NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Iklan TV untuk Facebook dan Instagram Bisa Disesuaikan

Iklan TV untuk Facebook dan Instagram Bisa Disesuaikan

Semakin Anda berkomitmen dalam menayangkan pesan yang jelas dalam jangka waktu yang singkat, semakin baik kinerja Anda dalam lingkungan seluler.

Marketplus.co.id –  Bagaimana cara Anda beriklan di era digital ini menentukan seberapa kreatif Anda memberikan engagement terhadap pelanggan dan calon pembeli produk. Facebook memiliki tim yang terdiri dari para ahli strategi materi iklan yang membantu para mitra memahami cara mengolah iklan TV untuk Facebook dan Instagram yaitu Facebook Creative Shop.

Perhatian di Mobile Sangat Berbeda

Semakin banyak orang memegang perangkat mobile mereka untuk mengakses aneka informasi dari mana saja. Entah ketika terjebak macet di jalan, di kafe, hingga di kampus. Konsumsi mobile video di Facebook meningkat berkali-kali lipat. Perangkat mobile adalah tempat pelanggan Anda melihat semuanya, mulai dari iklan video hingga konten bermerek—dan kini saatnya Anda menyesuaikan video dan konten Anda sendiri.

Sebagian besar orang menyukai iklan yang lebih pendek daripada iklan panjang. Akan tetapi, konsumsi di perangkat seluler bersifat cepat dan perhatian berlangsung pendek—sehingga tolok ukur untuk mendapatkan dan mempertahankan perhatian menjadi semakin tinggi. Riset Facebook menunjukkan bahwa aktivitas menonton video di perangkat mobile berlangsung lebih cepat, lebih sering, dan dapat dilakukan dengan maupun tanpa suara.

Iklan TV biasanya ditayangkan dengan kondisi orang harus melihat keseluruhan iklan guna memahami pesan akhir di penghujung iklan. Akan tetapi, 47% pesan video di perangkat mobile ditayangkan dalam tiga detik pertama, dan 74% pesan video ditayangkan pada sepuluh detik pertama —setelah itu, perhatian mulai perlahan-lahan menurun.

Jika pesan merek Anda berada di penghujung akhir iklan berdurasi 30 detik, ini berarti semakin kecil kemungkinan orang-orang untuk dapat melihatnya.

Merek dan Pesan

Pastikan merek Anda diperhatikan dan pesan Anda ditayangkan.

  • Tempatkan merek Anda lebih awal. Semakin awal Anda menempatkan merek Anda di video, dan semakin jelas Anda menyampaikan pesannya, semakin baik pula video Anda. Banyak mobile video memiliki kinerja rendah karena pesannya yang tidak jelas, branding yang tidak unik, atau pemirsa yang tidak tahu cara menanggapinya.
  • Ingat, branding lebih dari sekadar logo. Apakah iklan Anda memiliki aspek lain yang ikonik atau mudah diingat—hurufnya, warnanya, estetikanya? Gunakan aspek tersebut lebih awal dan lebih sering.
  • Perkuat pesan kampanye Anda secara visual. Fokus pada penyampaian informasi tanpa kata-kata. Gunakan gambar, animasi, dan penjelasan visual untuk menyampaikan pesan Anda.
  • Tetapkan adegan dengan cepat. Sebagian besar iklan TV menghabiskan waktu yang lama untuk menyiapkan sebuah konteks. Di perangkat mobile, sangat penting untuk segera menangkap perhatian dan membuat orang langsung menghayati drama.

Tipografi dan Grafis

Perjelas pesan Anda menggunakan teks dan gambar daripada narasi.

