NAVIGATION

Peta E‑Commerce Indonesia

Peta E‑Commerce Indonesia

Peta E-Commerce di Indonesia mengurutkan 50 besar e-commerce yang dikumpulkan pada Januari 2018.

Marketplus.co.id – iPrice memetakan persaingan pelaku e-commerce Indonesia berdasarkan jumlah pengunjung, rank aplikasi, pengikut media sosial, dan jumlah karyawan.

Peta E-Commerce di Indonesia mengurutkan 50 besar e-commerce berdasarkan rata-rata pengunjung website setiap kuarter, rangking aplikasi, pengikut media sosial, dan juga jumlah karyawan. Data dikumpulkan pada Januari 2018.

Trafik

  • Berdasarkan jumlah pengunjung, berikut adalah 10 besar e-commerce yang memiliki trafik tertinggi di kuartal 4 2017 (secara berurutan): Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, JD.ID, Elevenia, Zalora, Blanja, dan Bhinneka.
  • Dari tabel Peta E-commerce, terdapat penurunan trafik yang cukup besar pada Elevenia yang sempat berjaya di tiga besar pada kuartal 1 2017. Namun di penghujung tahun, Elevenia jatuh di posisi 7.
  • Shopee merupakan e-commerce yang memiliki pertumbuhan terpesat dalam empat kuartal, yakni dari posisi 8 kini berada di lima besar e-commerce Indonesia.

Ranking Aplikasi

  • Berikut ranking 10 besar aplikasi e-commerce Indonesia di kuartal 4 2017:
    • iOS: Shopee, Tokopedia, JD ID, Lazada, Bukalapak, Blibli, Zalora, Berrybenka, AliExpress, dan MatahariMall
    • Android: Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, JD ID, Zalora, MatahariMall, AliExpress, dan Blanja
  • Shopee lagi-lagi melesat sangat cepat dengan menempati ranking pertama dalam tiga kuartal berturut-turut
  • Terdapat penurunan yang signifikan pada aplikasi Elevenia di kedua platform. Sempat menikmati sepuluh besar di kuartal 1 2017, Elevenia berada urutan ke-13 di platform iOS dan urutan ke-12 di platform Android

Sosial Media

  • Berikut ranking 5 besar pengikut sosial media e-commerce Indonesia pada kuartal 4 2017:
    • Twitter: Blibli, Lazada, Tokopedia, Bukupedia, Bukalapak
    • Instagram: Hijup, Shopee, Lazada, Tokopedia, 8wood
    • Facebook: Lazada, Shopee, Zalora, Blibli, Tokopedia
  • Hijup merupakan platform e-commerce yang sangat fokus pada penetrasi di Instagram. Tidak heran bila Hijup berada di posisi puncak pengikut Instagram terbanyak dalam 4 kuartal berturut-turut
  • Selama 3 kuartal berturut-turut Zalora menempati posisi kedua setelah Lazada di Facebook. Namun di kuartal 4, Shopee secara agresif menyalip Zalora dengan jumlah pengikut sebesar 7,2 juta

Jumlah Karyawan

  • Semakin berkembangnya bisnis e-commerce, kami juga menemukan terdapat beberapa e-commerce yang memiliki pertumbuhan jumlah karyawan yang cukup pesat dalam 4 kuartal terakhir.
  • E-commerce yang memiliki jumlah karyawan lebih dari 1000 di kuartal 4 2017: Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Shopee
  • Dari peta tersebut, Shopee merupakan e-commerce yang melalukan mass hiring besar-besaran dalam setahun. Di kuartal 1 2017, terdapat sekitar 270 karyawan Shopee yang terdaftar di LinkedIn, namun di kuartal 4 2017 karyawan Shopee bertambah sekitar 945 yang terdaftar di LinkedIn.

Untuk mengakses data ini, bisa mengunjungi halaman https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Top