NAVIGATION

Ferrari 488 Pista, Kombinasi Kesenangan dan Performa dalam Berkendara

Ferrari 488 Pista, Kombinasi Kesenangan dan Performa dalam Berkendara

Menghasilkan daya 720 CV yang terbesar di kelasnya (185 hp/l) dan juga yang paling ringan.

Markeplus.co.id – Ferrari 488 Pista, yang akan diluncurkan pada Geneva Motor Show mendatang, merupakan penerus seri spesial Ferrari bermesin V8 – 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale yang banyak mendapat pujian dalam hal performa dan handling yang nyaman.

Ferrari 488 Pista menandai sebuah langkah maju yang signifikan dari seri spesial sebelumnya baik dalam segi dinamika sporty maupun dalam tingkat teknologi yang diadopsi dari ajang balapan. Namanya merupakan penghormatan secara langsung terhadap kiprah Ferrari dalam motorsport yang tak tertandingi.

Pengembangan mobil ini, berevolusi seiring keterlibatan Ferrari dalam FIA World Endurance Championship – dimana Ferrari telah memenangkan lima gelar Manufacturer terbaik di kelas GTE dalam enam tahun sejak awal seri, menjuarai 29 dari 50 seri balapan – dan 25 tahun pengalaman dalam menjalankan Ferrari Challenge one-make series.

Pemangkasan berat pada Ferrari 488 Pista, bersama dengan pengembangan performa mesin, aspek dinamika dan aerodinamis kendaraan merupakan inspirasi dari mobil balap Ferrari: 488 GTE dan 488 Challenge. Hasilnya adalah sebuah mobil dengan misi tanpa kompromi: yang menawarkan performa layaknya sebuah mobil balap, baik saat dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit, bahkan saat dikendarai oleh seorang pengendara non-professional.

Dibandingkan dengan 488 GTB, model baru lebih ringan 90 kg (1280 kg bobot kering), jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series (+50 hp), maka akan menghasilkan standard performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8.

Mesinnya adalah V8 paling bertenaga dalam sejarah Ferrari dan merupakan evolusi ekstrim dalam hal unit turbonya yang telah memenangkan penghargaan International Engine of the Year pada tahun 2016 dan 2017.

Mesin tersebut menghasilkan daya 720 CV yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/l) dan juga yang paling ringan, berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge, termasuk manifold knalpot Inconel serta poros engkol dan roda gila yang ringan, selain itu juga berkat fitur-fitur tambahan seperti con rods titanium dan intake plenum dari serat karbon.

Ferrari 488 Challenge juga menyumbang turbo dengan sensor rev terpadu serta disain saluran air intake yang telah dipindahkan dari bagian flank ke area sekitar spoiler belakang untuk memastikan aliran udara yang lebih bersih.

Torsi yang dihasilkan lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin, memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus serta waktu respon turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya.

Suara mesinnya unik dan khas Ferrari, jaminan sebuah mobil spesial. Kualitas suara dan intensitasnya lebih tinggi dari 488 GTB di semua tingkat perpidahan gigi dan pada semua tingkat putaran mesin seiring dengan peningkatan daya yang progresif.

Ferrari 488 Pista memanfaatkan sepenuhnya pengalaman Ferrari dalam motor-sport untuk performa aerodinamis yang maksimal bahkan di jalan raya. Di antara solusi balap yang diadopsi adalah S-Duct yang terinspirasi F1 dan disain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan untuk 488 GTE guna menciptakan daya hisap yang kuat untuk meningkatkan downforce.

Generator vortex di bawah bodi mobil juga telah didesain ulang, dan diffuser belakang menggunakan dudukan ganda seperti pada 488 GTE untuk meningkatkan ekstraksi udara dan menghasilkan downforce dibandingkan dengan diffuser tradisional. Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang serta bentuknya lebih optimal. Hasil akhir dari semua intervensi ini adalah kenaikan yang mengesankan dalam hal downforce sebesar 20%.

Dinamika kendaraan telah dirancang untuk meningkatkan kesenangan berkendara, dan menghadirkan seluruh potensi yang dimilki, tersedia bagi semua pengendara, baik pengendara profesional maupun lainnya. Tujuannya agar performa tertinggi dapat dengan mudah dicapai dan dikendalikan.

Hal ini dicapai dengan sinergi antara pengembangan sisi mekanis dan kontrol dinamis elektronik yang diintegrasikan ke dalam sistem Side-Slip Angle Control versi 6. SSC 6.0 menggabungkan semua sistem berikut ini: E-Diff3, F1-Trac, suspensi magnetorheological (SCM) dan, untuk pertama kalinya, Ferrari Dynamic Enhancer. FDE memiliki fitur-fitur pertama di dunia, seperti: menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper.

Tambahan tingkat pengendalian ini lebih menyempurnakan kinerja 488 Pista dalam melewati tikungan dan membuat pengendalian mobil menjadi lebih mudah, intuitif dan mudah ditebak. Keyakinan ekstra yang dihadirkan sistem ini berarti bahwa pengemudi dapat mengatasi tikungan tajam dengan lebih mudah, bahkan pada batas kemampuan mobil, sehingga pengemudi dapat menyatu sepenuhnya dengan mobil dan menghadirkan kombinasi performa ekstrem dan pengalaman berkendara yang sensasional.

Pemilihan suspensi disempurnakan dengan ban baru yang dikembangkan khusus untuk 488 Pista oleh Michelin. Desain 488 Pista difokuskan pada konsep aerodinamis fungsional, sementara kokpit dirombak ulang sesuai dengan tema sporty. Desain Ferrari menggunakan elemen inovatif, seperti S-Duct aerodinamis di bagian depan, untuk memberikan kesan visual bagian hidung yang lebih pendek dan menciptakan efek sayap mengambang.

Skema warna-warna balap merupakan bagian integral dari desain mobil dan caranya menyatu dengan S-Duct menonjolkan bentuk Berlinetta yang ringkas namun berkesan. Sisi yang kontras pada elemen aerodinamis seperti bemper dan struktur penguat tambahan pada desain.

Konsep bagian depan juga tercermin pada spoiler belakang berbentuk ekor lumba-lumba yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien, sementara volume bagian belakang menambah kesan bertenaga.

Kesan dasar dari mobil untuk tujuan ekstrim ditegaskan dengan penggunaan untuk pertama kalinya pada Ferrari yaitu pilihan pelek karbon baru berukuran 20 inci, sementara bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang.

Top