NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Memberikan Kejelasan dan Kendali Lebih kepada Brand

Memberikan Kejelasan dan Kendali Lebih kepada Brand

Kami sedang dalam proses untuk tergabung dalam program Trustworthy Accountability Group (TAG) “Certified Against Fraud”, sejalan dengan komitmen jangka panjang kami untuk memerangi penipuan di Facebook.

Marketplus.co.id – Musim panas tahun ini, saya menghadiri Cannes Lions International Festival of Creativity, salah satu perhelatan terbesar bagi brand tahun ini. Disana beberapa pemasar memberi tahu saya berbagai kesulitan yang mereka hadapi. Berbagai hal yang menjadi perhatian besar mereka adalah viewability, metrik iklan online, dan keamanan brand.

Kami pun memahami apa yang mereka hadapi dengan sangat jelas.

Tanggung Jawab Menjaga Kepercayaan Mitra

Di Facebook, kami menyikapi tanggung jawab kami dengan sangat serius dan menjaga kepercayaan dari para mitra pengiklan kami – dan memberikan mereka kepercayaan diri yang mereka butuhkan untuk berinvestasi kepada kami. Hal ini menjadi sangat penting bagi kesuksesan mereka dan juga kesuksesan kami.

Oleh karena itulah mengapa hari ini kami memperkenalkan standar kelayakan monetisasi baru dengan arahan lebih jelas seputar tipe penerbit dan kreator yang bisa menerima pendapatan di Facebook, dan jenis konten yang bisa dimonetisasi. Standar ini akan berlaku pada penempatan iklan dimana konteks menjadi penting, termasuk iklan In-Stream dan Instant Articles.

Karena brand juga ingin mengetahui kemana iklan mereka diposting, kami juga mengumumkan bahwa dalam beberapa bulan ke depan kami akan menyediakan laporan pasca-kampanye yang mengidentifikasi dengan jelas kepada para pengiklan bahwa iklan mereka diposting di Instant Articles, iklan In-Stream dan Audience Network.

Secara bersamaan, standar dan perangkat ini akan memberikan pengiklan kejelasan dan kendali yang mereka butuhkan untuk menjalankan kampanye mereka.

Saya juga ingin mengklarifikasi langkah tambahan yang kami ambil terkait dengan verifikasi pihak ketiga dan keamanan brand.

Tambahan Verifikasi Pihak Ketiga

Dalam hal verifikasi kinerja iklan, Facebook dituding telah “memberikan penilaian sendiri atas hasil kerja.” Walaupun tampilan dan iklan video yang kami berikan di Facebook dan Instagram sudah bisa diukur dan diverifikasi oleh pihak ketiga, kami memahami kebutuhan industri untuk transparansi yang lebih baik serta lebih banyak validasi dari pihak ketiga yang independen.

Oleh karena itu, kami berupaya memperoleh akreditasi dari Media Ratings Council, suatu lembaga non-profit dari AS yang meninjau dan mengakreditasi layanan pengukuran audiens pada tiga area: pelaporan impresi iklan pihak pertama, integrasi viewability mitra pihak ketiga, dan setelah peluncuran, opsi pembelian video dua-detik kami yang baru. Tinjauan akreditasi pertama kini tengah berlangsung dan kami berencana untuk melanjutkan proses akreditasi lainnya.

Dalam 18 bulan mendatang, kami bekerja untuk memperoleh akreditasi MRC bagi tampilan dan video di Instagram, Facebook dan Audience Network untuk perhitungan impresi, pengukuran viewability dan pembelian video dua-detik. Kami berkomitmen untuk bekerjasama dengan pemimpin industri di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas pengukuran periklanan. Sebagai contoh, di Jerman kami bekerjasama dengan AGF untuk menemukan solusi dalam melaporkan jangkauan seluruh media.

