NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

DailySocial.id Rilis Laporan Startup 2017

DailySocial.id Rilis Laporan Startup 2017

Your Lead Paragrpah goes here

marketplus.co.id – Perkembangan startup teknologi di Indonesia meningkat setiap tahunnya, saat ini sudah ada lebih dari 230 startup di Indonesia bahkan 4 diantaranya berhasil menjadi startup unicorns, dengan nilai investasi sebesar US$ 1.6-2.8 juta. Perkembangan startup teknologi ini tidak lepas dari semakin banyak kebutuhan akan gaya hidup digital di Indonesia. Pengguna aktif Internet di Indonesia bertambah setiap tahunnya, tahun 2017 yang lalu, tercatat ada 132.7 juta pengguna Internet di Indonesia, 50% lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Dengan perkembangan yang cukup pesat ini, DailySocial.id, salah satu anak perusahaan dari GDP Venture dibawah bendera MerahPutih Incubator, sebagai pelaku yang menjembatani berbagai entitas dalam ekosistem industri teknologi, konsisten memberikan informasi yang paling up-to-date dengan merilis laporan Startup setiap tahunnya.

Rama Mamuaya, CEO dari DailySocial.id menerangkan “Setiap tahun DailySocial.id mencoba mengumpulkan semua informasi mengenai ekosistem industri teknologi di Indonesia, dan mengemasnya dalam bentuk laporan singkat yang diharapkan bisa membantu para stakeholder untuk bisa melihat gambar besar pergerakan industri di Indonesia.

DailySocial.id dalam laporannya tidak saja menerangkan keberhasilan startup di tahun 2017, tapi juga memprediksikan sektor apa saja yang berpotensi paling besar untuk berkembang pesat di tahun 2018, yaitu fintech, media dan kesehatan. Bisnis e-commerce akan tetap tumbuh di tahun 2018, walaupun jumlahnya semakin sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tapi e-commerce yang sudah ada akan semakin besar dan akan banyak bermunculan startup e-commerce yang bermain di pasar niche. Startup fintech yang diwarnai dengan kegiatan akuisisi dan merger di tahun 2017, akan terus berkembang di tahun 2018 seiring dengan peraturan fintech yang semakin jelas dan teknologi pendukung yang semakin canggih mengikuti permintaan dari konsumen yang semakin mengenal dan yakin akan keuntungan yang ditawarkan startup fintech ini. Pemilihan umum di tahun 2019 mendatang memberikan dampak positif terhadap perkembangan startup media di tahun 2018, penduduk Indonesia mulai mencari media mana yang dapat memberikan informasi dan wawasan  yang sesuai dengan kebutuhan mereka, dan para politikus juga akan menjadikan media sebagai alat untuk mempengaruhi opini masyarakat secara langsung dan tidak langsung. Di tahun 2018 ini, startup kesehatan yang ada akan terus mengembangkan layanan kesehatan yang paling efisien yang dapat diakses menggunakan internet dan teknologi mobile.

“Untuk kami para investor, laporan startup ini sangat membantu kami untuk melihat gambaran garis besar perkembangan teknologi dan ekosistem internet di Indonesia, sehingga dapat menjadi pedoman dalam mempertimbangkan keputusan dalam berinvestasi”, ujar Danny Wirianto, CMO dari GDP Venture yang juga dikenal sebagai Angel Investor. “Walaupun setiap hari kami pasti membaca laporan yang ada dan melihat tren investasi dari dalam maupun luar negeri, tapi laporan tahunan ini sangat kami tunggu karena merupakan suatu executive summary tentang pergerakan industri startup beserta ekosistemnya di tahun yang lalu beserta prediksi perkembangannya di tahun berikutnya,” lanjut Danny.

Dalam laporannya, DailySocial.id juga memaparkan teknologi yang akan berkembang di tahun 2018, diantaranya Internet of Things, teknologi Blockchain dan Artificial Intelligence dan juga beberapa issue yang terkait dengan startup seperti misalnya, kurangnya talenta yang berkualitas yang dapat memenuhi standar yang dicari oleh para investor, regulasi yang masih menghambat, paradoks keberhasilan startup unicorn yang berasal dari Jakarta mengakibatkan perkembangan startup masih berfokus di Jakarta. Beberapa issue ini dimasukkan dalam laporan dengan harapan para stakeholder dapat membantu memberikan jalan keluar untuk issue-issue terkait.

“Kami berharap laporan tahunan kami ini bisa bermanfaat bagi stakeholder untuk mendapatkan informasi yang berguna yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan ekosistem teknologi di Indonesia,” ujar Rama.

Top