NAVIGATION

Cermati Inovasi Sosial melalui Design Thinking

Cermati Inovasi Sosial melalui Design Thinking

Melalui Workshop Innovation by Design – Design Thinking for Social Innovation, individu dapat melihat isu sosial dari perspektif yang berbeda hingga menjadi inovasi sosial.

Marketplus.co.id – Sebuah perusahaan yang berfokus pada akselerasi inovasi, Innovesia menggelar kegiatan bertajuk  Workshop Innovation by Design – Design Thinking for Social Innovation pada 23 hingga 24 April 2018 di Taman Tumbuh, Jakarta Selatan.

Workshop ini diikuti oleh 4 peserta terpilih dan berasal dari latar belakang yang berbeda yang membuat 2 purwarupa yang berfokus pada pendidikan. Melalui kegiatan ini, peserta diajak untuk mengeksplorasi lebih dalam, bagaimana berinovasi dalam bidang sosial.

Design Thinking adalah sebuah proses dan pola pikir untuk berempati kepada isu dan permasalahan yang terpusat pada manusia, untuk kemudian mencarikan pendekatan dan ide inovatif yang diterjemahkan melalui visualisasi dan purwarupa. Dengan metode ini, peserta mampu menanamkan budaya inovasi di dalam diri dan melihat isu sosial dari perspektif yang berbeda.

Selama dua hari workshop berlangsung, peserta mendapatkan pengetahuan mengenai metode Design Thinking. Metode ini telah disesuaikan oleh Innovesia ke dalam 3 aspek utama, yaitu INSIGHT (Inspirasi Mendalam), IDEATION (Pemunculan Ide-ide), dan IMPLEMENTATION (Implementasi dalam Purwarupa dan Storytelling).

Fokus workshop kali ini adalah pada isu sosial dan inovasi sosial. Isu yang dipilih oleh peserta adalah isu pendidikan, karena pendidikan merupakan bekal dasar bagi setiap individu dan sebaiknya dimulai dari anak-anak.

Pada tahap Insight, peserta diharuskan untuk dapat berempati kepada target yang diwawancara untuk kemudian dilanjutkan dalam beberapa proses pada Design Thinking hingga membuat purwarupa. Purwarupa yang dihasilkan oleh kelompok adalah  Purwarupa 1 – Nanny Club, adalah komunitas bagi para paramusiwi untuk bertukar pikiran dan meningkatkan keterampilan. Terdapat kelas-kelas tertentu yang menghadirkan ahli pada bidangnya. Kemudian Purwarupa 2 – JUARA.IN, adalah aplikasi mobile bagi anak untuk meningkatkan keterampilan dan membentuk karakter anak, yang pemakaiannya diawasi oleh orang tua.

Top