NAVIGATION

Menikmati Suasana Hangat Kotawaringin Barat

Menikmati Suasana Hangat Kotawaringin Barat

Menikmati Sunset berseling ragam aktivitas warga di Bantaran Sungai Arut, Kampung Sega menjadi sensasi tersendiri saat berkunjung ke Kotawaringin Barat.

Marketplus.co.id – Selain Tanjung Puting yang menjadi daya tarik utama kota ini, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, terus berupaya memoles destinasi lain agar para wisatawan betah berlama-lama berkunjung ke sana.

Selain terkenal dengan wisata sejarah dan alamnya, Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun juga memiliki jamak destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Ada beberapa istana peninggalan kerajaan tempo dulu untuk memahami sejarah setempat, hingga destinasi baru di tepian sungai Arut yang penuh warna dan sunset yang hangat.

Istana Kuning

Istana Kuning yang satu ini tidaklah berwarna kuning kecuali pada gerbangnya saja.Istana Kuning merupakan warisan Kerajaan Kutaringin. Istana ini berada tepat di jantung Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Istana ini didirikan pangeran ke-9 dari Kerajaan Kutaringin, yaitu Imanudin yang menjabat pada 1811-1841. Istana ini merupakan kebanggaan sejarah dan budaya kerajaan Islam di Kalimantan Tengah.

Istana kuning menyimpan berbagai benda peninggalan kesultanan Kutaringin. Mulai dari lukisan 14 sultan terdahulu, tombak untuk berburu, meriam, guci, dan keris. Arsitektur Istana Kuning terbuat dari kayu ulin yang terkenal kuat dan banyak dipakai pada bangunan-bangunan tradisional dan perahu di Kalimantan Tengah.

Meski sempat terbakar pada tahun 1986, upaya pemugaran dan pelestarian Istana Kuning dilakukan hingga mendekati bentuk aslinya.

Astana Mangkubumi

Selain Istana Kuning, terdapat juga situs bersejarah lain yaitu Astana Mangkubumi. Tempat ini merupakan tempat tinggal keluarga perdana menteri yang kala itu dijabat oleh seorang tokoh dan juga ulama, yakni Kyai Gede.

Astana Mangkubumi masih sangat terjaga keasliannya. Berbentuk rumah panggung yang juga terbuat dari kayu ulin, membuat suhu ruangan di sini terasa lebih sejuk. Layaknya sebuah rumah tinggal, bangunan ini terdiri dari ruang keluarga, kamar-kamar, hingga dapur yang masih asli peruntukkannya.

Di bagian luar, terdapat halaman dan taman yang  dengan tanaman perdu yang asri. Arsitekturnya pun unik dengan kotak-kotak jalan setapak dan kursi-kursi taman yang menambah keindahan taman tersebut. Saat ini Astana Mangkubumi hanya dijaga dan dirawat oleh keturunan sekaligus kerabat kesultanan.

6.  Sungai Arut

Pangkalan Bun merupakan kota di tepi sungai Arut. Di sini, terdapat destinasi wisata yang tak kalah menariknya, tepatnya di Kampung Sega atau sering disebut Kampung Pelangi, karena lokasinya yang penuh warna.

Kampung Sega yang terletak di bantaran Sungai Arut, Kelurahan Mendawai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Suasana yang hangat berpadu warna-warna yang ceria, menjadikan lokasi memberi kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Menariknya lagi, di sini wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang nyaris sempurna karena minim polusi.

Suasana detik-detik matahari terbenam berseling aktivitas warga di Bantaran Sungai Arut,  Kampung Sega, akan membuat wisatawan larut dalam suasana yang hangat.

Top