  • Buat daya tarik visual. Iklan TV asli untuk Camaro SS terbaru berdurasi hampir dua menit dan baru menyampaikan pesan inti setelah 69 detik iklan berlangsung. Untuk iklan mobile video, Facebook memperkenalkan produk sejak awal. Facebook juga menambahkan hitungan visual dan infografis untuk menarik perhatian orang ke fitur mobile.
  • Konteks adalah segalanya. Guna membuat pesan Anda menjadi berarti, buat orang memahaminya dengan cepat. Saat menjalankan kampanye untuk 11/11—hari belanja mobil terbesar di Tiongkok—Facebook perlu memberi tahu orang-orang yang mungkin belum mengenal acara ini. Facebook menyampaikan pesan pembuka yang jelas dalam berbagai bahasa: “Acara Belanja Online Terbesar di Dunia.”
  • Buat sampul untuk cerita Anda. Ini merupakan cara sederhana untuk menambahkan pesan atau konteks yang mungkin disampaikan melalui audio di dalam sebuah iklan TV.

Potongan dan Rasio

Bagaimana cara membingkai aset Anda guna memaksimalkan konten dan ruang Anda?

  • Optimalkan rasio Anda untuk mobile video kotak dan vertikal seringkali memiliki performa yang baik pada perangkat mobile—orang tidak harus memutar ponselnya untuk dapat menikmatinya. Uji peningkatan merek menunjukkan peningkatan 3 hingga 9 poin untuk video vertikal dibandingkan dengan video horizontal. Disarankan rasio 4:5 untuk Instagram, dan 2:3 untuk Facebook.
  • Bermain-mainlah dengan kisi dan gambar bertumpuk. Layar perangkat mobile memang berukuran kecil—namun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengannya. Coba pisah layarnya untuk menunjukkan dua atau lebih alur cerita secara bersamaan.
  • Jelaskan manfaat yang Anda tawarkan. Mulailah dengan pesan tunggal yang terpusat pada hal yang Anda tawarkan. Fokuskan perhatian secara visual pada produk maupun promosi Anda.

Durasi

Sampaikan pesan utuh Anda dalam jangka waktu yang optimal untuk mobile.

  • Cobalah iklan dengan durasi lebih pendek. Hal apa yang dapat Anda sampaikan dalam jangka waktu yang pendek? Fokus pada gagasan atau manfaat utama. Facebook menemukan keberhasilan dengan iklan 6 detik dalam News Feed dan iklan 15 detik dalam stream.
  • Mulailah dengan adegan iklan paling menarik. Gunakan satu atau dua adegan utama untuk menyampaikan pesan Anda secara serempak dan efektif dalam waktu singkat. Perhatian pada perangkat mobile adalah sebuah tindakan—pastikan Anda bisa mendapatkannya.
  • Gunakan beberapa sketsa pendek dengan akhir yang sama. Ini adalah alternatif yang ampuh untuk iklan TV yang lebih panjang. Jika iklan TV Anda memiliki banyak materi bagus yang sulit dipersingkat, cobalah untuk  memisahkannya menjadi rangkaian mini iklan pendek dengan pesan sama yang jelas.

Narasi Cerita dan Perpaduan

Bereksperimenlah dengan cara-cara baru untuk menyampaikan cerita di luar narasi cerita mainstream.

  • Bermain-mainlah dengan kecepatan. Kecepatan konsumsi konten di perangkat seluler telah bertambah. Orang-orang terpukau oleh visual yang cepat, maka tingkatkan kemungkinannya—berapa banyak yang dapat mereka baca dan pahami dalam waktu yang pendek?
  • Mulailah dengan bagian akhir. Putar balik cerita Anda untuk menyampaikan pesan dengan lebih cepat. Bagaimana jika Anda memulainya dengan poin utama?
  • Buat ritme atau “heartbeat.” Membuat ritme atau repetisi visual dapat memberikan backbeat menyerupai iklan TV kepada video Anda.

Jadikan iklan seluler Anda lebih menghibur dan lebih berdampak saat Anda menggunakan gambar diam, tayangan slide, dan gambar berulang untuk melengkapi maupun mengganti format iklan video.

Top