NAVIGATION

Penggiat Kesehatan Berkolaborasi Wujudkan Indonesia Sehat

Penggiat Kesehatan Berkolaborasi Wujudkan Indonesia Sehat

Resistensi antibiotik dapat menyebabkan ancaman serius terhadap dunia kesehatan.

Marketplus.co.id – Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), selaku organisasi yang menaungi Rumah Sakit di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan PT Unilever Indonesia Tbk, turut serta mendukung program pemerintah dalam mendukung tercapainya Program Indonesia Sehat melalui Paradigma Sehat.

Berkolaborasi bersama berbagai pihak terkait, PERSI menjadi penyelenggara simposium nasional bertema “More Protection, Less Antimicrobial” yang mengangkat upaya peningkatan kesadaran pencegahan penyakit dan penggunaan antibiotik yang baik dan benar.

Berangkat dari keprihatinan para tenaga medis dan tendensi masyarakat dalam menggunakan antibiotik secara kurang bijak, PERSI merasa keterlibatan semua pihak begitu penting untuk memastikan akselerasi dan keberhasilan upaya yang mendukung agenda pemerintah ini.

Sekitar 800 direksi rumah sakit dan tenaga kesehatan dari seluruh Indonesia, ikut berdiskusi dengan para narasumber seputar pencegahan penyakit dan penggunaan antibiotik yang juga perlu diketahui masyarakat luas.

Menurut laporan World Health Organization tahun 2017, resistensi antibiotik dapat menyebabkan ancaman serius terhadap dunia kesehatan. Contohnya pada kasus tuberculosis (TB) yang kebal terhadap pengobatan dan mengakibatkan kematian 250.000 orang per tahun di dunia. Semakin ditakutkannya lagi adalah resiko kematian pada pasien saat mereka menjalani prosedur operasi kecil, hanya karena sudah mengalami resistensi antibiotik.

Untuk menanggulangi permasalahan ini, pemerintah telah melakukan serangkaian upaya melalui Program Pengendalian Resistensi Antimikroba di Rumah Sakit, dan dengan giat melakukan program Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat). Upaya ini berangkat dari arahan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan fokus pada tindakan promotif-preventif melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Program Pengendalian Resistensi Antimikroba; sehingga upaya-upaya ini mampu mewujudkan Indonesia Sehat.

Salah satu hal utama dalam PHBS adalah kebiasaan cuci tangan pakai sabun sebagai proteksi secara dini agar terhindar dari kuman. Cuci tangan pakai sabun merupakan cara paling sederhana untuk mengurangi terjadinya perpindahan mikroba penyebab penyakit. Oleh karena itu, cuci tangan pakai sabun adalah upaya melindungi diri sendiri, yang nantinya akan berimbas baik pada orang lain pula.

Top