NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Berapa Lama Orang Menghabiskan Waktu di Situs Belanja Online?

Berapa Lama Orang Menghabiskan Waktu di Situs Belanja Online?

Dalam laporan digital In 2017 Growth Overview menyatakan secara statistik, masyarakat Indonesia menghabiskan waktu sekitar 3 jam 16 menit per hari untuk media sosial.

Jika masyarakat Indonesia menghabiskan waktu begitu banyak untuk berselancar di media sosial, berapakah waktu yang digunakan masyarakat untuk mengunjungi toko online?

Rata-Rata Waktu yang Dihabiskan Konsumen Indonesia Mengunjungi Toko Online

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan penggunaan internet tercepat selama tahun 2017. Dari laporan ini kemudian memunculkan pertanyaan, dari jumlah pertumbuhan itu apakah orang Indonesia menggunakannya dalam bertransaksi online?

iPrice melakukan riset dengan mengumpulkan data “Time on Site” dari SimilarWeb yang menghitung waktu kunjungan dari 30 toko online yang beroperasi di Indonesia. Riset ini menunjukkan toko online Shopee, Mapemall, dan Berrybenka mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di situs mereka selama lebih dari 5 menit. Rata-rata waktu kunjungan Shopee adalah 9 menit 34 detik, Mapemall sebanyak 8 menit 2 detik, dan Berrybenka menyusul di bilangan 6 menit 39 detik. Sedangkan dari daftar 30 toko online tersebut, waktu paling singkat yang dihabiskan pengguna saat mengunjungi toko online adalah 1 menit 45 detik.

Mengapa Pengguna Senang Berlama-lama di Toko Online?

Berdasarkan pengamatan iPrice, konten yang lengkap dan tampilan yang menarik menjadi salah satu faktor penting yang membuat pengguna nyaman berbelanja dan betah berlama-lama di sebuah website. Bisa Anda lihat dari kelima besar website yang memiliki rata-rata waktu kunjungan di atas rata-rata. Seperti Shopee, Mapemall, Berrybenka, Tokopedia, dan Zalora.

Peringkat pertama adalah Shopee. Marketplace C2C yang satu ini memang memiliki pertumbuhan yang pesatsepanjang 2016. Salah satu kelebihan Shopee adalah jumlah dan ragamnya produk dengan harga yang amat bersaing. Banyaknya produk membuat pengguna dengan leluasa mencari-cari barang yang diinginkan hingga akhirnya melakukan transaksi.

Banyaknya produk Shopee juga akibat pertumbuhan seller yang kian hari semakin banyak untuk menawarkan barang dagangan bagi konsumen. Selain itu promosi ongkos kirim gratis juga disinyalir menarik pengguna untuk datang dan melihat-lihat barang yang diinginkannya di website Shopee.

Toko Online Fashion Mendominasi 5 Website dengan Waktu Kunjungan Terlama

Berdasarkan data iPrice, lima besar toko online yang memiliki waktu kunjungan terlama didominasi oleh kategori fashion, yakni Mapemall, Berrybenka, dan Zalora.

Temuan ini menunjukkan fashion adalah kategori konten yang paling menarik untuk membuat pelanggan betah dan nyaman berada saat mengunjungi toko online. Bisa Anda lihat sekilas, halaman homepage Mapemall, Berrybenka, dan Zalora selalu disuguhi konten dan foto model ciamik bak editorial Vogue.

Selain itu, halaman product listing mereka juga tidak main-main. Setiap produk fashion yang dijual benar-benar difoto menggunakan studio profesional, lengkap dari semua sisi. Termasuk juga model-model yang digunakan memberikan impresi kepada pelanggan betapa stylish-nya produk fashion yang dijual.

Apakah Lama Waktu Kunjungan Menandakan Banyaknya Transaksi Online?

Pertanyaan lain yang muncul ketika berbicara rata-rata waktu yang dihabiskan saat mengunjungi situs toko online adalah apakah lamanya waktu kunjungan sebuah website menunjukkan banyaknya transaksi?

Jawabannya belum tentu. Jika dibandingkan dengan negara Singapura yang merupakan konsumen belanja online nomor satu di Asia Tenggara, rata-rata waktu sekali kunjungan mereka di situs online juga sekitar 4 menit 22 detik)*. Hal ini menunjukkan bahwa lama waktu kunjungan pelanggan di toko online belum tentu menandakan terjadinya transaksi online.

Riset Nielsen tahun 2014 menunjukkan 80% perilaku konsumen Indonesia masih menggunakan situs toko online untuk melihat review produk yang diinginkan sebelum membelinya secara offline. Hal ini disebabkan masih banyak konsumen Indonesia yang belum percaya dengan sistem transaksi online dan memberikan informasi kartu kredit mereka. (Indah Mustikasari)

Toko online Rata-rata waktu kunjungan
Shopee 9:34
Mapemall 8:02
Berrybenka 6:39
Tokopedia 5:54
Zalora 5:49
Dinomarket 5:32
Bukalapak 5:30
Bro.do 5:15
Mataharimall 5:09
Jakmall 4:54
Lazada 4:30
VIP plaza 4:29
Hijup 4:27
Sale Stock ID 4:19
Weshop 4:08
Blanja 4:07
Sociolla 4:06
Tees.co.id 3:54
Hijabenka 3:40
JD.ID 3:37
Bhinneka 3:15
Bobobobo 3:10
Qoo10 2:56
AliExpress 2:43
Blibli 2:36
Otten Coffee 2:27
Elevenia 2:15
Livaza 2:12
Alfacart 1:50
Orami 1:45

 

)* data “time on site” SimilarWeb terhadap 20 toko online yang beroperasi di Singapura. Daftar toko online ini diambil dari Map of E-commerce iPrice Singapore.

Top