NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Y&R merilis top ‘Break-out Brands’ 2017 untuk Indonesia

Y&R merilis top ‘Break-out Brands’ 2017 untuk Indonesia

Your Lead Paragrpah goes here

Marketplus.co.id – Pada tanggal 22 Agustus, Y&R Group Indonesia merilis top Break-out Brands Indonesia dalam 11 kategori, seperti yang sudah diidentifikasikan oleh BrandAssetValuator® (BAV®). Ketika beberapa brand ekonomi baru masuk ke dalam daftar, brand lokal masih menjadi yang terkuat di antara pendatang baru lainnya di Indonesia.

Brand diurutkan berdasarkan peringkat yang paling ‘mendobrak’ dalam kategori produk terdiri dari: AQUA, Samsung, McDonald’s, Path, Go-Jek, Alfamart & Indomart, Wardah, Beng-Beng, ABC Heinz, dan Chitato. Kategorisasi ini berdasarkan pada data komparatif BAV Indonesia selama sepuluh tahun terakhir, dan dengan mengukur persepsi brand sesuai dengan berbagai atribut dan karakteristik utama mereka.

Menanggapi penelitian tersebut, Kepala Perencanaan Y&R Indonesia, Upasana Dua, mengatakan, “Menarik untuk melihat bahwa ‘Break-out Brands’ ternyata bukan brand-brand baru di pasar saat ini. Ketika brand dengan konsep ekonomi berbagi seperti Go-Jek masuk ke dalam daftar, sangatlah menarik untuk melihat bahwa brand Indonesia yang lebih mapan masuk ke peringkat yang tinggi, menciptakan kategori baru dengan berinovasi pada cara penawaran dan komunikasi, membuat mereka tetap relevan di era saat ini.”

Brand-brand pendobrak atau ‘Break-out Brands’ ini hanyalah salah satu contoh hasil penemuan dari BAV, karena Y&R Indonesia terus membangun strategi dan kapabilitas data,” tambah Matthew Collier, CEO, Y&R Group Indonesia. “BAV adalah cara khusus yang digunakan untuk memetakan persepsi brand dibandingkan dengan brand yang setara lainnya, menawarkan wawasan yang tak ternilai harganya untuk klien yang sudah bersama kami, klien baru, sekaligus memberikan keuntungan kompetitif yang besar untuk Y&R sebagai agensi terintegrasi yang memimpin di industri.”

Sejak diluncurkan pada tahun 1993, BAV telah menjadi database dan representasi dari persepsi brand terbesar di dunia. BAV mengevaluasi kondisi dan posisi brand di pasaran, membandingkan asetnya dalam kancah persaingan di industri dan menjelajahi berbagai dinamika kategori dalam konteks “brandscape” yang lebih luas dari ribuan brand yang ada.

KATEGORI GLOBAL

Pada kategori global, Aqua telah memimpin pasar selama 20 tahun terakhir dan identik dengan air mineral. Berhasil membuat terobosan baru dan segar di pasar melalui kampanye #AdaAqua. Sebuah hal yang sulit dilakukan dalam kategori fungsional.

Masih dalam kategori global, ada McDonald’s, sebuah brand global yang besar dan secara konsisten berusaha untuk menyesuaikan strategi yang relevan dengan budaya suatu negara dengan memperkenalkan penawaran dalam
periode waktu tertentu yang menonjolkan cita rasa lokal.

Pada kategori global berikutnya, Samsung sebagai pemimpin dalam bidang teknologi tidak mengikuti tren. Mereka menciptakan tren sendiri dengan terus berinovasi dan menciptakan berbagai produk elektronik baru.

KATEGORI LOKAL

Untuk kategori lokal, Chitato menjadi pemimpin pasar yang secara terus-menerus dapat mengukuhkan jati dirinya. contohnya, memperkenalkan rasa baru seperti keripik rasa Indomie dan mencetak kesuksesan di media sosial.

Masih di kategori lokal, Beng-Beng dan ABC Heinz juga secara konsisten mengukuhkan jati dirinya dengan mengenalkan cara-cara baru untuk mengkonsumsi. Misalnya Beng-Beng yang dapat dikonsumsi panas / dingin  dan ABC Heinz menunjukkan hidangan yang unik dan lain dari yang lain yang sesuai dengan rasa sambalnya.

KATEGORI e-COMMERCE

Hanya ada Go-Jek dalam kategori ini yang telah menjadi pelopor dalam kategori industri baru dalam waktu hanya beberapa tahun. BAV mengungkapkan alasan kesuksesan Go-Jek yang besar terletak pada karakternya sebagai fasilitas pendamping aktivitas pengguna. Mereka selalu berpikir untuk membuat hidup konsumen lebih mudah.

KATEGORI TEKNOLOGI

Ternyata ada Path yang masuk ke dalam kategori yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan berskala besar dan global. Path telah muncul sebagai brand menjanjikan di Indonesia, yang dianggap sangat berbeda. BAV juga mengidentifikasikan bahwa untuk menyelamatkan nasibnya, Path perlu menetapkan tingkat relevansi yang lebih tinggi kepada konsumen.

KATEGORI RITEL FMCG

Ada brand Alfamart & Indomaret (kategori minimarket) yang menyodorkan fakta bahwa kenyamanan merupakan salah satu poin utama untuk menarik pelanggan adalah faktor kesuksesan minimarket. Tapi BAV juga menggarisbawahi atribut unik minimarket dibandingkan dengan peritel besar.

Minimarket mempertahankan hubungan yang sangat erat dengan konsumen di Indonesia; orang mengunjungi minimarket tanpa anggapan apapun. Memasuki budaya Indonesia yang apa adanya dan tidak membuat konsumen
Indonesia takut bahwa mereka tidak berada pada tempat yang seharusnya.

KATEGORI KECANTIKAN

Brand Wardah menghadapi tantangan dalam kategori yang ramai di ranah kompetisi, namun telah membuktikan
dirinya sebagai pesaing yang tangguh, dengan peringkat yang tinggi dalam hal relevansi terhadap pasar.

 

Keterangan foto:

Matthew Collier, CEO dari Y&R Group Indonesia menyambut hangat para rekan media dalam acara Brand Asset Valuator (BAV) Data Launching ‘Break-out Brands’ 2017 pada Selasa, 22 Agustus 2017.

Top