NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Data Criteo: Penjualan Melejit saat Single Day di Indonesia

Data Criteo: Penjualan Melejit saat Single Day di Indonesia

Pemecahan rekor saat penjualan single day di Indonesia dengan setengah pembelian dari aplikasi mobile

Marketplus.co.id-Single Day, yang jatuh setiap tahunnya pada tanggal 11 November menjadi hari yang sangat ditunggu-tuggu oleh masyarakat Indonesia. Jelas, karena pada tanggal tersebut cukup banyak diskon yang digelar  oleh para pelaku e-commerse, sehingga melejitnya penjualan mereka.

Criteo (NASDAQ: CRTO) sebuah perusahaan teknologi pemasaran, mengungkapkan bahwa ada peningkatan penjualan lebih dari dua kali lipat pada Singles Day, dengan pembeli melalui pencarian online sampai empat hari sebelumnya. Hal ini mengakibatkan memuncaknya penjualan utama di musim ini, yang berdampak pada sebagian besar kategori ritel, dan merupakan peluang besar bagi para pembeli dan pengecer.

Berdasarkan analisis lebih dari 5,1 juta transaksi online yang dilakukan di Asia Tenggara tahun lalu (1 Oktober – 31 Desember 2016), Singles Day melihat adanya peningkatan rata-rata pengunjung di situs pengecer utama Indonesia, dan menandai dimulainya musim belanja akhir tahun.

“Kami melihat pertumbuhan dari tahun ke tahun yang cepat untuk Singles Day. Agar terlibat secara efektif dengan pembeli selama musim penjualan ini, pengecer perlu menempatkan pembeli sebagai pusat dari segala sesuatu dengan memasukan data ke dalam tindakan di setiap proses pembelian,” ujar Alban Villani, General Manager, Asia Tenggara, Hongkong dan Taiwan, Criteo.

Temuan lainnya dari analisis Criteo meliputi:

  • Penjualan eceran memuncak pada tanggal 11 November, dengan peningkatan sebesar 121 persen
  • Antara tanggal 10 dan 11 November, terjadi peningkatan rata-rata online traffic sebesar 19 persen pada situs web utama perusahaan ritel, dan mencapai puncak pada tanggal 11 November, mengalami peningkatan sebesar 30
  • Pembeli mulai melakukan pembelian awal pada tanggal 7 November, dengan kenaikan sebesar 13 persen dalam penjualan. Momentum tersebut berlanjut dengan rata-rata kenaikan penjualan sebesar 29% hingga 31 Desember.

Pada Singles Day, pembeli dapat berbelanja dan melakukan pembelanjaan online sepanjang hari, dengan penjualan memuncak mulai dari pukul 09.00 sampai tengah malam. Sebagian besar kategori ritel akan mengalami peningkatan penjualan – dengan fashion dan barang elektronik termasuk daftar teratas, dengan peningkatan sebesar 183 persen dan 151 persen. Fashion merupakan kategori terlaris teratas, sementara produk kesehatan dan kecantikan tetap menjadi kategori penjualan tertinggi. Pembeli juga membeli produk dengan nilai lebih tinggi selama periode ini. Nilai pesanan rata-rata antara 10-12 November meningkat rata- rata 14 persen.

 Diluar mobile web, lebih banyak pembeli yang semakin melakukan transaksi pembelian melalui aplikasi. Melalui akun aplikasi untuk 49 persen untuk semua transaksi dan 73 persen dari transaksi mobile, untuk para pengecer yang menghasilkan penjualan di setiap lingkungan. Lebih dari sebelumnya, aplikasi akan menjadi tempat yang tepat untuk pembeli dan merupakan titik terpenting bagi para pembeli untuk melakukan pembelian.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai analisis Criteo terhadap kebiasaan berbelanja selama Single Day, Anda dapat mengundah infographic melalu link: http://www2.criteo.com/l/126241/2017-08-31/48mk7b

Top