NAVIGATION

Willis Tower Watson; Automasi di Tempat Kerja akan Meningkat Dua Kali Lipat

Willis Tower Watson; Automasi di Tempat Kerja akan Meningkat Dua Kali Lipat

Dalam tiga tahun mendatang, automasi akan meningkat menjadi 21% dari keseluruhan pekerjaan di Indonesia.

Marketplus.co.id – Automasi dunia kerja di perkirakan meningkat hingga dua kali lipat di Indonesia dalam tiga tahun mendatang. Hal tersebut diprediksi akan mengubah proses dan keahlian yang dibutuhkan di pekerjaan masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan dalam hasil survei yang dilakukan oleh Willis Towers Watson (NASDAQ: WLTW), sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang konsultansi, pialang asuransi dan solusi terkemuka.

Menurut hasil The Global Future of Work Survey 2018 yang diterbitkan oleh Willis Tower Watson, perusahaan di Indonesia memperkirakan automasi akan meningkat menjadi sekitar 21% dari seluruh jenis pekerjaan dalam tiga tahun mendatang. Peningkatan ini cukup besar dibandingkan dengan kondisi saat ini yaitu  11%, dari hanya 7% pada tiga tahun lalu.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa tujuan utama penerapan teknologi termasuk penggunaan kecerdasan buatan dan robotik, ialah untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas manusia. Automasi ini juga hanya akan menggantikan beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh manusia pada saat ini, mulai dari pekerjaan rutin di back-office, seperti membuat dan mengarsip laporan, sampai dengan kendaraan yang bisa menyetir sendiri.

“Kita semua mengetahui bahwa penerapan teknologi baru di tempat kerja akan terus berlanjut di masa depan. Namun, berdasarkan survei kami, kenyataannya tidak semua organisasi siap menghadapi tantangan yang semakin meningkat, seperti mengidentifikasi jenjang karier baru,” ujar Henry Hanafiah, Direktur Talent & Rewards, Willis Towers Watson Indonesia.

Henry menambahkan, meningkatnya mesin dan robot di tempat kerja ini tidak akan menggantikan fungsi manusia. Automasi akan memberikan manfaat seperti mengurangi resiko, meningkatkan fleksibilitas tenaga kerja dan tempat kerja, mengubah cara melakukan pekerjaan, sekaligus mengurangi biaya.

Top