NAVIGATION

Inovasi Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Inovasi Sosial untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Isu sosial terjadi di dalam masyarakat dan berada tepat di sekitar kehidupan kita sehari-hari. Melihat isu sosial dari perspektif yang berbeda dapat memberikan peluang dalam bisnis serta kontribusi dalam proses penyelesaian isu.

Marketplus.co.id – Innovesia, sebuah perusahaan yang berfokus pada akselerasi inovasi, akan mengadakan kegiatan Public Workshop kedua di tahun 2018. Dengan tajuk “Innovation by Design’, tema workshop kali ini adalah Design Thinking for Social Innovation. Workshop terbuka bagi siapapun dan akan diadakan di Taman Tumbuh, Jakarta Selatan pada Senin s.d. Selasa, 23 s.d. 24 April 2018. Melalui adopsi Design Thinking, Innovesia akan mengajak Anda bagaimana cara melihat isu sosial dari perspektif yang berbeda hingga menjadi inovasi sosial.

Isu sosial masih terus berkembang di tengah masyarakat. Di mana kita tinggal, di mana kita bekerja dan di mana kita bergaul masing-masing memiliki permasalahan yang berbeda. Mulai dari pendidikan, pengelolaan sampah, tingginya angka pengangguran hingga lingkungan.

Namun, kita dapat melihat hal tersebut dari perspektif yang berbeda. Partisipasi dalam usaha untuk menyelesaikan isu sosial dapat memberikan kesempatan bagi berjalannya bisnis dan munculnya kesempatan bisnis yang baru.

Co-founder Innovesia dan fasilitator dalam Design Thinking for Social Innovation, Yurry Razy mengatakan, “Untuk berempati dalam masalah sosial itu bukanlah hal yang mudah”. Dalam workshop, Innovesia menggunakan metode Design Thinking sebagai materi utama. Design Thinking merupakan sebuah proses dan pola pikir untuk berempati kepada isu dan permasalahan yang terpusat pada manusia, untuk kemudian mencarikan pendekatan dan ide inovatif yang diterjemahkan melalui visualisasi dan purwarupa. “Dengan mengikuti kegiatan ini, peserta akan mendapatkan bagaimana cara menggali kreativitas secara inovatif dan sistematis untuk pemecahan masalah dalam isu sosial,” lanjut Yurry.

Berdiri sejak 2015, Innovesia telah mengadopsi Design Thinking dalam kegiatan yang dilakukan bersama perusahaan yang bergerak pada beragam industri, seperti keuangan, pendidikan, pasar modal, non-government organization, pemerintahan dan lainnya. Begitu pun dengan pelaksanaan pada rentang usia peserta yang beragam, yaitu mulai dari anak-anak usia sekolah hingga dewasa serta mulai dari buruh pekerja hingga eksekutif perusahaan.

Hingga kini, Innovesia masih terus bekerja bersama perusahaan dari beragam industri untuk memungkinkan terwujudnya kultur inovasi yang baik serta akselerasi untuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan melalui adopsi Design Thinking.

Top