NAVIGATION

Cara Membuat Pengunjung Website dari Sekedar ‘Klik’ Hingga Jadi ‘Pelanggan’

Cara Membuat Pengunjung Website dari Sekedar ‘Klik’ Hingga Jadi ‘Pelanggan’

Tantangan utamanya adalah menarik pengunjung ke situs web Anda, kemudian meyakinkan mereka untuk berbisnis dengan Anda, dan mengubah mereka dari hanya sekedar 'klik' menjadi 'pelanggan'.

Marketplus.co.id – Di era digital saat ini, jarak dan waktu tak lagi menjadi kendala bagi seseorang untuk memasarkan dan mendistribusikan produknya. Internet telah menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan bisnis, terlepas dari besar bisnisnya maupun jangkauan pasar yang mereka miliki.

Secara global, konsumen mengandalkan internet tidak hanya untuk mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi dan bisnis mereka, namun juga melakukan transaksi online, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dari rumah atau kantor mereka.

Menurut penelitian Asosiasi Penyedia Internet Indonesia (APJII) yang dikeluarkan pada November 2016, 98,6% pengguna internet di Indonesia sadar bahwa mereka dapat menggunakan internet sebagai tempat untuk menjual barang dan jasa, dan 63,5% mengaku sudah pernah melakukan transaksi online. Verisign membagikan tips dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat pengunjung website Anda membeli secara online.

Mendapatkan perhatian yang tepat secara online

Pencarian kata kunci sederhana untuk “kerajinan tangan” dapat menghasilkan lebih dari 10.000 kategori yang sesuai pada mesin pencari populer. Akibatnya, konsumen saat ini memiliki pilihan tak terbatas di pasar online yang sangat padat. Tantangan utamanya adalah menarik pengunjung ke situs web Anda dan kemudian meyakinkan mereka untuk berbisnis dengan Anda – mengubah mereka dari hanya sekedar ‘klik’ menjadi ‘pelanggan’.

Nama domain .com bisa mendukung sukses secara online

Langkah pertama yang penting untuk melakukan bisnis di Internet adalah dengan memilih dan mendaftarkan nama domain (alamat web). Nama domain dapat digunakan untuk mewakili merek dan identitas perusahaan Anda di Internet. Untuk membantu meningkatkan visibilitas perusahaan Anda di web dan untuk membangun merek Anda secara online, pilih nama domain yang berarti dan daftarkan sesegera mungkin.

Sama halnya dengan lokasi di dunia offline yang dapat menjadi faktor penting bagi pertumbuhan bisnis Anda, nama domain .com, misalnya, dapat menjadi landasan kesuksesan online Anda. Banyak wirausahawan muda memilih jenis domain ini saat mereka mulai memasukkan ide bisnis baru mereka di web. Selanjutnya, ini membantu memberikan visibilitas dan kredibilitas instan untuk merek Anda secara online, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Dari pencarian online menjadi belanja online

Dengan layanan seperti pemesanan perjalanan, pemesanan tiket film, dan perbankan yang semakin banyak tersedia secara online, Internet telah membuka peluang lebih besar untuk bisnis, baik kecil maupun besar, dalam mengubah target audiens online mereka menjadi pelanggannya. Survei APJII 2016 menunjukkan bahwa di Indonesia orang sudah lazim melakukan transaksi secara online. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa 25,7% pengguna internet di Indonesia melakukan transaksi pembelian online untuk berbagai kebutuhannya seperti membeli tiket, 22,2% untuk membeli peralatan rumah tangga, 3,6% untuk membeli pakaian, dan 3,4% untuk memesan hotel.

Salah satu alasan utama lonjakan dalam pembelian online adalah kenyamanan yang ditawarkan Internet. Menjadi online menawarkan kesempatan yang signifikan untuk bisnis kecil di ruang eCommerce, karena sekarang mereka dapat memasarkan bisnis online mereka tanpa mengeluarkan biaya berlebihan saat mereka mendapatkan pelanggan baru. Internet telah menjadi senjata yang hebat bagi banyak perusahaan dan pemasar. Tanpa menghabiskan banyak uang, perusahaan kecil bisa bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.

