NAVIGATION

Kuliner yang Wajib Disantap saat Berkunjung ke Batang

Kuliner yang Wajib Disantap saat Berkunjung ke Batang

Lontong Lemprak merupakan kuliner yang diwarisi turun-temurun masyarakat Batang yang berada di sepanjang jalur Pantura.

Marketplus.co.id – Saat melakukan perjalanan di pesisir Jawa melalui panjangnya jalur Pantura, cobalah untuk menyempatkan diri mencicipi hidangan khas Batang yang enak dan unik.

Salah satu menu yang layak dicoba dan menjadi kuliner khas Batang adalah lontong lemprak. Hidangan berupa lontong dalam kuah santan ini, merupakan kuliner yang diwarisi turun-temurun masyarakat Batang yang berada di sepanjang jalur Pantura.

Sepintas, lontong lemprak mirip dengan menu populer saat hari raya Idul Fitri, opor. Kuahnya berwarna kuning keputihan, dan terdiri dari potongan ayam, tahu dan sambal goreng yang rasanya Mmmm… Gurih, lezat sekaligus menyegarkan.

Selain itu, Batang juga punya penganan khas berupa surabi. Sesuai nama asalnya, surabi khas Batang bernama Surabi Kali Beluk, yang berasal dari Desa Kali Beluk. Surabi ini terdiri dari dua rasa, yakni rasa gurih yang berbahan kelapa, dan manis dengan bahan gula merah. Keduanya memiliki aroma yang khas karena dimasak dengan menggunakan arang. Ukurannya pun lebih besar dibanding surabi dari daerah-daerah lain.

Untuk camilan, Batang juga terkenal dengan emping melinjonya yang sudah mendunia. Emping melinjo di Batang diproduksi secara rumahan di beberapa desa, terutama Desa Limpung. Saat berkunjung ke Batang, emping melinjo jadi oleh-oleh yang wajib dibawa pelancong.

Top