NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Plan Ahead, Ahead of Plan

Plan Ahead, Ahead of Plan

Banyak aktivitas di masa pensiun yang dapat kita rencanakan

Marketplus.co.id – Pengeluaran yang berlebihan, tidak lagi berinvestasi dan tidak memiliki rencana pensiun adalah beberapa masalah yang dihadapi pada saat seseorang mulai memasuki masa pensiunnya. Untungnya, karena setiap orang hampir bisa dipastikan akan menjalani pensiun, maka dilema diatas dapat dimitigasi dengan memelihara kedisiplinan dan memperjelas pandangan ke depan dari jauh-jauh hari. Mengingat aktivitas dan produktivitas cenderung menurun saat memasuki pensiun, maka tidak ada salahnya merencanakan aktivitas yang dapat mengisi waktu dan tentunya produktif.

Berikut beberapa aktivitas atau kebutuhan tak terduga di masa pensiun yang dapat Anda rencanakan mulai dari sekarang.

  1. Travelling

Setelah memasuki masa pensiun, tentunya ini adalah waktu bagi Anda untuk mengejar kehangatan quality time bersama keluarga tercinta, ataupun menekuni hobi Anda. Untuk mengejar ketertinggalan waktu yang berharga, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengukir kenangan dengan mengunjungi kota, negara ataupun benua lain, yang mungkin belum dapat tercapai karena Anda tidak memiliki cukup waktu di saat usia produktif.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Berlibur terutama ke suatu tempat yang jauh misalnya ke Eropa atau Amerika tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika Anda memiliki mimpi untuk mengunjungi menara Eiffel di Paris atau Grand Canyon di AS, masa pensiun adalah waktu yang sangat tepat untuk mewujudkan mimpi Anda. Mulailah merencanakan liburan Anda dari saat ini, jadikan liburan Anda sebagai tujuan jangka panjang, sehingga Anda akan memiliki cukup waktu untuk mengumpulkan dana. Jangan lupa untuk memperhitungkan efek inflasi yang akan membuat biaya perjalanan lebih mahal di kemudian hari. Manfaatkan pengetahuan Anda tentang investasi untuk menyiapkan dana liburan Anda agar destinasi impian Anda dapat dicapai. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan?

  1. Memiliki bisnis di masa pensiun

Anda mungkin pernah berpikir, akan sangat membosankan jika Anda tidak memiliki rutinitas di masa pensiun, apalagi jika Anda adalah pribadi yang aktif di masa produktif Anda saat ini. Menjalankan bisnis kecil adalah salah satu solusi untuk mengusir kebosanan dan rasa bersalah karena tidak melakukan apa-apa. Masa pensiun tentu tidak akan menjadi alasan untuk menjadi tidak produktif dan tidak bekerja sama sekali.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Seperti halnya berlibur, membangun bisnis memerlukan perencanaan yang sangat matang, meskipun bisnis Anda adalah restoran kecil sekalipun. Selain dana, Anda juga memerlukan strategi untuk menjalankan bisnis Anda di masa pensiun. Membangun bisnis yang berkelanjutan juga memerlukan waktu yang tidak pendek. Anda perlu merencanakan model bisnis sesuai minat dan keahlian Anda dari saat ini sehingga pada saat Anda pensiun nanti, bisnis Anda sudah dapat berjalan secara auto-pilot, dan Anda hanya perlu melakukan supervisi. Produktif di masa pensiun tidak berarti Anda masih harus bekerja keras. Produktif adalah di saat Anda dapat menghasilkan sesuatu untuk dibagikan kepada sesama, termasuk dengan para karyawan Anda.

  1. Siapkan dana untuk biaya berobat yang semakin tinggi

Usia senja adalah masa paling rentan dari siklus hidup seorang manusia. Daya tahan tubuh yang semakin lemah dan penyakit karena umur semakin sering muncul. Meskipun demikian, pada umumnya kita jarang memperhitungkan biaya pengobatan jangka panjang dan kebanyakan asuransi juga sudah tidak menanggung biaya setelah batas umur tertentu. Di sisi lain, biaya berobat pun semakin lama semakin tinggi seiring perkembangan teknologi. Oleh karena itu, jika Anda tidak mempersiapkan dana untukĀ  worst-case scenario, Anda mungkin akan berusaha untuk menutup kebutuhan tersebut di masa pensiun Anda. Hal ini dapat membebani keluarga Anda tidak hanya secara emosi dan psikologis, namun juga secara finansial.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Rencanakan perlindungan hari tua sedini mungkin. Beberapa orang mungkin dapat membiayai biaya pengobatan dari tabungan sendiri atau bantuan keluarga. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mentransfer risiko finansial yang mungkin terjadi akibat pengobatan Anda di hari tua. Semakin lama kita menunda, tentunya biaya perlindungan ini akan semakin meningkat dan Anda mungkin perlu membayar ekstra premi, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

 

Top