Memahami pembeli online

Sebuah survei tentang sikap pembeli online menunjukkan bahwa sebuah situs web harus bisa menggiring mood pengunjung situsnya agar tertarik untuk membeli. Situs web harus bisa memberikan pengalaman yang melibatkan pengunjung saat berkunjung ke situsnya karena mereka akan lebih bersedia untuk membeli saat keterlibatannya tinggi. Ada fitur tertentu dari situs web Anda yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Berikan informasi yang banyak, namun relevan di awal

Ketika calon pelanggan sampai di website Anda, menampilkan fitur paling unik dan menarik dari produk atau layanan Anda akan membantu meningkatkan keterlibatannya atas produk atau layanan yang ditawarkan.

Berikut adalah sejumlah tips secara umum yang bisa dilakukan:

  • Jangan mengacaukan halaman Anda dengan rincian yang tidak perlu.
  • Sampaikan pesan utama Anda secara jelas dengan menggunakan kata-kata seringkas mungkin.
  • Gunakan rangkuman deskripsi, sub-judul, daftar urutan dan paragraf pendek agar mudah dan cepat dipahami pengunjung.
  • Gunakan format satu kolom standar untuk dibaca dengan mudah.

Mudah Digunakan

Penting untuk memastikan bahwa situs web Anda mudah digunakan. Menu dan navigasi di situs Anda harus se-intuitif mungkin, menawarkan kepada pelanggan semua informasi yang mereka butuhkan dengan cara yang sederhana, dengan hanya beberapa klik. Hal ini dapat dicapai sejak awal dengan menu header atau burger menu dengan sejumlah tautan kunci di beranda Anda. Misalnya, jika Anda memiliki situs pemesanan tiket pesawat, konten di beranda Anda mungkin akan menampilkan beberapa penawaran utama yang Anda miliki, seperti informasi tentang semua penerbangan yang tersedia serta halaman pemesanan. Semua penawaran dapat langsung terhubung ke halaman pemesanan Anda, sehingga setiap kali pelanggan mengkliknya, mereka akan diarahkan ke halaman di mana mereka bisa mendapatkan semua rincian tentang penawaran dan memesan tiket mereka hanya dengan beberapa langkah mudah.

“Lebih sedikit lebih baik” (“Less is more“) adalah aturan utama saat menjual secara online. Ini berarti semakin sedikit kliknya, semakin baik.

Membangun kepercayaan dan meningkatkan keamanan

Membangun kepercayaan pelanggan kepada bisnis online Anda bisa menjadi tantangan tersendiri.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis motel, maka situs web Anda dapat menampilkan kamar yang Anda tawarkan melalui galeri foto. Situs web mungkin juga memiliki bagian “tentang kami” yang komprehensif yang mencakup semua aspek bisnis Anda, berisi informasi tentang layanan yang Anda tawarkan dan juga mencakup ulasan media dan klien, sehingga orang-orang yang mengunjungi situs web Anda dapat mengetahui sebanyak mungkin tentang motel Anda dan dapat menilai kredibilitas Anda. Jika situs web Anda menawarkan pilihan untuk membeli secara online, penting juga bagi pelanggan Anda untuk memastikan bahwa keamanan melakukan transaksi di situs Anda terjaga dengan baik. Kepercayaan ini dapat dibangun dengan menerapkan sistem pembayaran yang aman di situs Anda. Memasukkan fitur umpan balik serta ulasan dari pelanggan juga akan sangat bermanfaat bagi Anda. Trasparansi seperti ini tentunya akan meningkatkan loyalitas pelanggan serta keterlibatan mereka terhadap produk atau layanan Anda.

Dengan sedikit perencanaan strategis, Anda bisa dengan mudah mengembangkan bisnis Anda. Selama ini Anda bekerja keras untuk mendorong orang mengklik dan mengunjungi situs Anda. Lalu, apa yang lebih penting dari mengubah orang yang mengklik dan mengunjungi situs Anda menjadi pelanggan? (*)

Top