NAVIGATION

Terobosan KAHMI untuk Kemanusiaan

Terobosan KAHMI untuk Kemanusiaan

Reorientasi arah Kebijakan Organisasi dari Elitis aristoktrat menjadi Publik service for humanity.

Marketplus.co.id — Tidak hanya di Indonesia, kepedulian Korps Alumni HMI (KAHMI) juga ditujukan untuk berbagai fenomena yang terjadi di dunia. Menurut Presidium Majelis Nasional KAHMI, Kamrusammad, sikap KAHMI terhadap berbagai ketimpangan sektor kehidupan manusia sangat jelas.

“Kita tidak bisa tinggal diam, kita harus mengambil sikap yang jelas dan tegas,” tukas Kamrusammad. Arah kebijakan KAHMI yaitu melahirkan terobosan program inspiratif berupa KAHMIPreneur yang focus pada Penciptaan Enterpreneur Muda bidang ekonomi, KAHMI Care focus pada pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terdampak gizi buruk, KAHMI LAZIS yang bertugas menghimpun potensi Alumni HNI untuk mengatasi kesenjangan social, KAHMI Institute untuk mempercepat pemerataan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau, KAHMI LBH merupakan pelayanan, Pelindungan & Penegakan Keadilan serta Advokasi bagi yang tertindas hak-hak hokum.

Jadi, KAHMI untuk Kemanusiaan adalah Reorientasi arah Kebijakan Organisasi dari Elitis aristoktrat menjadi Publik service for humanity.

Kamrusammad menegaskan, apa yang dilakukan oleh KAHMI adalah membentuk sosial enterpreneur. Tujuan social entrepreneurship adalah membuat perubahan sosial, bukan membuat unit usaha, meskipun kadang yang terakhir itu diperlukan sebagai alat.

Baginya, social entrepreneurship bukan melakukan kapitalisasi atas modal sosial untuk perubahan pendapatan ekonomi, melainkan memanfaatkan teknik bisnis untuk mencari solusi atas masalah sosial. “Jadi arahnya meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, menjadi social entrepreneur bukanlah hal yang mudah. Karena menjadi social entrepreneur harus dapat mementingkan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi. “Artinya, dia telah selesai atau sudah dapat mengatasi permasalahan pribadinya sendiri, sehingga dapat menambah beban amanah untuk membantu masyarakat,” tegasnya.

Top