NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Facebook dan YCAB meluncurkan Program Literasi Digital sebagai kampanye “Think Before You Share”

Facebook dan YCAB meluncurkan Program Literasi Digital sebagai kampanye “Think Before You Share”

Program Literasi Digital dirancang untuk mendukung kemampuan berpikir kritis anak-anak muda Indonesia.

Marketplus.co.id – Facebook bergabung dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation), sebuah lembaga non-profit yang berfokus pada pengembangan kaum remaja, untuk meluncurkan Program Literasi Digital (28/8). Program yang berlangsung selama 6 bulan ini bertujuan untuk membekali remaja dengan keterampilan berpikir kritis dan empati saat menggunakan media sosial.

YCAB dan Facebook akan menyelenggarakan 100 acara di 100 sekolah menengah atas untuk pelajar di seluruh Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Konten dikembangkan oleh YCAB dan Facebook dengan fokus pada tips dasar keamanan internet dan kemampuan literasi digital yang relevan untuk anak muda Indonesia.

Facebook bertujuan untuk memberi orang Indonesia kekuatan dalam membangun komunitas dan menjadikan dunia jauh lebih dekat. Saat ini, Komunitas Facebook di Indonesia hidup dan aktif dengan 115 juta orang. Seiring dengan perkembangannya, Facebook ingin memberdayakan penggunanya untuk terus membangun komunitas yang aman dan otentik.

Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives, APAC, Facebook, mengatakan, “Komunitas di Indonesia saat ini terus berkembang dan mereka menggunakan Facebook untuk terhubung dengan teman, kelompok, bisnis dan momen-momen yang paling berarti bagi mereka. Kami bangga dapat melanjutkan kerja sama kami dengan YCAB untuk mendukung anak muda agar bisa terus membangun kemampuan Literasi Digital mereka dan memastikan mereka menjadi bagian dari komunitas online yang aman dan saling menghargai. Pada tahun 2016, kami melatih 1.400 pemuda secara offline dan tahun ini kami berharap bisa menjangkau 10.000 pemuda di 100 sekolah.”

M.Farhan, Sekretaris Jenderal dari YCAB Foundation, mengatakan, “Misi YCAB adalah untuk membantu anak muda Indonesia agar menjadi mandiri. Program Literasi Digital merupakan bagian penting dari pekerjaan kami untuk mendukung keamanan online anak muda dan memastikan mereka mempunyai keterampilan yang tepat untuk berkontribusi dalam membuat komunitas online yang positif.

“Program ini dirancang untuk membantu pelajar menganalisa konten di media sosial dan menerapkan pemikiran kritis dan empati mereka sendiri untuk memahami bagaimana informasi tersebut membentuk opini mereka. Kami ingin memberdayakan pelajar untuk mempertimbangkan konten yang mereka bagikan ke media sosial dan dampak dari apa yang dibagikan di media sosial.”

Sebanyak 100 workshop Literasi Digital di 100 sekolah menengah atas ini juga akan ditindaklanjuti dengan sebuah kampanye online dan Campaign Day Out yang didukung oleh Do Something Indonesia. Campaign Day Out akan mempertemukan kelompok terbaik dari sekolah- sekolah yang akan diberikan penghargaan pada Safer Internet Day pada tanggal 6 Februari 2018.

Demas Ryan, Senior Program Specialist Do Something Indonesia mengatakan, “Melalui kesuksesan program Think Before You Share tahun lalu, Do Something Indonesia berharap untuk melangkah lebih jauh dalam hal dampak dan perubahan perilaku. Hal inilah yang mendasari Think Before You Share kembali dilaksanakan dalam periode waktu yang lebih lama dan kampanye online yang menarik untuk mempromosikan hal positif di dunia digital. Kami percaya bahwa sebuah tindakan kecil seperti memposting sesuatu yang positif secara online,
dapat menghasilkan sesuatu yang lebih besar dalam membangun ekosistem digital yang sehat.”

Program tahun ini memperluas panduan awal “Think Before You Share”, yang diluncurkan pada tahun 2016 dan diselenggarakan oleh Facebook, YCAB dan Gerakan Anti-bullying Sudah Dong dalam rangka mendorong remaja agar “Berbagi Hal Baik”. Tur sepanjang bulan ini termasuk 7 kota yaitu Jakarta, Malang, Denpasar, Balikpapan, Palembang, Bandung, dan Surabaya, melibatkan 3,5 juta orang, termasuk 1.400 pemuda di 101 komunitas lokal.

Top