NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Desain Web Responsif: Mengapa Anda Memerlukan Website yang Mobile Friendly

Desain Web Responsif: Mengapa Anda Memerlukan Website yang Mobile Friendly

Mengingat jumlah akses dari perangkat mobile yang tinggi, besar kemungkinan bahwa kebanyakan orang mengakses website Anda dari perangkat mobile.

Marketplus.co.id – Pertumbuhan koneksi mobile dan pengguna smartphone terus meningkat setiap menitnya. Menurut GSMA Intelligence, terdapat lebih banyak koneksi melalui mobile dibandingkan dengan jumlah orang di seluruh planet.1 

Menurut Zenith’s Media Consumption Forecast, mobile telah menggantikan komputer dekstop karena lebih banyak orang yang memilih untuk mengakses internet lewat perangkat mobile. Hal ini juga dapat dilihat dari penggunaan internet lewat komputer desktop yang merosot sebesar hampir 16 persen di tahun 2016.

Desain Web Responsif Agar Tetap Kompetitif

Karena fungsionalitasnya, smartphone menjadi media utama untuk meyakinkan konsumen agar membeli atau berlangganan. Karena itu, di era digital ini, sebuah website bisnis harus menjadi mobile-friendly agar tetap kompetitif. Berikut adalah beberapa fakta yang mendukung premis ini:

  • Di Indonesia, 67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses internet dari telepon genggam dan komputer, dan 63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses internet dari smartphone.5
  • Berdasarkan Ericsson Mobility Report 2017, pada kuartal pertama 2017, Indonesia adalah negara ketiga dengan pertumbuhan pengguna internet (mobile) terbesar di dunia, dengan total penambahan langganan internet mobile lebih dari 10 juta setelah India dan Tiongkok.6
  • Menurut We Are Social, 35% dari populasi Indonesia memiliki akun sosial media yang aktif dan dapat mengakses jaringan sosial media ternama melalui mobile.7

Jadi, apabila situs web bisnis Anda saat ini belum mobile friendly, Anda harus mempertimbangkan untuk segera mengubah pendekatan Anda. Karena secara sederhana, saat ini pelanggan Anda sedang menantikannya. Matoa-Indonesia.com adalah salah satu produk jam tangan kayu Indonesia yang terus menerus berinovasi untuk membuat desain web yang menarik.

Mereka menciptakan website mobile friendly yang sederhana tetapi juga didesain dengan indah. Situs mobile-nya memiliki penjelasan yang komprehensif, dengan dilengkapi foto-foto resolusi tinggi yang menggambarkan produk, juga menampilkan simulasi harga cicilan untuk setiap jam tangan yang dijual-belikan di website mereka. Matoa percaya bahwa memiliki website tidak pernah cukup, oleh karena itu mereka juga mengintegrasikan websitemereka dengan media sosial seperti Instagram dan Youtube.

Ada beberapa cara untuk membuat situs Anda mobile-friendly, tetapi salah satu cara terbaik adalah dengan mengadopsi desain web yang responsif, yang dapat membuat situs web Anda menyesuaikan dengan layar apapun seperti layar desktop, tablet, atau smartphone. Ini dapat memberikan pengalaman mobile untuk pelanggan—tidak perlu memperbesar, memperkecil, ataupun melakukan scrolling.

Pendekatan desain web yang responsif dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Peningkatan penjualan: Situs mobile dapat membantu meningkatkan pembelian mobile. Faktanya, perusahaan yang menggunakan desain responsif biasanya mengalami peningkatan rasio konversi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.
  2. Pengukuhan merek: Konsumen menginginkan pengalaman yang mudah dan mulus di situs Anda. Pengalamanmobile yang buruk dapat menciptakan kesan negatif bagi Anda dan perusahaan Anda.
  3. Penghematan biaya: desain web responsif dapat menghemat biaya dan waktu tambahan untuk mengelola situs web dan situs mobile.
  4. Lebih baik untuk mesin pencari: mesin pencari seperti Google dan Bing lebih menyukai situs yang responsif, yang dapat membantu untuk menaikkan ranking di halaman hasil pencarian.

Melihat Gambaran yang Lebih Luas

Pada akhirnya hal ini bukanlah tentang perangkat. Untuk benar-benar terhubung dengan pelanggan saat ini, Anda perlu menciptakan pengalaman yang paling optimal untuk audiens Anda. Menggunakan desain web responsif dapat membantu Anda untuk mencapai pengalaman yang optimal dengan cara menggunakan dan mempromosikan pendekatan “user-centric” yang dapat memberikan pengalaman konsisten seperti yang diinginkan pelanggan dari perangkat yang mereka gunakan.

Perlu diingat: seseorang tidak selalu ada di dekat komputer, tetapi banyak orang memiliki perangkat mobile yang mereka bawa setiap saat. Apabila para pelanggan bisa mengakses situs web Anda dari telepon seluler mereka semudah mereka mengaksesnya dari laptop, mereka akan memiliki akses yang lebih luas ke bisnis Anda, dan ini selalu merupakan jawaban yang tepat.

 

1 GSMA Intelligence. Definitive data and analysis for the mobile industry.
2 Worldometers. Current World Population.
3 DIGIDAY. How mobile is overtaking desktop for global media consumption, in 5 charts
4 Gartner. Gartner Says Worldwide PC Shipments Declined 5.7 Percent in Third Quarter of 2016.
5 APJII. Indonesian Internet Providers Association (APJII) Survey in 2016.
6  Ericsson. Ericsson Mobility Report June 2017.
7  We Are Social. We Are Social, Special Report Digital.

Top