NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Reksadana untuk Mengelola Keuangan Keluarga

Reksadana untuk Mengelola Keuangan Keluarga

Dengan fleksibilitas yang ditawarkan, reksadana sesuai dengan profil investasi para investor milenial yang dinamis.

Marketplus.co.id – Banyak orangtua masa kini yang kesulitan untuk mengolah keuangan keluarga, terlebih dengan naiknya harga kebutuhan pokok setiap tahunnya. Orangtua yang memiliki anak juga tentu perlu menyekolahkan anaknya dan biaya pendidikan anak juga naik hingga belasan persen setiap tahunnya. Hal ini tidak bisa dihindari di Indonesia. Karena seiring berkembangnya ekonomi, kenaikan tingkat inflasi juga menjadi salah satu masalah yang menggerogoti keuangan Anda.

Para orangtua tentu merasa investasi dalam tabungan dan deposito saja tidak cukup untuk menutup kenaikan harga kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, saat ini banyak pihak yang menawarkan produk investasi yang lebih menarik dibandingkan deposito, salah satunya reksadana. Reksadana juga menawarkan beberapa keuntungan lain, yaitu:

  1. Imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito

Ada beberapa jenis reksadana yang ada di pasar tergantung pada alokasi dananya, antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham.

Sebagian besar produk reksadana memberikan tingkat imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan deposito atau tabungan , seperti reksadana saham, campuran dan pendapatan tetap, namun perlu diketahui bahwa dengan tingginya tingkat imbal hasil, tentu risiko suatu instrumen investasi juga semakin besar. High risk high return.

  1. Modal awal yang relatif kecil

Tidak seperti deposito, berinvestasi di reksadana tidak memerlukan modal awal yang besar. Cukup dengan modal Rp100.000 hingga Rp500.000 saja, Anda dapat memulai investasi di reksadana. Ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin berinvestasi namun terbatas modal yang sedikit.

  1. Dapat dicairkan kapan saja

Selain modal yang diperlukan kecil, investor juga dapat melakukan transaksi pembelian, switching ataupun penjualan kapan saja dan di mana saja. Saat ini sudah banyak tersedia platform transaksi reksadana online yang ditawarkan oleh perbankan maupun manajer investasi. Proses pencairan pun berlangsung cepat, hanya diperlukan waktu minimal 3 hari untuk pencairan dana ke rekening Anda.

Selain praktis, investor juga tidak dikenakan biaya penjualan (redemption fee) dengan syarat sudah berinvestasi dalam jangka waktu tertentu. Bandingkan dengan deposito yang mengharuskan Anda untuk mengunjungi bank Anda jika ingin mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo, belum lagi biaya pinalti yang harus dibayarkan untuk pencairan deposito tersebut.

  1. Dikelola manajer investasi profesional

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk memantau portofolio investasi Anda secara individual, reksadana adalah salah satu instrumen yang cocok untuk Anda. Dana investasi Anda dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Dengan ketatnya persaingan antar manajer investasi, Anda juga akan diuntungkan karena para manajer investasi berlomba menawarkan investasi yang paling menarik untuk investor.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan reksadana, instrumen investasi ini adalah salah satu yang layak dipertimbangkan sebagai alat untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan jangka panjang keluarga Anda.

 

Editor: Andiana Moedasir

Top