NAVIGATION

Icip Kopi Liberica Rasa Khas Kotawaringin Barat

Icip Kopi Liberica Rasa Khas Kotawaringin Barat

Pengunjung bisa mengenal kopi Liberica secara langsung dengan berkeliling ke kebun kopi yang tersebar di 12 titik.

Marketplus.co.id – Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Daerah-daerah seperti  Aceh, Toraja, Bali, hingga Bodowoso memang telah dikenal di pelosok negeri hingga dunia internasional dengan citarasa kopi yang khas.

Pun begitu, masih banyak daerah yang juga punya kopi khas nan nikmat. Jika kebanyakan wilayah di Tanah Air menghasilkan kopi jenis Arabica dan Robusta, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah punya kopi jenis Liberica yang khas, tepatnya di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan.

Desa yang sebagian besar warganya transmigran asal Jawa ini, menjadi satu dari sedikit penghasil kopi jenis Liberica di Indonesia. Biji kopi asal Liberia, Afrika Barat ini, dibawa dan dibudidyakan oleh transmigran asal Malang, Jawa Timur, di daratan yang berjuluk Kota Manis ini.

Menurut Sutrisno, salah satu pemilik kebun sekaligus Ketua Kelompok Tani Kumpai Batu Atas, pohon-pohon kopi di Desa Wisata ini telah ditanam transmigran sejak tahun  1977 silam.  “Kopi jenis ini adalah yang paling kuat dan dapat tumbuh di berbagai karakter tanah, termasuk tanah gambut,” ungkap Sutrisno.

Sejak digalakkan sebagai agrowisata, di Desa Kumpai Batu Atas ini, pengunjung bisa mengenal kopi liberica secara langsung dengan berkeliling ke kebun kopi yang tersebar di 12 titik, serta menyaksikan penduduk setempat mengolah kopi hingga siap dinikmati.

Kopi liberica memiliki rasa dan aroma kopi yang khas. Sekilas, kopi ini punya aroma nangka dan rasa yang lebih fruity.

Selain petani lokal, pengelolaan agrowisata in juga melibatkan komunitas pengembangan pariwisata Seruyan Lamandu Tanjung Puting atau Selanting yang bekerja sama dengan lembaga Swiss Contact.

 

Top