Komitmen kami dalam pengukuran pihak ketiga dan verifikasi sangat jelas. Kami pertama kali bekerjasama dengan mitra pengukuran pihak ketiga pada tahun 2008. Hingga hari ini, kami memiliki 24 mitra dalam sistem pengukuran kami seperti Oracle Data Cloud, Nielsen, Kantar Millward Brown, serta tiga mitra pengukuran viewability: Moat, Integral Ad Science, dan comScore. Dan kami sedang dalam proses untuk menambahkan dua mitra baru, DoubleVerify dan Meetrics.

Tinjauan dan kemitraan ini akan membantu verifikasi viewability. Hal ini juga akan membantu kami memberikan metrik yang paling akurat kepada mitra kami. Kami tahu betapa pentingnya untuk memberikan insight atau masukan yang tepat bagi klien kami sehingga mereka bisa berfokus pada pertumbuhan bisnis. Kami tidaklah sempurna. Tapi kami berupaya keras agar bisa mencapai tingkat akurasi yang dibutuhkan, upaya verifikasi pihak-ketiga ini akan membantu mengidentifikasi isu-isu yang mungkin muncul.

Keamanan brand – Kendali Pengiklan Baru

Menjaga keamanan komunitas kami adalah bagian penting dari misi kami, dan tentunya tidak ada tempat di Facebook bagi ujaran kebencian ataupun konten yang mempromosikan kekerasan dan terorisme. Segera setelah kami memutuskan suatu konten telah melanggar Standar Komunitas, kami menghapus konten tersebut. Dengan komunitas sebesar Facebook, bagaimanapun juga, nol toleransi bukan berarti tidak terjadi apapun.

Setiap minggu, komunitas kami melaporkan jutaan konten kepada kami yang mungkin melanggar Standar Komunitas kami. Untuk mempercepat proses tinjauan terhadap pelaporan tersebut, kami menambahkan 3.000 peninjau konten, hampir dua kali lipat dari tim kami yang sudah ada saat ini.

Tim kami bermitra dengan pihak ketiga seperti DoubleVerify dan Integral Ad Science, untuk memastikan perangkat keamanan brand dan kendali yang kami ciptakan sesuai dengan kebutuhan pengiklan kami. DoubleVerify dan Integral Ad Science juga menentukan cara paling efektif untuk mendukung kebutuhan pengiklan dan mengatur kendali keamanan brand mereka di Facebook.

Sehubungan dengan keamanan brand, masyarakat secara umum yang senantiasa menikmati konten di news Feed memahami secara implisit bahwa postingan pribadi yang mereka lihat tidak terhubung atau didukung oleh postingan lain pada feed mereka dari brand atau orang lain.

Namun, kejelasan jenis konten masih menjadi perhatian besar – khususnya untuk penempatan iklan dimana konten dan iklan tidak sepenuhnya bisa dibedakan, sepert Instant Articles dan iklan In-Stream di Facebook, serta penempatan iklan di situs dan aplikasi publisher di Audience Network.

Selain menawarkan penempatan dan kategori opt-outs, minggu depan kami akan memulai daftar pra-kampanye bagi publisher. Pada peluncurannya, perangkat ini akan memberikan pengiklan daftar mitra yang menggunakan Instant Articles dan video in-stream di Facebook serta para publisher yang memonetisasi situs dan aplikasi mereka via Audience Network.

Untuk Audience Network sendiri, kami mengharapkan daftar penuh publisher dengan format yang lengkap untuk tersedia pada bulan Oktober. Daftar pascakampanye ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Melihat Masa Depan

Kami ingin semua mitra kami memiliki informasi dan perangkat yang mereka butuhkan agar bisa beriklan dengan percaya diri di Facebook. Kami telah memiliki kemajuan yang signifikan tahun ini pada beberapa isu utama, namun kami belum selesai. Kami masih harus melangkah lebih jauh.

Seiring dengan lanskap iklan yang terus berubah, kami akan terus bekerja dengan mitra periklanan kami untuk memahami kebutuhan mereka dan membangun ekosistem iklan digital yang lebih bertanggung jawab dan aman bagi brand.

Kami pun sepenuhnya berkomitmen dalam hal ini.

 

 

Oleh: Carolyn Everson, VP Global Marketing Solutions, Facebook

 

Top