia di bidang edukasi dan literasi keuangan, kesempatan ekonomi bagi generasi muda, pemberdayaan dan penghargaan terhadap pengusaha mikro dan institusi keuangan mikro, serta pengembangan industri kreatif anak muda di daerah wisata Indonesia antara lain di wilayah Candi Borobudur dan Prambanan (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara) serta Kota Tua Jakarta (DKI Jakarta). Penyaluran grants kepada lembaga nirlaba terpilih serta penandatanganan nota kesepahaman bersama Kementerian PPN RI merupakan aksi nyata dari 50 tahun dedikasi Citi untuk Indonesia.”

Ia juga menambahkan, untuk periode 2018-2019, Citi Indonesia menggandeng empat lembaga nirlaba untuk bekerja sama melaksanakan lima program untuk membekali generasi muda agar siap meraih kesempatan ekonomi, atau disebut sebagai Youth Economic Opportunities, serta pada akhirnya mampu bersaing di era globalisasi.

Lima program tersebut adalah Citi Microentrepreneurship Awards (CMA), Youth Sociopreneurship Initiative tahap ke-5, Digital Financial Literacy for Children tahap ke-3, Skilled Youth Program tahap ke-3 dan Creative Youth Entrepreneurs for Indonesian World Heritage Initiative tahap ke-2.

Top