NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Enam Alasan Anda Membutuhkan Program Kebugaran

Enam Alasan Anda Membutuhkan Program Kebugaran

Dr. Peter Minke, seorang ahli dalam bidang Biologi Sel Molekuler, menjelaskan penggunaan essential oils untuk menciptakan program kebugaran yang efektif.

Marketplus.co.id –  Young Living Essential Oils, sebagai pemimpin dunia dalam bidang essential oil, menyelenggarakan sebuah acara yang bertemakan “Six Reasons Why You Need A Wellness Program”, dengan menghadirkan Dr. Peter Minke, seorang doktor dalam bidang Biologi Sel Molekuler dari Universitas Texas A&M, sebagai pembicara, pada hari Sabtu (19/8) di Jakarta. Dalam acara tersebut, Dr. Minke menjelaskan pentingnya menyusun program kebugaran dengan essential oils.

Ketika membahas tentang wellness, mayoritas masyarakat melewati kunci utamanya dan hanya fokus pada pola hidup sehat dan bentuk tubuh. “Padahal, kunci utama dari wellness itu sendiri adalah keseimbangan emosi. Jadi, kita tidak hanya harus mencapai kesehatan fisik, tetapi kita juga harus mencapai kesehatan mental atau jiwa. Itu yang utama,” jelas Dr. Minke pada acara tersebut.

Enam poin untuk memiliki program kebugaran

  1. Radikal Bebas

Saat ini bumi telah yang dipenuhi dengan berbagai macam racun yang salah satunya berasal dari efek pemanasan global. Dr. Minke menjelaskan dari global warming ini menghasilkan senyawa radikal bebas atau stress oksidatif, yang merupakan racun dan berdampak negatif pada tubuh manusia.

Senyawa radikal bebas ini bisa membunuh elektron yang memberikan pengaruh buruk kepada membran sel dan cellular machinery di dalam sel. Saat itulah, essential oils memiliki peran penting dalam mengantisipasi hal ini. Essential oils memiliki kandungan senyawa antioksidan yang mengikat senyawa radikal bebas, untuk diserap kemudian dihilangkan.

Oleh karena itu, akan lebih baik apabila kita melakukan pencegahan sebelum kerusakan itu terjadi daripada mengatasi kerusakan yang ada dan pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan essential oils.

  1. Fokus Diri

Fokus hingga saat ini masih menjadi hal yang sulit untuk dilakukan kebanyakan orang. Sama halnya seperti perencanaan finansial, kita juga harus memiliki sebuah perencanaan yang harus disusun untuk tubuh kita sendiri untuk menciptakan fokus diri, yaitu dengan cara:

a. Menghindari racun

Terkadang kita tentu tidak bisa menghindari masuknya beberapa senyawa toksin yang kita hirup di ruang terbuka. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan diffuser essential oils untuk menyaring senyawa-senyawa beracun ketika kita berada di ruangan

b. Memperhatikan asupan nutrisi

Ada dua komponen utama yang kerap dibutuhkan oleh tubuh kita, yaitu air dan udara. Obat, suplemen, atau program diet apapun tidak akan bisa berjalan dengan efektif apabila kita tidak memiliki air yang cukup di dalam tubuh kita. Dalam hal jaringan tubuh (tissue), jaringan tubuh kita membutuhkan oksigen dan air yang cukup untuk melancarkan sirkulasinya.

Salah satu kegunaan essential oils yaitu untuk melancarkan sirkulasi jaringan tersebut melalui massage atau pijat dan mengusapnya langsung ke kulit. Untuk orang dewasa, cukup gunakan 10-15 tetes essential oils untuk pijat seluruh tubuh. Bantuan untuk menghirup udara yang segar pun juga bisa dilakukan dengan men-diffuse essential oils ke udara. Dengan kata lain, penggunaan essential oils bisa dilakukan untuk membantu asupan nutrisi untuk tubuh kita.

c. Mengelola stress

Di tengah kesibukan dan aktifitas, stres menjadi hal yang lumrah di kalangan para pekerja. Karena essential oils bersifat refreshing atau menyegarkan, essential oils pun bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyegarkan pikiran.

  1. Stres

Kembali berbicara tentang stres, apa sebenarnya akibat dari stres tersebut? Stres menyebabkan peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan tingkat pernapasan. Dalam tingkat fisiologis, tubuh memiliki dua cara untuk menanggulangi stres: melalui sistem saraf simpatik dan parasimpatik.

Sistem saraf simpatik merupakan sistem yang merespon stres, dan kita harus mengurangi tingkat stimulasinya. Kopi merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu peningkatan stres, jadi sebisa mungkin hindari kopi apabila merasa stres.

Anda bisa mengurangi tingkat stres melalui sistem saraf parasimpatik, yang berada di tulang belakang dan leher. Essential oils akan sangat bermanfaat dalam mengurangi stres dengan mengaplikasikannya ke punggung, tulang belakang, dan leher.

