NAVIGATION

Alibaba Group Umumkan Laporan Keuangan Kuartal Juni 2018

Alibaba Group Umumkan Laporan Keuangan Kuartal Juni 2018

Infografik Pendapatan Alibaba Kuartal Juni 2018

Berhasil meraih periode kuartal luar biasa dengan pertumbuhan pendapatan 61% serta pertumbuhan laba yang kuat, tanpa menghitung one-time items.

Marketplus.co.id – Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA) mengumumkan laporan finansial untuk kuartal yang berakhir pada 30 Juni 2018.

Menurut Daniel Zhang, Chief Executive Officer Alibaba Group, Alibaba kembali melewati kuartal yang sangat baik, dengan ekspansi pengguna yang signifikan dan interaksi yang menguat di seluruh ekosistem yang terus berkembang.

“Bisnis marketplace (pasar digital) ritel kami di Tiongkok terus memperoleh pangsa, dengan strategi New Retail yang mendorong pertumbuhan pendapatan lebih lanjut dan memungkinkan mitra ritel kami untuk melayani pelanggan tanpa terkendala. Kami akan terus menjalankan rencana kami untuk memberikan manfaat dan pilihan bagi para pengguna di seluruh ranah konsumsi melalui hiburan di media digital dan  layanan lokal. Ini kami lakukan untuk menjangkau potensi pasar yang besar di luar lingkup perdagangan utama,” papar Daniel Zhang.

Ia juga menambahkan, pihaknya akan terus berinvestasi pada peluang dan inovasi bisnis yang strategis untuk mempertahankan keunggulan kompetitif Alibaba dan demi pertumbuhan jangka panjang.

Chief Financial Officer of Alibaba Group, Maggie Wu juga menambahkan, Alibaba Group berhasil meraih periode kuartal luar biasa dengan pertumbuhan pendapatan 61% serta pertumbuhan laba yang kuat, tanpa menghitung one-time items (keuntungan, kerugian, atau pengeluaran pada laporan laba rugi yang tidak berulang dan tidak dianggap sebagai bagian dari operasi bisnis perusahaan yang sedang berlangsung).

“Pertumbuhan luar biasa di seluruh segmen rangkaian bisnis utama kami, komputasi awan  serta media dan hiburan digital, mengesahkan strategi investasi kami dalam mengedepankan pengalaman pelanggan, produk, teknologi, dan infrastruktur untuk masa depan,” imbuh Maggie.

Kuartal yang berakhir pada 30 Juni 2018:

 

  • Pendapatan sebesar US$12.229 juta, setara dengan kenaikan 61% year-over-year (yoy)
    • Pendapatan dari bisnis utama naik 61% yoy hingga $10.456 juta
    • Pendapatan dari bisnis komputasi awan naik 93% yoy hingga $710 juta
    • Pendapatan dari media digital dan hiburan naik 46% yoy hingga $903 juta
    • Pendapatan dari inisiatif inovasi dan lainnya naik 64% yoy hingga $160 juta
  • Konsumen aktif tahunan di pasar ritel Tiongkok mencapai 576 juta, bertambah 24 juta dalam periode 12 bulan yang berakhir pada 31 Maret 2018
  • Pengguna mobile bulanan di pasar ritel Tiongkok mencapai 634 juta pada Juni 2018, naik 17 juta dari Maret 2018
  • Pendapatan dari operasional sebesar US$1.212 juta, turun 54% yoy karena satu kali kenaikan dalam biaya kompensasi saham terkait penghargaan Ant Financial untuk karyawan Alibaba. Hasilnya, kenaikan yang signifikan dalam valuasi Ant Financial dalam penggalangan dana ekuitas putaran terakhir. Di luar biaya kompensasi saham terkait Ant Financial, pendapatan atas operasional bisa mencapai 9%. Margin laba sebelum bunga, pajak, dan amortisasi (EBITA) yang disesuaikan naik 13% yoy hingga US$4.005 juta.
  • EBITA yang disesuaikan untuk bisnis utama sebesar US$4.956, naik 22% yoy, merepresentasikan margin hingga 47%. Margin dari segmen bisnis utama telah dan akan dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya:
    • Revenue mix mengarah pada bisnis New Retail yang beroperasi secara terpisah, di mana pendapatannya, yang termasuk biaya inventaris, dicatat secara kotor
    • Masuknya bisnis teknologi logistik dari Cainiao Network dalam laporan keuangan konsolidasi
    • Investasi agresif di layanan lokal, seperti Ele.me yang telah diakuisisi dan terkonsolidasi dalam laporan keuangan kuartal ini
    • Ekspansi internasional ke regional lain seperti Asia Tenggara
  • Pendapatan bersih yang berhubungan dengan pemegang saham biasa sebesar US$1.313 juta dan pendapatan bersih sebesar US$1.156 juta, merepresentasikan penurunan yoy masing-masing sebesar 41% dan 45%.

Pendapatan bersih non-GAAP sebesar US$3.038 juta, EPS terdilusi sebesar US$0.50, dan EPS terdilusi non-GAAP sebesar US$1.22.

Top