NAVIGATION

Membuat Iklan dan Pages Menjadi Lebih Transparan di Facebook

Membuat Iklan dan Pages Menjadi Lebih Transparan di Facebook

Dirancang untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, serta mencegah intervensi saat pemilu.

Marketplus.co.id – “Kami yakin bahwa penting bagi Anda untuk mengetahui secara jelas siapa dibalik Page atau iklan yang Anda lihat di Facebook. Kami juga yakin bahwa penting bagi Anda untuk mengetahui iklan apa saja yang ditayangkan Page tertentu meskipun iklan tersebut tidak ditujukan ke Anda. Oleh karena itu, hari ini kami mengumumkan perubahan pada cara kami mengelola iklan dan Pages di Facebook dan Instagram. Perubahan ini dirancang untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, serta mencegah intervensi saat pemilu”.

Hal tersebut disampaikan oleh Rob Goldman, VP, Ads dan Alex Himel, VP, Local & Pages Facebook. Berikut pemaparan Facbook terkait pembuatan iklan dan pages agar lebih transparan:

Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas dari Iklan Pemilu dan Iklan Terkait Isu

Pada bulan Oktober lalu, kami mengumumkan bahwa hanya pengiklan resmi yang bisa menjalankan iklan pemilu di Facebook dan Instagram. Hari ini, kami memperluas peraturan tersebut untuk iklan terkait isu tertentu, seperti misalnya iklan terkait topik politik yang sedang diperdebatkan saat ini. Kami juga bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membuat daftar isu kunci yang harus diperhatikan dan akan terus kami perbarui. Untuk mendapatkan ijin dari Facebook, pengiklan harus mendaftarkan identitas dan lokasi mereka. Dengan demikian, pengiklan baru bisa menjalankan kampanye iklan politik – saat pemilu atau iklan yang berhubungan dengan isu tertentu – setelah mereka mendapatkan ijin tersebut.

Selain itu, iklan seperti ini akan kami beri label khusus di bagian paling kiri atas sebagai “iklan politik”. Pada bagian samping dari label tersebut, kami akan menampilkan informasi tambahan berupa identitas dari pengiklan dengan keterangan “dibayar oleh”. Kami mulai menguji proses otorisasi tersebut minggu ini, dan orang akan mulai melihat label dan informasi tambahannya di Amerika Serikat saat musim semi tahun ini.

Di sisi lain, kami juga akan berinvestasi pada kecerdasan buatan dan sumber daya manusia agar memudahkan pengiklan yang seharusnya sudah menjalani proses otorisasi tersebut tapi belum melakukannya. Kami sadar bahwa akan sulit memastikan bahwa semua iklan terkait isu itu berlabel, karena itu kami mendorong pengguna untuk melaporkan ke kami jika melihat ada iklan politik tak berlabel yang beredar di platform kami. Mereka bisa melakukan ini dengan mengklik tiga titik di bagian kanan atas pada iklan tersebut dan pilih “Laporkan Iklan”.

Lihat iklan dan arsip politik yang mudah dicari

Di Kanada, kami telah menguji fitur baru yaitu View Ads (Lihat Iklan) yang memungkinkan Anda melihat iklan yang dibuat sebuah Page – meskipun iklan tersebut tidak muncul di News Feed Anda. Hal ini berlaku untuk untuk semua pengiklan Pages di Facebook – bukan hanya Pages yang menjalankan iklan politik. Kami berencana untuk meluncurkan View Ads secara global pada bulan Juni nanti.

Pada bulan Juni, kami juga berencana untuk merilis arsip iklan politik yang mudah dicari. Arsip tersebut akan berisi semua iklan dengan label “Iklan Politik”, dan akan menampilkan gambar dan teks, serta informasi tambahan seperti jumlah biaya yang dikeluarkan untuk iklan dan informasi demografis audiens untuk setiap iklan.

Meningkatkan Autentikasi dan Transparensi untuk Pages

Hari ini, kami juga menyampaikan bahwa pengelola Pages dengan jumlah pengikut besar harus diverifikasi. Mereka yang tidak lolos proses ini tidak akan bisa lagi memposting konten. Sehingga, orang yang menggunakan akun palsu akan suilt mengelola suatu Pages, yang jelas-jelas melanggar kebijakan kami. Kami juga akan memberikan konteks tambahan bagi pengguna mengenai Pages yang mereka ikuti agar bisa efektif menilai kontennya lebih jauh. Misalnya, Anda akan bisa melihat apakah sebuah Page telah mengubah namanya.

Kenapa kami melakukan ini?

Kami mengakui bahwa kami cukup lambat dalam menangani campur tangan pihak asing dalam pemilu 2016 di Amerika Serikat. Pembaruan hari ini dirancang untuk mencegah penyalahgunaan data di masa datang – dan untuk memastikan bahwa Anda memiliki informasi cukup yang dibutuhkan untuk menilai lebih jauh iklan politik atau iklan terkait isu tertentu, termasuk konten yang Anda lihat di Pages. Dengan meningkatkan transparansi pada iklan dan Page di Facebook, kami berharap bisa meningkatkan akuntabilitas pengiklan – sekaligus meningkatkan layanan kami bagi semua orang.

Top