NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Dampak Digital Terhadap Dunia PR

Dampak Digital Terhadap Dunia PR

Perkembangan teknologi yang kian pesat ternyata mempengaruhi proses kerja kehumasan

Marketplus.co.id – Dengan berkembangnya dunia digital kita semakin merasakan banyaknya dampak positif yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Kini segala sesuatunya semakin dimudahkan walaupun kadang masih cukup membingungkan bagi sebagian orang. Dimulai dari beragam jenis servis kebutuhan sehari-hari yang ditawarkan melalui kekuatan digital, seperti berbelanja, pemesanan makanan, pemesanan alat transportasi, pengantaran dokumen hingga kebutuhan berbisnis yang berbasis digital. Begitu juga dampak yang terjadi pada dunia PR (Public Relation) yang kini semuanya harus terintegrasi.

Lebih kurang satu dekade lalu tidak ada perbedaan antara firma PR “digital” atau “traditional”, yang ada hanyalah firma PR. Tetapi seiring berjalannya waktu kini semakin marak firma kehumasan (PR) yang menggunakan kesempatan dalam dunia digital ini dan menawarkannya sebagai kekuatan mereka sepenuhnya bagi klien. Sedangkan firma yang tetap mempertahankan servisnya dengan cara “lama” menjadi semakin tertinggal dan tetap menjadi firma kehumasan “traditional”.

Semenjak revolusi digital terjadi, dunia kehumasan pun “dipaksa” untuk dapat beradaptasi dengan kehadirannya search engines, blogs, forum, serta kekuatan social media. Dan komunikasi onlinepun menawarkan cara baru yang memberikan “penyegaran” dalam mendapatkan eksposur pada target audience sehingga meninggalkan jauh dunia media tradisional (offline, TV, radio) walaupun sebenarnya dunia media tradisional tersebut masih memberikan dampak di Indonesia, tetapi pada umumnya semua orang sudah beralih ke dunia digital.

Yang tetap konsisten dari perubahan ini adalah kebutuhan akan konten yang unik, dengan pengemasan menarik yang memegang peranan terpenting dalam sebuah kampanye PR, baik itu online maupun offline.

Pada era kejayaan tradisional PR, fokus yang diutamakan adalah kehadiran informasi offline dengan mengutamakan kekuatan pada penyebaran berita pers. Sebuah media conference dan event juga memegang  peranan penting dalam mengkomunikasikan pesan baru. Pada saat itu firma PR traditional memberikan informasi  kepada masyarakat luas melalui rekan media tanpa banyak mendapatkan upan balik (feedback) dan komunikasi pada saat itu lebih satu arah.

Kini sebuah media release tidak lagi menjadi satu-satunya medium yang digunakan untuk penyebaran berita baru, postingan blog, dan media sosial pun menjadi medium penting dengan konten yang sedikit “berbeda” dengan media release pada umumnya. Hal ini tentunya karena postingan blog maupun media sosial lebih “mudah” memberikan peningkatan brand recognition karena dilakukan secara “instant” kepada para penerimanya. Hal inipun yang menjadi maraknya pemberitaan pada portal berita digital. Kita tidak perlu lagi menunggu kapan media tersebut akan terbit yang pada umumnya sehari sehari setelah acara dilaksanakan bahkan hingga beberapa minggu setelahnya. Kini para pembaca yang kita harapkan untuk mendapatkan berita tersebut dapat dengan mudah menelusurinya melalui search engine dengan menggunakan kata-kata kunci.

Contoh yang menarik adalah pada sebuah kampanye smartphone yang saya tangani baru-baru ini yang mengintegrasikan komunikasi mereka secara menyeluruh. Dimulai dari menggunakan kekuatan aktivitas digital dengan para influencer yang membahas tentang produk tersebut diblog maupun unggahan video mereka, media confrence, event musik, tayangan televisi dengan menyatukan seluruh stasiun nasional untuk menyiarkan acaranya secara langsung, sejumlah portal berita digital nasional, hingga ke roadshow serta review produk. Tentunya hal ini harus dilakukan dan dikemas secara kreatif dengan perencanaan matang untuk meraih kesuksesan komunikasi tersebut.

Lalu apa kaitannya dengan perubahan era Digital ini terhadap sisi Personal Branding? Hampir mirip dengan dunia PR karena kini kitapun dapat memberikan berita tentang kita secara instant. Dengan maraknya live video di media sosial menjadikan penyebaran berita tersebut dapat dilakukan pada saat hal tersebut terjadi. Tetapi seperti pada ulasan tentang cara membangun personal branding Anda, pada dunia PR pun semua hal yang dilakukan di dunia digital ini harus dipertimbangkan secara matang dan tidak dapat dilakukan tanpa pemikiran sebelumnya, terlebih akan potensi maupun dampak yang akan diberikan.

Kalau kita mendengar bahwa “content is king”, maka baik itu sebagai praktisi PR maupun Anda yang ingin membangun Personal Branding dalam dunia digital ditantang untuk dapat memberikan konten yang lebih menarik lagi karena yang menggunakan medium inipun semakin banyak setiap harinya. Yang terpenting adalah berita tersebut harus faktual serta bermanfaat bagi penerimanya baik itu dari segi penulisan, gambar, hingga ilustrasi yang digunakanpun harus menarik. Karena para penerima berita tersebut hanya memiliki waktu dalam hitungan detik saja sebelum mereka beralih kepada berita lainnya yang mereka anggap lebih menarik.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi dan memicu Anda untuk dapat memberikan konten yang lebih menarik lagi!

Top