NAVIGATION

Inovasi Bagi Bisnis Yang Berkelanjutan

Inovasi Bagi Bisnis Yang Berkelanjutan

Revolusi industri keempat memungkinkan terjadinya perubahan dalam segala hal termasuk perubahan dalam bagaimana manusia berpikir dan melakukan sesuatu. Memasuki tahap awal revolusi tersebut, individu dan pelaku bisnis perlu menyiapkan diri dalam penyesuaian terhadap segala perubahan yang terjadi.

marketplus.co.id – Innovesia, sebuah perusahaan yang berfokus pada inovasi-investasi, akan mengadakan kegiatan Public Workshop pertamanya di tahun 2018. Dengan tajuk “Innovation by Design’, tema workshop kali ini adalah Design Thinking for Business Innovation. Workshop ini terbuka bagi siapapun dan akan diadakan di Taman Tumbuh Montessori Academy, Jakarta Selatan pada Kamis s.d. Jumat, 1 s.d. 2 Maret 2018. Melalui adopsi Design Thinking, peserta akan mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana cara menggali kebutuhan pengguna atau pelanggan yang sebenarnya.

Memasuki revolusi industri keempat, perkembangan pesat teknologi, pola pikir dan perilaku manusia mempengaruhi bagaimana bisnis dapat bertahan dan tetap berjalan. Menghadapi tantangan tersebut, menurut World Economic Forum (WEF), strategi yang paling penting bagi bisnis adalah untuk terus bereksperimen sekaligus berinvestasi pada siapa yang ada di dalamnya[1]. Begitupun dengan pengguna atau pelanggan, masukkan maupun suara mereka haruslah dapat didengarkan dan diterima demi terciptanya kehidupan dan keberlangsungan bisnis yang berkelanjutan. Atas dasar hal ini, Innovesia, melalui Innovation by Design – Design Thinking for Business Innovation, berusaha membantu pelaku bisnis atau individu yang bergelut di dalamnya untuk dapat menggali kebutuhan pengguna atau pelanggan dari suara dan masukkan mereka.

Innovation by Design – Design Thinking for Business Innovation menggunakan metode Design Thinking sebagai materi utama. Design Thinking merupakan sebuah proses dan pola pikir untuk berempati kepada isu dan permasalahan yang terpusat pada manusia, untuk kemudian mencarikan pendekatan dan ide inovatif yang diterjemahkan melalui visualisasi dan purwarupa.

Berdiri sejak 2015, Innovesia telah mengadopsi Design Thinking dalam kegiatan yang dilakukan bersama perusahaan yang bergerak pada beragam industri, seperti keuangan, pendidikan, pasar modal, non-government organization, pemerintahan dan lainnya. Begitu pun dengan pelaksanaan pada rentang usia peserta yang beragam, yaitu mulai dari anak-anak usia sekolah hingga dewasa serta mulai dari buruh pekerja hingga eksekutif perusahaan.

Hingga kini, Innovesia masih terus bekerja bersama perusahaan dari beragam industri untuk memungkinkan terwujudnya kultur inovasi yang baik serta akselerasi untuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan melalui adopsi Design Thinking.

 

 

[1] World Economic Forum, 2018, The Urgency of Shaping the Fourth Industrial Revolution

Top