NAVIGATION

Lindungi Legalitas Hak Cipta Anda

Lindungi Legalitas Hak Cipta Anda

Ciptaan yang dilindungi menurut Pasal 40 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yaitu meliputi bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra.

Marketplus.co.id – Sebagai pekerja kreatif yang tahu susahnya menciptakan karya, pasti menyebalkan kalau tahu jerih payah anda diakui oleh orang lain sebagai karya mereka bukan? Namun sayang, hal ini masih sering terjadi di Indonesia. Sebagai contoh, banyak kaos yang dijual komersil dengan mencatut kutipan lagu atau novel milik seseorang tanpa izin dari penciptanya. Hal yang dianggap remeh seperti ini seringkali melukai pekerja kreatif, baik dari segi emosional dan profit.

Ditinjau dari segi kekayaan intelektual, ada ketentuan-ketentuan hukum menyangkut soal hak cipta yang perlu diperhatikan. Novel dan lagu merupakan suatu ciptaan yang dilindungi oleh suatu hak cipta. Pasal 40 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak cipta  (“UU Hak Cipta”) disebutkan apa saja ciptaan yang dilindungi, yaitu meliputi ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, terdiri atas:

  1. buku, pamflet, perwajahan karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lainnya;
  2. ceramah, kuliah, pidato, dan Ciptaan sejenisnya;
  3. alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan;
  4. lagu dan/atau musik dengan atau tanpa teks;
  5. drama, musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomim, dst.

Jika perbuatan mendesain kaos bertuliskan kutipan lirik lagu atau kutipan dalam novel kemudian diikuti dengan perbuatan memperjualbelikan kepada khalayak umum sehingga dapat dilihat oleh banyak orang, maka dalam UU Hak Cipta perbuatan tersebut dikategorikan sebagai Pengumuman berdasarkan Pasal 1 angka 11 UU Hak Cipta:

“Pengumuman adalah pembacaan, penyiaran, pameran, suatu ciptaan dengan menggunakan alat apapun baik elektronik atau non elektronik atau melakukan dengan cara apapun sehingga suatu ciptaan dapat dibaca, didengar, atau dilihat orang lain.”

Jika orang lain ingin melakukan pengumuman ciptaan dengan cara mendesain kaos yang bertuliskan suatu karya cipta/ciptaan orang lain untuk kemudian mendapatkan manfaat ekonomi dengan memperjualbelikannya, maka orang tersebut harus mendapatkan izin dari pencipta atau pemegang hak cipta. Perbuatan pengumuman yang dilakukan tanpa mendapatkan izin merupakan pelanggaran hukum. Keharusan mendapatkan izin ini diatur  dalam Pasal 9 ayat (2) UU Hak Cipta yang berbunyi:

Setiap Orang yang melaksanakan hak ekonomi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib mendapatkan izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta.

Dengan kata lain, pelaku desain kaos yang bertuliskan kutipan lirik lagu atau kutipan kalimat dalam suatu novel wajib mendapatkan izin dari Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk melaksanakan hak ekonomi tersebut.

Anda tentunya tidak mau hak ekonomi anda tidak diakui bukan? Maka dari itu, perhatikan aspek hukum pada setiap karya anda. Klik www.kontrakhukum.com untuk bantuan daftar hak cipta dan merek milik anda secara online. Tidak ada sanggahan tidak punya waktu dan tidak praktis untuk urusan pendaftaran karya anda. Daftar gratis di www.kontrakhukum.com dan konsultasikan kebutuhan hak cipta dan merek anda ke HaKI melalui kami. Aman, cepat dan nyaman.

Top