NAVIGATION

Nuansa Kekinian di Adiwastra Nusantara 2018

Nuansa Kekinian di Adiwastra Nusantara 2018

Pameran yang memasuki tahun ke-11 ini akan mendatangkan wisatawan dan berkontribusi terhadap penjapaian 17 juta wisman, khususnya di Jakarta sebagai kota MICE.

Marketplus.co.id –  Pameran Adiwastra Nusantara kembali digelar. Ajang yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini, mengusung tema baru yang jelas berbeda, yakni berbeda “Nuansa Kekinian dalam Balutan Wastra Adati Nusantara”.

Selain karya wastra adati atau kain tradisional unggulan dari seluruh daerah di Indonesia,  Adiwastra Nusantara 2018 juga menampilkan usaha rintisan berbasis e-commerce yang digeluti oleh kaum muda.  Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang unjuk rupa start-up company di bidang wastra.

Pameran akan digelar di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC) pada  11-15 April 2017 mendatang ini, menjadi wadah para pengrajin dan Usaha Kecil dan Menengah (UMK) untuk mempertunjukkan dan menjual karya mereka  kepada masyarakat dan para kolektor wastra adati dari seluruh Nusantara maupun mancanegara.

Menurut I Gde Pitana Brahmananda, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Adiwastra Nusantara 2018 merupakan bagian dari kegiatan culinery and shopping tourism maupun MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event), sebagai bagian dari  fortopolio bisnis pariwisata Indonesia yang bertumpu pada potensi budaya (culture) 60%,  alam (nature) 35% dan manmade 5%.

“Pameran yang ke-11 ini bisa mendatangkan wisatawan ke Indonesia dan berkontribusi untuk mencapai target 17 juta wisman dan 270 pergerakan wisnus, khususnya di Jakarta sebagai kota MICE,” ungkap Pitana.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Adiwastra Nusantara 2018, Wida D. Herdiawan menuturkan, “Wastra adati Indonesia  sangat kaya dan beragam jenis coraknya, masing-masing membawa ciri keindahan serta keunikan tradisi dan kearifan lokal dari daerah asalnya.”

Wida juga menambahkan, wastra adati yang bersumber dari kearifan lokal merupakan salah satu daya tarik pariwisata Indonesia dan menjadi aset bangsa yang turut mengundang kekaguman wisatawan mancanegara (wisman) terhadap keindahan budaya Nusantara seperti; batik, tenun ikat, songket dan jenis wastra adati lainnya yang  sudah banyak dikenal di mancanegara karena keindahan serta mutunya yang tinggi.

Pameran kali ini akan menampilkan pagelaran busana rancangan para desainer muda alumni Esmod Jakarta yang bernuansa etnik atau kombinasi wastra adati dengan desain kekinian. Saat ini, rancangan model begini mulai menjadi trend, bukan hanya di komunitas generasi yang lebih tua, namun juga di kalangan generasi milenial.

Adiwastra Nusantara 2018 akan diikuti 450 peserta dari kalangan pengrajin mandiri yang sudah lebih dari 10 tahun menjadi mitra Adiwastra, Lembaga dan Kementerian terkait. Pameran juga  dimeriahkan dengan berbagai lomba di antaranya ‘Lomba Selendang Indonesia’  bekerjasama dengan Traditional Textile Arts Society of South-East Asia (TTASSEA).

Top