NAVIGATION

Pentingnya Perlindungan Hukum untuk Kesuksesan Bisnis

Pentingnya Perlindungan Hukum untuk Kesuksesan Bisnis

“Tuntutan bisa terjadi kapan saja. Risiko ini dapat dibantu pertanggungannya dengan hadirnya asuransi tanggung gugat Direksi dan Profesi,”

Marketplus.co.id – Undang Undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007 yang mengatur mengenai perusahaan di Indonesia secara khusus meminta Direksi untuk bertanggung jawab atas tindakan yang diambil oleh pihak ketiga terhadap mereka, bahkan ketika mereka melakukan kesalahan sendiri.

Menurut Mario Sinjal dari Partner of Nurjadin Sumono Mulyadi & Partners Law Office, banyak risiko yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan tuntutan hukum terkait masalah produk atau layanan mereka.

AXA General Insurance Indonesia memperkenalkan dua produk terbarunya, yakni Asuransi Tanggung Gugat Direktur & Pejabat, dan Asuransi Tanggung Gugat Profesi guna memberikan perlindungan dari segala risiko yang ada terhadap bisnis.

“Tuntutan bisa terjadi kapan saja. Risiko ini dapat dibantu pertanggungannya dengan hadirnya asuransi tanggung gugat Direksi dan Profesi,” ujar Mario.

Menurut Kameswara Natakusumah, Chief Commercial Officer of AXA General Insurance Indonesia, produk asuransi ini dikeluarkan melihat perkembangan jumlah usaha kecil menengah (UKM) dan Startup yang mencapai hingga 57 juta di Indonesia pada 2017.

“Dengan tidak memiliki asuransi tanggung gugat, perusahaan-perusahaan tersebut akan kehilangan kesempatan untuk memberikan kompensasi, serta berpotensi menempatkan bisnis, konsumen, dan masyarakat umum dalam risiko yang lebih tinggi,” ujar Kameswara di Jakarta, (6/3). Ia juga menambahkan, misi ini juga sejalan dengan salah satu nilai utama AXA General Insurance Indonesia yaitu Customer’s First.

Asuransi Tanggung Gugat Direktur & Pejabat atau Director and Officers Liability Insurance (D&O) merupakan bagian penting dalam pengelolaan suatu perusahaan swasta atau publik yang diperdagangkan di lingkungan yang sadar hukum. AXA General Insurance Indonesia menyadari tanggung jawab seorang pemimpin perusahaan yang memiliki risiko mengalami kerugian/gugatan hukum.

Sementara Asuransi Tanggung Gugat Profesi atau Professional Indemnity Insurance merupakan mekanisme pengalihan risiko gugatan pihak ketiga sehubungan dengan aktivitas professional tertanggung. Asuransi Profesi terdiri dari beberapa bentuk pengganti kerugian, seperti biaya pembelaan hukum, biaya pendampingan hukum, dan biaya kompensasi atas keputusan hukum.

AXA General Insurance Indonesia berkolaborasi dengan deretan pengacara dan kantor pengacara sehingga klien tidak diberi batasan untuk memilih pendamping hukum. Dengan kisaran premi mulai dari Rp25 juta per tahun, akan menutupi kerugian yang mungkin terjadi, seperti menanggung biaya pendamping hukum, pembelaan hukum, dengan jumlah sesuai keputusan pengadilan atau penyelesaian secara hukum.

Top