NAVIGATION

Penyelamatan SDA yang Setara dan Berkeadilan Gender

Penyelamatan SDA yang Setara dan Berkeadilan Gender

Local Champion dari sepuluh provinsi saling berbagi di “Temu Nasional Pejuang Keadilan dan Kesetaraan dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam”

Markeptlus.co.id – Melalui program SETAPAK II, The Asia Foundation (TAF) bersama para mitranya secara terus-menerus telah berupaya memperkuat kapasitas masyarakat termasuk perempuan di berbagai provinsi, untuk mewujudkan tata kelola hutan dan lahan yang berkeadilan gender. Termasuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam pengelolaan sumber daya alam di Indonesia.

Menurut Christopher Wyrod, Deputy Country Representative (DCR) The Asia Foundation, telah muncul banyak pejuang lokal dari hasil kerja program SETAPAK, misalnya, Suminah di Tamiang (Aceh), Emilia di Ogan Ilir (Sumatera Selatan), Wagini di Olak-Olak Kubu, Kalimantan Barat dan banyak lagi yang lain.

Acara “Temu Nasional Pejuang Keadilan dan Kesetaraan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam” ini diharapkan akan menjadi ruang bagi calon pemimpin perempuan dengan dukungan kelompok laki-laki, untuk meningkatkan kapasitas dan berbagi strategi terkait advokasi dalam mendorong tata kelola hutan dan lahan yang berkeadilan gender.

“Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi forum refleksi dan berbagi pengalaman antar para pejuang keadilan dan kesetaraan dalam mempertahankan hak kelola atas sumber daya alam di Indonesia”, ujar Christopher dalam sambutannya di Forum “Temu Nasional Pejuang Keadilan dan Kesetaraan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam” yang berlangsung di Jakarta (27/3).

Menurutnya, para local champion ini memiliki dedikasi tinggi dalam mendorong terwujudnya  pengelolaan hutan dan lahan yang berkeadilan.

Local Champion di sini tidak dimaknai sebagai super hero yang mungkin selama ini digambarkan dengan latar belakang pendidikan tinggi, sering mengikuti pelatihan, dan lain lain. Namun local champion yang memiliki komitmen untuk kesetaraan dalam pengelolaan SDA,” ungkapnya.

Top