NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

ITdBI 2017 Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi

ITdBI 2017 Tingkatkan  Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi

Sebanyak 20 tim dari 29 negara akan membelanjakan uangnya selama berada di Banyuwangi dan diterima langsung oleh masyarakat setempat.

Marketplus.co.id – Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang akan diselenggarakan pada 26-30 September 2017. Event yang diselenggarakan ke-6 kalinya ini menjadi salah satu penggerak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, efek ekonomi pariwisata langsung dari penyelenggaraan event ITdBI  2017   antara lain hotel menjadi penuh karena  ratusan peserta  terdiri para  pembalap berikut  rombongannya dari puluhan negara  dan  para penggemar  olahraga balap sepeda  datang dan menginap di hotel serta membelanjakan uangnya di sana.

“Gencarnya pemberitaan media terhadap even ITdBI  menjadi  promosi yang efektif sehingga mendongkrak pariwisata Banyuwangi yang  tahun 2016 dikunjungi 77 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan 4 juta wisatawan nusantara (wisnus). Capain ini dua kali lipat dari target yang direncanakan,” kata Arief Yahya, Senin (18/9).

Arief Yahya juga mejelaskan, event ITdBI 2017 yang diikuti 20 tim dari 29 negara memberikan dampak langsung  pada meningkatnya kunjungan wisman ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15 juta wisman dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

“Sebanyak 20 tim dari 29 negara akan membelanjakan uangnya selama berada di Banyuwangi dan diterima langsung oleh masyarakat setempat,” kata Menpar Arief Yahya.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan,  20 tim balap sepeda dari 29 negara itu, antara lain Iran, Jepang, Korea Selatan, Afrika Selatan, dan Eritria. Selain itu dari Prancis, Italia, Belanda, Rusia, Irlandia, Swiss, Jerman, Australia, Kolombia, dan New Zealand.

“ITdBI menjadi salah satu ajang sport tourism yang spesial bagi Banyuwangi sebagai sarana promosi  pariwisata yang efektif di dalam negeri dan mancanegara,” ujar Abdullah Azwar Anas.

Penyelenggaraan event balap sepeda International Tour de Banyuwangi  Ijen (ITdBI) 2017 menjadi sarana efektif  dalam mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi. Penyelenggaraan sport tourism ini memberikan direct impact  ekonomi pariwisata bagi masyarakat setempat serta mempunyai media value yang tinggi.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Top