  1. Pengaruh Negatif Lingkungan

Saat ini Anda hidup di tengah-tengah budaya modern. Walaupun banyak hal yang bisa Anda peroleh dari budaya modern ini, tetapi juga banyak hal negatifnya baik dari segi makanan maupun budaya orang-orang sekitar. Anda tentu tidak ingin menjadi orang yang memberikan pengaruh negatif kepada orang lain.

Sebaliknya, Anda ingin menjadi orang yang bisa memberikan suasana yang sehat dan positif di saat orang lain berbicara, ataupun sekedar berdiri di dekat Anda, dan essential oils dapat membantu Anda untuk mencapai hal ini.

Dr. Minke menyebutkan hasil dari beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa essential oils dapat membantu meningkatkan perasaan (feeling). Cukup dengan menghirup aroma essential oils, dan aroma essential oil tersebut dapat menciptakan rasa tenang dan positif di dalam diri Anda.

  1. Kenyamanan Lingkungan & Keharmonisan Keluarga

Seiring bertambahnya umur dan perubahan dalam hidup, tentu hal yang kita inginkan pun menjadi bertambah banyak. Bagi yang telah berkeluarga, akan lebih efektif apabila waktu luang dihabiskan dengan keluarga. Duduk bersama, mendengarkan musik, serta memenuhi udara dengan aroma essential oils, hal ini akan menciptakan ketenangan dan juga bisa memperkuat hubungan antara sesama anggota keluarga.

  1. Keinginan Untuk Hidup Lebih Baik

Wellnesspurpose, dan abundance merupakan misi utama yang ingin dicapai oleh Young Living Indonesia. Melalui produk essential oils yang alami, Young Living ingin menghadirkan tiga aspek tersebut ke dalam kehidupan masyarakat. Di saat kita berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik, dengan sendirinya pola hidup kita akan mengarah kepada tiga aspek di atas.

Jenis essential oils untuk keluarga

  1. Radikal Bebas

– Untuk perlindungan kulit: Lavender dan Myrrh

– Untuk pembersihan kulit: JuvaCleanseGeranium, dan Patchouli

– Untuk perlindungan dari radiasi: EndoFlex

– Untuk perlindungan dari bahan-bahan kimia: OrangeRosemary, dan Thyme

– Untuk pernapasan: Raven dan RC

  1. Fokus Diri

– Untuk membantu menenangkan pikiran: Lavender dan Cedarwood

– Untuk meningkatkan kewaspadaan pikiran: PeppermintRosemary, dan Deep Relief Roll-On

  1. Stres

– Untuk meredakan emosi: Peace & CalmingStress Away, dan Ylang Ylang

– Untuk menenangkan pikiran: Lavender dan Frankincence

  1. Pengaruh negatif lingkungan

– Untuk perlindungan dan kewaspadaan: Sacred Mountain dan White Angelica

  1. Kenyamanan lingkungan & keharmonisan keluarga

– Untuk menyegarkan suasana keluarga: Citrus Fresh dan Joy

– Untuk kebutuhan keluarga di mana saja: PurificationThievesCypress, dan V-6 Vegetable Oil

Essential Oils Untuk Bayi

Selain enam poin di atas, Dr. Minke juga menjelaskan beberapa hal lainnya, seperti penggunaan essential oils untuk bayi dan anak-anak. Banyak orang yang beranggapan bahwa dalam penggunaan essential oils untuk bayi, dibutuhkan deluded oils seperti minyak nabati untuk mengatasi akibat essential oils tersebut.

Salah satu alasan utama orang menggunakan deluded oils tersebut yaitu untuk mengatasi iritasi. Sebenarnya, hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan essential oils pada bayi atau anak-anak bukanlah tentang deluded oils, melainkan dosisnya.

Dr. Minke menjelaskan, metode yang tepat dalam penggunaan essential oils untuk bayi yaitu dengan mengukur berat badan bayi terlebih dahulu. Jika bayi memiliki berat 10kg atau lebih, maka dosis essential oils yang tepat adalah satu tetes. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir atau memiliki berat kurang dari 10kg, dosis yang tepat adalah setengah tetes. Setengah tetes ini bisa didapatkan dengan meneteskan satu tetes essential oils ke telapak tangan, lalu ambil satu tetes tersebut dengan menggunakan satu jari telunjuk.

Untuk pemakaian, akan lebih baik apabila essential oils dioleskan ke bagian punggung bayi, karena apabila dioleskan ke tangan ataupun kaki, si bayi dapat memasukkan kaki atau tangannya ke dalam mulut, atau menggosokkan tangannya ke matanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang program wellness dari Dr. Minke, silakan kunjungi channel YouTube Dr. Minke di MinkeWellness.

Acara yang dihadiri oleh ratusan anggota Young Living ini diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat Indonesia dalam menggunakan produk yang bebas bahan kimia untuk menjaga kebugaran. “Kami berharap melalui penjelasan dari Dr. Minke pada acara ini, memberikan pengetahuan baru tentang essential oils sebagai komponen dalam menjalani hidup sehat. Sehingga, menciptakan kehidupan sehat yang bebas dari bahan-bahan kimia,” tutup Anggit Wicaksono, Country Manager Young Living Indonesia.

Top