NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Membangun Personal Branding Melalui Media Sosial

Selalu berhati-hati dalam berkomunikasi karena apa yang kita bagikan sekarang ini akan dapat memiliki dampak hukum.

Marketplus.co.id – Setiap hari kita selalu berhadapan dengan beragam kegiatan yang kita lakukan dengan
menggunakan smartphone. Baik itu memperbarui status, berkomunikasi, hingga melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa membedakan industri yang kita geluti. Ada hal yang kurang disadari adalah bahwa semua kegiatan yang kita lakukan pada dunia digital tersebut mengacu kepada satu hal; pembentukan personal branding. Dari mulai cara kita berkomunikasi, penggunaan tata bahasa dan kosakata, penggunaan emoticon, hingga kepada berita yang kita bagikan maupun visual yang diunggah.

Masih banyak orang yang menganggap bahwa media sosial itu “fun“, dan menurut saya pendapat itu tidak dapat disalahkan. Karena tujuan dari sebuah media sosial sebenarnya adalah untuk menghubungkan kita dengan orang-orang di sekitar yang cukup beragam. Mulai dari keluarga, sanak saudara, teman masa kecil, rekan kerja, kolega bisnis hingga kepada para followers/pengikut yang sering kali kita tidak kenal tetapi mereka tertarik kepada setiap unggahan kita.

Cara Membentuk Personal Branding

Lalu bagaimana cara kita menyikapinya? Apa yang dapat kita lakukan dengan akun tersebut untuk pembentukan personal branding? Berikut adalah beberapa hal yang dapat diingat dan diterapkan sebelum kita menggunakan akun media sosial lebih jauh lagi terutama untuk Anda yang baru saja mengenal betapa beragamnya jenis akun media sosial yang tersedia saat ini.

Hal yang paling mendasar adalah Anda harus mengenali diri Anda sendiri. Siapa Anda, apa yang akan Anda lakukan melalui akun media sosial tersebut serta apa yang akan Anda bagikan pada akun Anda? Bila hanya akan menggunakan akun tersebut untuk hal yang paling mendasar yaitu berkomunikasi saja maka hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Sehingga lawan bicara Anda dapat dengan mudah menangkap apa maksud dan isi dari percakapan Anda tersebut.

Sedangkan bila Anda ingin menggunakan akun media sosial tersebut untuk menjadi seorang “ahli” dalam bidang tertentu, maka Anda harus mengetahui lebih banyak lagi “tata cara” bersosial media yang baik seperti kapan waktu yang tepat untuk mengunggah hingga pengunaan bahasa maupun visual yang tepat.

Mungkin Anda tahu, kini marak penggunaan istilah influencer atau seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada lingkungan sosial mereka melalui unggahan mereka pada akun media sosialnya. Kebanyakan dari para influencer tersebut telah membentuk diri mereka melalui akun mereka untuk menampilkan keahlian yang mereka miliki seperti pengamat musik, pengamat film, foodie, traveler, pengamat politik, dan masih banyak lagi bidang yang mereka geluti.

Bila Anda perhatikan, mereka akan selalu berfokus kepada hal yang mereka geluti tersebut hingga mereka dapat dikategorikan sebagai influencer. Tentunya jumlah followers mereka pun banyak sedikitnya menentukan “status” mereka sebagai seorang influencer. Satu hal yang dapat kita terapkan adalah konsistensi mereka dalam membagikan informasi yang berkaitan dengan keahlian mereka membuat para influencer dan pengikutnya menjadi sebuah “komunitas” kecil di antara mereka.

Poin Penting Membentuk Personal Branding di Media Sosial

1. Pembentukan Personal Branding memerlukan konsistensi dalam kurun waktu tertentu. Panjang pendeknya tentu tergantung dari bagaimana cara kita berkomunikasi maupun membagikan informasi tersebut.
2. Fokuskan kepada hal yang memang Anda kuasai agar dapat dengan senang hati melakukan hal tersebut.
3. Bagikan hal yang memiliki nilai positif dan lebih baik lagi bila hal tersebut akan memiliki nilai lebih bagi orang lain yang membacanya.
4. Berikan informasi secara jelas dan bila memungkinkan sampikan juga sumbernya agar orang yang membacanya mengetahui bahwa informasi tersebut memang benar.
5. Sebelum membagikan informasi apapun, pikirkan kembali isi dari informasi yang akan Anda bagikan tersebut. Jangan sampai informasi yang akan dibagikan tersebut ternyata tidak memiliki kejelasan.

Selalu berhati-hati dalam berkomunikasi karena apa yang Anda bagikan sekarang ini akan dapat memiliki dampak hukum. Semoga hal ini dapat membantu Anda untuk berkomunikasi lebih baik lagi sekaligus membentuk personal branding Anda.

 

Editor: Andiana Moedasir

Top