NAVIGATION

Explore 6 Danau Eksotik di ‘Kota Segudang Ranu’

Explore 6 Danau Eksotik di ‘Kota Segudang Ranu’

Sensasi matahari terbit berlatarkan gunung Lemongan yang tingginya 1668 mdpl menjadi primadona di Ranu Klakah.

Marketplus.co.id – Terletak di kawasan Tapal Kuda Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Lumajang dikelilingi tiga gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan. Dari ketiga gunung berapi yang masih aktif tersebut, Gunung Semeru mendapat prioritas pemantauan lebih dibanding yang lainnya.

Selain itu, Kabupaten yang kaya dengan wisata alam petualangan ini memiliki jamak ranu eksotik yang bisa dijelajahi. Ranu sendiri merupakan bahasa lokal yang artinya danau besar. Ada belasan ranu di Lumajang. Namun, hanya terdapat enam yang siap dan sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Lumajang.

 1. Ranu Regulo

Ranu Regulo merupakan tiga dari deretan danau cantik yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kaki gunung Semeru, terletak di ketinggian sekitar 2100 mdpl dengan luas 0,75 hektar. Ranu Regulo memang terletak tidak jauh dari Ranu Pane bisa ditempuh berjalan kaki hanya 15-20 menit. Ranu Regulo tergolong sunyi, kita bisa mendengar kicauan merdu burung-burung liar seakan meramaikan di area danau dan terdapat dermaga kecil membuat tempat ini terasa eksotis untuk diabadikan. Terletak di Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro dengan perjalanan 120 menit dari kota Lumajang.

2. Ranu Pane

Danau yang kedua yakni Ranu Pane, yang menjadi pos awal dari para pendaki untuk menuju Ranu Kumbolo. Luas Ranu Pane diperkirakan 1 hektar dan suhu di Ranu Pane pun hampir sama dengan Ranu Regulo bisa mencapai minus 5 derajat celcius. Pemandangan di Ranu Pane pun tidak kalah menarik, anda akan melihat perbukitan indah ditanami hasil bumi milik masyarakat sekitar dan aktifitas masyarakat Tengger saat mereka bekerja di ladang. Terletak di Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro dengan perjalanan 120 menit dari kota Lumajang.

 3. Ranu Kumbolo

Danau ketiga yakni Ranu Kumbolo, yang letaknya masuk ke dalam jalur pendakian gunung Semeru. Danau dengan luas sekitar 15 hektar ini akan mampu menghinotis para pendaki untuk kerasan menikmati panoramanya. Sensasi danau nan sempurna menikmati keindahan Galaksi Bima Sakti dan hamparan bintang yang menemani di malam hari, matahari terbit yang muncul di balik sela-sela bukit, juga buah bibir tentang Tanjakan Cinta yang melegenda. Terletak di jalur pendakian gunung Semeru, dengan perjalanan 4-5 jam berjalan kaki.

 4. Ranu Klakah

DCIM/100MEDIA/DJI_0119.JPG

Ada 3 danau di sekitar kecamatan Klakah, ketiganya mempunyai lanskap yang berbeda-beda tentunya. Sensasi matahari terbit berlatarkan gunung Lemongan yang tingginya 1668 mdpl menjadi primadona disini. Gunung Lemongan merupakan gunung berapi tipe maar (istirahat) dimana garis tengahnya berkisar antara 150-700 meter. Beberapa maar mempunyai danau diantaranya Ranu Klakah, Ranu Bedali dan Ranu Pakis.

 5. Ranu Pakis

Ranu Pakis mempunyai panorama yang hampir sama dengan Ranu Klakah, banyak bagan apung budidaya ikan air tawar dan para nelayan yang menjala ataupun menebar jaring disini. Tetapi jikalau pagi hari di cuaca cerah, berjalanlah sedikit ke atas anda akan melihat Ranu Pakis di kelilingi hijaunya pepohonan rindang dengan berlatarkan gagahnya gunung Semeru, pemukiman warga sekitar nan sederhana dan masjid kecil yang menjadi ikon di Ranu Pakis ini terlihat dari ketinggian. Terletak di Kecamatan Klakah, 20-25 km di sebelah utara kota Lumajang dengan perjalanan 40 menit.

 6. Ranu Bedali

DCIM/100MEDIA/DJI_0133.JPG

Yang menjadi panorama indah di Ranu Bedali ini kita bisa melihatnya dari ketinggian. Dimana danaunya di selimuti oleh belantara hutan indah dari kejauhan dan melihat aktifitas nelayan menjala ikan dari ketinggian. Apalagi adanya spot foto bertemakan “cinta” dan kata-kata mutiara seolah menggambarkan isi hati seorang pujangga. Anda juga bisa menyusuri turun hingga ke bibir danau untuk menuju ke Air Terjun Indrawati selama kurang lebih 30 menit berjalan kaki. Terletak di Kecamatan Klakah, 20-25 km di sebelah utara kota Lumajang dengan perjalanan 40 menit.

Top