NAVIGATION

Destinasi VIWI Tampil dalam 50 Foto Terbaik KIPC 2018

Destinasi VIWI Tampil dalam 50 Foto Terbaik KIPC 2018

2.531 foto dan terpilih 3 terbaik untuk kategori foto tunggal dan 3 terbaik untuk kategori foto story (foto bertutur).

Marketplus.co.id –  Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) punya cara sendiri mendukung promosi Visit Wonderful Indonesia (ViWI). Program yang dicetus Kementerian Pariwisata tersebut diimplementasikan dalam sebuah perlombaan foto yang bertajuk Kemilau Indonesia Photo Contest (KIPC) 2018.

Sebanyak  2.531 foto ambil bagian dan terpilih 3 terbaik untuk kategori foto tunggal dan 3 terbaik untuk kategori foto story (foto bertutur). Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana, mengapresiasi semangat Forwapar untuk mendukung program ViWI. Menurutnya, dengan dengan adanya KIPC bisa memberikan masukan dan inspirasi baru terhadap upaya pengembangan pariwisata.

“Kami melihat ini sangat bagus, karena foto adalah bahasa visual terhadap pariwisata dalam kaitannya dengan  18 destinasi yang ada di Visit Wonderful Indonesia 2018,” kata Pitana di Jakarta, (11/5).

Ke-18 Destinasi yang dimaksud adalah : Danau Toba, Kepri, Padang, Belitung, Palembang, Jakarta, Bandung, Joglosemar, Surabaya-Bromo Tengger Semeru, Jember-Banyuwangi, Bali, Lombok, Balikpapan, Makassar, Manado-Bunaken, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

Pitana juga berharap, KIPC 2018 mampu memberikan cara pandang baru bagi orang untuk kemudian bisa tertarik mendatangi destinasi yang ditampilkan dalam foto. Terlebih tahun 2018 mendatang akan ada dua agenda besar yakni pagelaran Asian Games 2018 yang dipusatkan di Jakarta dan Palembang serta Annual Meeting IMF-World Bank di Bali yang bisa kita jadikan momentum untuk mendulang wisman ke Indonesia.

Sementara itu, Ketua Forwapar, Fatkhurrohim mengatakan, penyelenggaran KICP tahun 2018 disambut antusias oleh masyarakat. Terbukti, terdapat 2.531 foto yang ikut lomba di event yang sudah kali ke-2 diselenggarakan ini.

“Tahun lalu hanya terkumpul sebanyak 773 karya foto. Sedangkan pada lomba tahun ini meningkat tiga kali lipat atau sebanyak  2.531. Dan 60 persen peserta lomba dari daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Fatkhurrohim yang juga Ketua Pelaksana KICP 2018 menambahkan, dari hasil lomba yang resmi dibuka 31 Maret 2018 ini, terpilih sebanyak 50 karya foto pilihan yang masuk nominasi serta terpilih tiga juara untuk foto tunggal dan tiga juara untuk foto story.

Top