NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Alibaba Group Umumkan Pendapatan Kuartal Desember 2017

Alibaba Group Umumkan Pendapatan Kuartal Desember 2017

Mencapai kuartal yang luar biasa, dengan pertumbuhan pendapatan 56% year-over-year (YoY).

Marketpus.co.id – Alibaba Group Holding Limited mengumumkan laporan finansial per kuartal yang berakhir pada 31 Desember 2017 lalu.

Menurut Daniel Zhang, CEO Alibaba Group, kuartal keempat tahun 2017 kembali menjadi periode yang memuaskan untuk Alibaba. Hal ini berkat menguatnya daya beli konsumen Tiongkok serta layanan inovatif dan beragam yang kami sediakan untuk pedagang dan konsumen.

“Kami gembira dengan adanya momentum berkelanjutan di ‘New Retail’ pasca pecahnya rekor 11.11 Global Shopping Festival. Kami memperluas jangkauan dan jejak kami dalam inisiatif ‘New Retail’ melalui penggabungan ritel online dan offline untuk meningkatkan pengalaman konsumen melalui teknologi mobile dan teknologi untuk perusahaan ritel,” ujar Daniel Zhang.

CFO Alibaba Group, Maggie Wu juga menambahan, Alibaba Group mencapai kuartal yang luar biasa, dengan pertumbuhan pendapatan 56% year-over-year (YoY).

“Kami menargetkan pendapatan tahun fiskal 2018 sebesar 55-56%, naik dari target yang kami sampaikan sebelumnya yaitu 53%. Hal ini berkat kinerja dan visibilitas kami yang kuat menjelang akhir tahun fiskal,” imbuh Maggie Wu.

Ia juga menuturkan, “Bisnis utama kami menghasilkan arus kas bebas (free cash flow) sebesar US$7,1 miliar sepanjang kuartal terakhir 2017, sehingga memungkinkan kami berinvestasi di ‘New Retail’, komputasi awan, serta media hiburan digital dan globalisasi.”

Fokus Bisnis

Kuartal keempat yang berakhir pada 31 Desember 2017:

Pendapatan sebesar US$12,7 miliar, setara dengan kenaikan 56% YoY

    • Pendapatan bisnis utama naik sebesar 57% YoY hingga mencapai US$11,2 miliar
    • Pendapatan dari komputasi awan naik 104% YoY hingga US$553 juta
    • Pendapatan dari media digital dan hiburan naik sebesar 33% YoY, mencapai US$832 juta
    • Pendapatan dari berbagai inovasi dan lainnya turun sebesar 9% dibanding periode yang sama tahun lalu ke US$119 juta
  • Konsumen aktif tahunan di pasar ritel Tiongkok mencapai 515 juta, bertambah 27 juta dalam periode 12 bulan yang berakhir pada 30 September 2017
  • Pengguna mobile bulanan di pasar ritel Tiongkok mencapai 580 juta pada Desember 2017, bertambah sebanyak 31 juta dari September 2017
  • Pendapatan bersih sebesar US$3,5 miliar, pendapatan operasional US$3,9 miliar, dan laba sebelum bunga, pajak, penyusutan, dan amortisasi (EBITDA) yang disesuaikan sebesar US$5,5 miliar. Margin operasional sebesar 31%, margin EBITDA yang disesuaikan sebesar 44%, dan margin laba sebelum bunga, pajak, dan amortisasi (EBITA) disesuaikan untuk perdagangan inti sebesar 53%.
  • Laba per lembar saham terdilusi (diluted Earnings Per Share) mencapai US$1,41 dan laba per lembar saham terdilusi (non-GAAP) sebesar US$1,63
  • Kas bersih dari aktivitas operasional mencapai US$8,4 miliar dan arus kas bebas non-GAAP sebesar $7 miliar
Top