NAVIGATION

Bango Dorong Regenerasi Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara

Bango Dorong Regenerasi Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara

Akan terpilih 5 pemenang yang berhak mendapatkan total hadiah sebesar Rp500 juta untuk membantu mengembangkan usaha.

Marketplus.co.id – Brand kecap produksi PT Unilever Indonesia Tbk, Bango kembali mendukung regenerasi pelestarian warisan kuliner Nusantara melalui program “Bango Penerus Warisan Kuliner 2018”.

Kali ini, Bango di bawah supervisi Unilever Food Solutions bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif RI (BEKRAF RI) memberikan kesempatan yang lebih luas, mekanisme yang lebih mudah, dan manfaat yang lebih optimal untuk melestarikan warisan kuliner Nusantara dengan bergabung di dalam program ini – yang tahun ini.

Menurut Thomas Agus Pamudji, Managing Director Unilever Foods Solutions, tanpa regenerasi yang kuat, kuliner Nusantara bisa hilang tergerus waktu dan era globalisasi. Hal ini menjadi sebuah tantangan namun juga peluang bagi generasi muda, khususnya mereka yang menekuni bidang wirausaha kuliner Nusantara.

BEKRAF RI mendata bahwa subsektor kuliner terbukti berkontribusi sebesar 41,69% dari total kontribusi perekonomian kreatif. Hal ini tidak terlepas dari peranan para wirausaha kuliner yang berdedikasi tinggi dalam memperkenalkan dan mempopulerkan hidangan kebanggaan mereka, termasuk hidangan Nusantara. Kondisi yang kondusif ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memaksimalkan proses regenerasi warisan kuliner Nusantara.

Sepanjang bulan Februari hingga pertengahan Maret 2018, Bango membuka kesempatan kepada para pengusaha kuliner di seluruh wilayah Indonesia untuk mendaftarkan usaha dan hidangan terbaik mereka melalui website www.peneruskuliner.com.

Setelah mendaftar, mereka dapat mempromosikan dan menggalang dukungan dari konsumen untuk memilih hidangan mereka melalui platform Instagram dan Facebook. Di akhir Maret 2018 nanti, 20 finalis dengan jumlah vote terbanyak ditambah 2 finalis pilihan dewan juri berhak untuk mengikuti penjurian dan workshop yang akan digelar di Jakarta.

Di sesi penjurian, para finalis akan mempresentasikan hidangan mereka di depan dewan juri yang beranggotakan para legenda kuliner kenamaan, perwakilan dari BEKRAF RI serta tim ahli dari Unilever Food Solutions. Lalu, di sesi workshop mereka akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang dapat sangat membantu mereka dalam mengembangkan usaha di kemudian hari, seperti pelatihan food safety dan food handling dari tim ahli UFS, serta wawasan mengenai strategi bisnis kuliner oleh tim BEKRAF RI.

Di akhir kompetisi, akan terpilih 5 pemenang yang berhak mendapatkan total hadiah sebesar Rp500 juta untuk membantu mengembangkan usaha mereka sehingga dapat dinikmati oleh lebih banyak pecinta kuliner.

“Selain itu, tak kalah menariknya, kelima pemenang ini nantinya dapat berpartisipasi di kemeriahan perayaan ulang tahun Bango ke 90 yaitu Festival Jajanan Bango 2018, yang akan sangat membantu mereka untuk lebih dikenal oleh puluhan ribu pecinta kuliner yang selalu memadati perhelatan kuliner akbar ini,” tutup Thomas.

Top