NAVIGATION

Idea: UMKM Harus Miliki Kreativitas Berdayakan E-Commerce

Idea: UMKM Harus Miliki Kreativitas Berdayakan E-Commerce

Ilustrasi belanja online | Foto: Antara

Your Lead Paragrpah goes here

Marketplus.co.id – Dunia usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih memiliki potensi untuk berkembang lebih luas dengan perdagangan elektronik (e-commerce). Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto menyarankan UMKM kreatif dalam memberdayakan e-commerce.

Menurut Aulia, kemandirian digital yang dimaksud adalah mampu membaca kondisi pasar sehingga dapat mengambil langkah strategi dalam mengelola pemasaran daring. Hal tersebut, lanjutnya, adalah kunci untuk usaha yang berkelanjutan karena bila tidak UMKM itu dikhawatirkan akan mengalami kemunduran.

Terkait e-commerce, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tax Center Ajib Hamdani berharap pajak tentang e-commerce dapat mendorong penguatan pengusaha atau investor lokal di Tanah Air.

Ajib mengatakan, pasar e-commerce nasional saat ini banyak dimanfaatkan pelaku usaha asing. Untuk itu, kata dia, instrumen pajak merupakan pintu awal yang efektif untuk menjaga kedaulatan ekonomi negara di industri e-commerce.

Ajib menambahkan, Hipmi mendukung sistem perpajakan e-commerce dirancang sedemikian rupa untuk kepemilikan (ownership) pengusaha atau investor dalam negeri. Ia juga mengingatkan potensi pasar Indonesia di 2017 berkisar 32,5 miliar dolar AS per tahun, dan transaksi e-commerce nasional tumbuh 30-50 persen pada tahun 2017 dibandingkan 2014.

Top