NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

65 Anak Muda dipertemukan dalam Indonesian Youth Marine Debris Summit

65 Anak Muda dipertemukan dalam Indonesian Youth Marine Debris Summit

Image: causindy.org

Isu sampah laut menjadi penting karena berdampak pada berbagai industri di tanah air sehingga membutuhkan penanganan komprehensif segera untuk menanggapi isu ini.

Marketplus.co.id – Marine debris atau sampah laut merupakan masalah serius yang saat ini dihadapi secara bersama-sama oleh masyarakat dunia. Penelitian oleh Jenna Jambeck – seorang peneliti dari Amerika – mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara yang termasuk dalam kategori penyumbang sampah laut nomor 2 di dunia setelah Cina, dimana Indonesia menyumbangkan 1.3 ton sampah ke lautan dunia setiap tahunnya.

Sampah yang tersebar di laut pada akhirnya akan membahayakan kesehatan manusia, sebab ikan akan menjadikan sampah tersebut sebagai makanan mereka dan secara tidak langsung manusia yang memakan ikan tersebut juga memakan sampah laut tersebut.

Melalui Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) yang diselenggarakan 24-29 Oktober di Putri Duyung Cottage, Ancol, mempertemukan pemimpin generasi muda dari berbagai penjuru negeri akan mendiskusikan dan menciptakan aksi terkait marine debris atau sampah laut yang menjadi masalah penting yang dihadapi oleh Indonesia saat ini.

Pada kegiatan IYMDS ini para generasi muda akan bertemu untuk mencoba mencari solusi permasalahan sampah laut melalui serangkaian acara yang meliputi workshop, field trip, dan action plan.

Peserta akan dibekali pendanaan di setiap kelompok untuk melakukan aksi selama satu tahun penuh . Kelompok yang melakukan aksi terbaik akan memiliki kesempatan mengikuti Our Oceans Conference, sebuah konferensi bergengsi tingkat internasional milik U.S. Department of State yang mempunyai fokus pada marine protected areas, sustainable fisheries, marine pollution, dan climate-related impacts on the ocean di Bali, 2018.

Menteri Eksplorasi Kelautan (1999-2001) Ir. Sarwono Kusumaatmadja mengatakan“Saya mendukung Divers Clean Action yang menyelenggarakan Indonesian Youth Marine Debris Summit karena acara ini saya rasa sangat penting bagi kita yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia namun sampai saat ini belum memberikan perhatian cukup terhadap masalah pencemaran lingkungan di laut termasuk soal sampah. Masalah ini akan menjadi sangat sangat penting untuk ditangani karena pada saat yang sama seperti diketahui Indonesia sedang giat membangun infrastruktur laut melalui program poros maritim dan tol laut sehingga tekanan terhadap ekosistem laut juga makin besar dan masalahnya akan makin kompleks. Saya salut bahwa generasi muda Indonesia merupakan pelopor dalam memberikan perhatian terhadap masalah ini.”

IYMDS akan menjadi parameter terobosan baru sebagai bukti kepada dunia bahwa pemuda Indonesia tidak diam dalam menghadapi masalah sampah laut sebagai tantangan lingkungan. Program ini adalah beasiswa penuh dan tidak dipungut biaya; seluruh akomodasi dan transportasi peserta dari dan menuju Jakarta juga Kepulauan Seribu akan ditanggung.

Top