NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Setengah Abad PJT II, a Night to Remember

Setengah Abad PJT II, a Night to Remember

Lebih dari enam miliar meter kubik per tahun, air irigasi dialokasikan untuk 300.000 hektar lahan pertanian.

Marketplus.co.id – 2017  menjadi tahun istimewa bagi Perum Jasa Tirta II (PJT II) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1970.  PJT II kini telah genap setengah abad melayani negeri.

Dalam perjalanannya, PJT II telah beberapa kali mengalami perubahan hingga yang terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 BUMN memiliki tugas dalam bidang pengelolaan Sumber Daya AIR (SDA). Perum Jasa Tirta II mempunyai wilayah kerja yang cukup luas meliputi wilayah Purwakarta, Karawang, Subang, sebagian Bandung, Bekasi, dan DKI Jakarta.

Peringatan ulang tahun ke-50 Perum Jasa Tirta II ini mengusung tema Malam Tasyakuran PJT II – 50 Years – a Night to Remember. Tema ini diambil untuk mengenang perjalanan panjang eksistensi Perum Jasa Tirta II selama 50 tahun membangun negeri.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Direktur Utama PJT II, Djoko Saputro secara resmi membuka puncak acara Peringatan Ulang Tahun ke-50 Perum Jasa Tirta II di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Sabtu (26/8) malam.

“Tanggal 26 Agustus merupakan tanggal bersejarah, karena bersamaan dengan peresmian pembangunan bendungan dan PLTA Ir H Djuanda yang diresmikan oleh Almarhum Bapak Soeharto tepat pada tanggal 26 Agustus 1967. Bendungan yang saat ini dikenal sebagai Waduk Jatiluhur,” ungkap Joko.

Bukan hanya bendungan dengan sistem irigasi terluas se-Indonesia, lanjutnya, Waduk Jatiluhur telah menjadi penghidupan masyarakat sejak lama. Bahkan, lewat fungsi sosialnya, PJT II secara percuma mengalirkan air bendungan melalui ribuan sistem irigasi pertanian di sebagian wilayah Jawa Barat.

Fungsi sosial yang dijalankan PJT II tersebut pun lanjutnya, telah memberikan kontribusi nyata terhadap ketahanan pangan nasional. Lebih dari enam miliar meter kubik per tahun, air irigasi dialokasikan untuk 300.000 hektar lahan pertanian di sekitar wilayah kerja perusahaan.

“Alokasi air tersebut mampu menghasilkan gabah dalam dua musim panen sebesar 15 juta ton. Apabila dikonversi menjadi rupiah, maka kontribusi PJT II bisa mencapai Rp13 triliun sampai Rp14 triliun. Sebagai BUMN yang terbentuk Perum, PJT II memang ditugaskan oleh Pemerintah untuk menjalankan fungsi-fungsi sosial dan tidak menjalankan perusahaan semata-mata untuk mencari keuntungan,” jelasnya

Dalam momentum perayaan HUT ke-50, Perum Jasa Tirta II juga menyelenggarakan berbagai kegiatan di antaranya, Community Gathering, Seminar Nasional 50 Tahun PJT II, Roadshow – Pojok Info, Fun Bike, Panen Raya, Jalan Sehat, Kampung Buhun, PJT Sport Tournament (Internal danEksternal) dan Gebyar 50 Tahun PJT II. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur dan kepedulian Perum Jasa Tirta II terhadap karyawan, masyarakat, dan stakeholders terkait yang telah mendukung Perum Jasa Tirta II hingga mencapai usia 50 tahun.

 

Editor: Andiana Moedasir

Top