NAVIGATION

Inovasi bagi Bisnis yang Berkelanjutan

Inovasi bagi Bisnis yang Berkelanjutan

Design Thinking melalui tiga tahap, yaitu INSIGHTS (Inspirasi Mendalam), IDEATION (Pemunculan Ide-ide), dan IMPLEMENTATION (Implementasi dalam Purwarupa dan Storytelling).

Marketplus.co.idInnovesia menggelar kegiatan public workshop pertamanya di tahun 2018 terkait dengan inovasi bagi bisnis yang berkelanjutan di era revolusi industri yang ke-empat. Dengan tema Design Thinking for Business Innovation, workshop Innovation by Design diadakan di Taman Tumbuh, Jakarta pada 1 – 2 Maret 2018 lalu.

Dihadiri oleh 22 peserta dari berbagai bidang seperti periklanan, teknologi informasi, produk kecantikan, perbankan, farmasi, pengajar/akademisi, pelaku start-up dan FMCG, peserta terbagi ke dalam empat kelompok dengan isu fokus yang berbeda.

Dengan metode Design Thinking yang merupakan sebuah proses dan pola pikir untuk berempati kepada isu dan permasalahan yang terpusat pada manusia, untuk kemudian mencarikan pendekatan dan ide inovatif yang diterjemahkan melalui visualisasi dan purwarupa, peserta diharapkan mampu menanamkan budaya inovasi di dalam diri dan organisasinya agar dapat mewujudkan bisnis yang berkelanjutan.

Selama dua hari workshop berlangsung, peserta mendapatkan pengetahuan mengenai Design Thinking melalui tiga tahap, yaitu INSIGHTS (Inspirasi Mendalam), IDEATION (Pemunculan Ide-ide), dan IMPLEMENTATION (Implementasi dalam Purwarupa dan Storytelling). Selain itu, peserta juga terbagi ke dalam empat kelompok dengan fokus masing-masing pada (1) keuangan, (2) makanan, (3) kegiatan di waktu luang, dan (4) hiburan.

Dalam workshop ini, peserta harus memahami permasalahan yang dihadapi oleh target pengguna untuk kemudian dilanjutkan dalam proses Design Thinking hingga membuat purwarupa yang dapat mengurangi kesulitan dan memberikan nilai tambah bagi mereka. Purwarupa yang dihasilkan oleh masing-masing kelompok adalah:

  • Grup 1 – Isu: Keuangan, purwarupa: Finnovesia (Financial Inovasi Indonesia), adalah aplikasi keuangan bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil agar dapat mengembangkan bisnis mereka.
  • Grup 2 – Isu: Makanan, purwarupa: Mas Eko (Makanan Sehat, Enak, Kenyang dan Ekonomis), adalah gerobak keliling seperti warteg namun berisikan makanan sehat yang enak dan terjangkau, terbuat dari bahan-bahan yang segar dan bekerjasama dengan petani lokal.
  • Grup 3 – Isu: Kegiatan di Waktu Luang, purwarupa: CoffeeworX, adalah sebuah platform aplikasi mobile bagi pekerja yang ingin memiliki work-life balance dengan mendapatkan lokasi kerja di coffeeshop secara cepat, nyaman dan terjangkau.
  • Grup 4 – Isu: Hiburan, purwarupa: We Share, adalah entertainment learning secara online dan offline bagi ibu-ibu yang memiliki anak namun tetap dapat bersosialisasi dan melakukan tugasnya sebagai ibu.
Top