NAVIGATION

Tarif Pajak Bandara Soekarno Hatta Naik per 1 Maret 2018

Tarif Pajak Bandara Soekarno Hatta Naik per 1 Maret 2018

Penyesuaian tarif tersebut sesuai dengan terbit surat Menteri Perhubungan Nomor: PR 303/1/1 PHB 2018, tanggal 18 Januari 2018, tentang PJP2U.

Marketplus.co.id – Tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) atau pajak bandara (passenger Service Charge/PSC) di Bandara Soekarno Hatta naik mulai 1 Maret 2018. Menurut Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta Erwin Revianto, peningkatan tarif dilakukan untuk peningkatan pelayanan fasilitas.

Erwin menjelaskan, untuk tarif PSC Terminal 3 Internasional sebelumnya Rp200 ribu, ketika disesuaikan naik menjadi Rp 230 ribu, sedangkan Terminal 3 Domestik dari Rp 75 ribu menjadi Rp 130 ribu. Sedangkan Terminal 1 dari Rp 50 ribu menjadi Rp 65 ribu, dan Terminal 2 domestik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 85 ribu. Adapun, Terminal 2 Internasional tidak ada penyesuaian yakni Rp 150 ribu.

Penyesuaian tarif tersebut sesuai dengan terbit surat Menteri Perhubungan Nomor: PR 303/1/1 PHB 2018, tanggal 18 Januari 2018, tentang PJP2U.

“Tujuannya agar pengguna jasa semakin nyaman dengan bertambah fasilitas baru yang secara terus menerus berinovasi,” kata Erwin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/2).

Erwin mengatakan, layanan tersebut meliputi adanya pelaporan mandiri (self check in), timbangan bagasi untuk layanan “self check-in kiosk”, pusat kontak video, alat penjualan (vending machine), informasi digital jarak jauh, sampai skytrain.

Ia menambahkan, Terminal 3 saat ini termasuk dalam bandara berkelas di dunia. Terminal itu juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas modern, seperti sistem penanganan bagasi (BHS), sistem tayang informsi penerbangab (FIDS), sistem pendukung di darat (GSS), dan sistem pemandu docking visual (VDGS). Karena itu, Erwin menjelaskan setelah bertahun-tahun tidak disesuaikan, 1 Maret ini akan dilakukan penyesuaian PJP2U.

Sejumlah fasilitas yang bakal ditambah setelah penyesuaian tarif PSC tersebut, di antaranya ruang tunggu akan semakin luas dan nyaman, toilet yang tetap bersih, adanya penambahan petugas pelayanan penumpang, “customer service mobile” di setiap terminal, peningkatan fasilitas keamanan yang tergolong canggih, dan penambahan petugas keamanan guna menjamin keamanan yang lebih baik lagi.

Top