NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Rencanakan Hari Paling Bersejarah dalam Hidup Anda dengan Instagram

Rencanakan Hari Paling Bersejarah dalam Hidup Anda dengan Instagram

Di era digital sekarang, momen pernikahan bisa langsung dinikmati oleh para tamu undangan atau mereka yang tak bisa hadir secara real time melalui Instagram.

Marketplus.co.id – Pernikahan dapat menjadi salah satu hari paling bersejarah dalam hidup seseorang – dan setiap pasangan akan berusaha sekuat tenaga untuk menghadirkan momen yang spesial dan tak terlupakan, baik bagi pasangan pengantin, keluarga maupun tamu undangan.

Memahami pentingnya hari paling bersejarah tersebut, tak heran banyak pasangan yang menjadikan Instagram sebagai tempat mencari inspirasi hingga mengabadikan serta membagikan momen spesial tersebut. Sebagai contoh, Rinni Wulandari yang baru saja melangsungkan pernikahannya pada bulan Mei lalu mencari berbagai inspirasi hari pernikahan dari Instagram. Rinni berpendapat, “Instagram memiliki peranan yang cukup besar dalam pernikahan kami, karena kami mendapat jutaan inspirasi dan referensi yang layak dicoba dan sangat mudah untuk dilakukan dalam Instagram.”

Untuk membantu Anda, kami telah mengumpulkan sebuah panduan pernikahan – yang dapat menginspirasi Anda tentang bagaimana cara menggunakan Instagram untuk melakukan riset, merencanakan, dan mengabadikan hari spesial Anda!

SEBELUM PERNIKAHAN

Riset

Instagram memungkinkan Anda untuk mencari inspirasi bagi pernikahan Anda. Mulai dari tema, gaun pengantin, tempat, kue pengantin, katering, hingga cinderamata, Anda cukup memasukkan sebuah hashtag dalam kolom pencarian dan menelusuri posting yang muncul untuk memperoleh inspirasi.

Selama persiapan pernikahan, Rinni dan calon suaminya mencari berbagai referensi vendor melalui Instagram. “Kami mencari banyak sekali inspirasi untuk mewujudkan pernikahan melalui Instagram. Komentar dan feedback dari para netizen juga merupakan hal yang penting bagi kami, untuk mengetahui pendapat orang mengenai inspirasi yang mencuri perhatian kami. Untuk mencari ide dengan cepat, kami pun kerap menggunakan berbagai hashtag.”

Anda juga dapat mengikuti akun-akun seputar pernikahan – dan melihat siapa saja yang mereka like dan dengan siapa mereka berkolaborasi! Bagi Rinni, beberapa akun pernikahan yang menginspirasi dan paling sering ia kunjungi adalah @bridestory dan@thebridedept.

Saat memulai riset Anda, tab “Discover” dapat memberikan beberapa saran berdasarkan siapa yang Anda ikuti dan posting apa yang anda Like – sehingga Anda bisa menemukan akun-akun baru yang tentunya juga dapat menginspirasi Anda!

Inspirasi Hashtag tentang Pernikahan

  • #nikah
  • #pengantin
  • #pernikahan
  • #prewed
  • #akadnikah
  • #undanganpernikahan

Kumpulkan inspirasi Anda

Jangan lupa untuk menyimpan ide dan inspirasi yang telah Anda temukan dengan fitur “Save to Collection” dari Instagram. Hal ini akan mempermudah Anda untuk melihat kembali koleksi inspirasi. Sebagai contoh, ketika Anda menemukan gaun pengantin atau kebaya cantik yang sesuai dengan gaya Anda, simpan post tersebut ke dalam koleksi bertajuk “Gaun Pilihan” yang nantinya dapat didiskusikan dengan desainer Anda.

Berbagi Ide

Bagikan ide Anda dengan para bridesmaid melalui Instagram group chat, mulai dari cinderamata, tema dekorasi, pose foto pre-wedding hingga bouquet. Mengambil keputusan tentang hari pernikahan Anda bisa menjadi hal yang sulit dan membingungkan, jadi bertanya lah kepada orang-orang yang paling mengerti Anda.

Untuk membentuk sebuah group chat di Instagram, ketuk ikon “Direct”, dan buat sebuah group chat. Ketika Anda melihat sesuatu yang ingin Anda bagikan, cukup tekan ikon “Direct” di bawa post tersebut untuk membagikannya.

 Temukan berbagai UKM yang menarik

Anda mencari beberapa ahli dan penjual untuk mempersiapkan pernikahan Anda di Instagram? Ada beberapa UKM yang ahli dalam hal pernikahan yang dapat Anda jelajahi di Instagram –  mulai dari fotografer, pembuat perhiasan, desainer, hingga wedding organizer. Hal terbaiknya adalah akun-akun mereka merupakan sebuah portofolio ter-update, sehingga Anda dapat melihat berbagai proyek yang telah mereka kerjakan sebelumnya – dan mencari inspirasi untuk pernikahan Anda sendiri.

“Ketika kami tertarik dengan beberapa vendor dan kami yakin bahwa mereka akan memainkan peranan penting dalam pernikahan kami, kami akan mengirimkan sebuah pesan melalui Direct Message dan, ya, mereka sangat responsif,” kata Rinni.

Berikut merupakan beberapa vendor industri pernikahan yang dapat Anda lihat:

 Cuplikan “Save the Date”

Buat  teman dan kerabat Anda semakin penasaran dengan beberapa cuplikan persiapan Anda dan ingatkan mereka untuk mencatat  tanggalnya! Anda mungkin dapat membuat pesan yang lebih kreatif dan mengunggah video berdurasi 60 detik tentang perjalanan cinta Anda atau sebuah foto romantis untuk menunjukkan kepada semua orang betapa berharganya kehadiran mereka di pernikahan Anda.

hari paling bersejarah

HARI PERNIKAHAN

Hashtag Spesial untuk Hari Pernikahan Anda

Jadikan hari besar Anda semakin berkesan dengan membuatnya menjadi “event paling happening”. Anda dapat membuat hashtag khusus untuk hari pernikahan Anda dan meminta setiap tamu undangan untuk menambahkan hashtag tersebut pada setiap foto yang mereka ambil dan unggah di hari pernikahan Anda. Dan setelah hari tersebut berakhir, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengoleksi setiap momen berharga yang diambil di hari pernikahan Anda. Sebagai contoh, Rinni menggunakan hashtag#rinnijevinwedding untuk hari pernikahannya.

Jangan lupa periksa dulu, apakah hashtag yang dipilih sudah pernah dipakai!

Photobooths

Sempurnakan hari Anda dengan photobooth DIY maupun profesional, dengan demikian para tamu undangan akan lebih mudah untuk mengambil sebuah foto menarik dan membawanya pulang sebagai cinderamata. Ingatkan mereka untuk mengunggahnya di Instagram dan gunakan hashtag spesial Anda sehingga Anda dan para tamu undangan dapat dengan mudah menemukan foto-foto spesial ini.

Tangkap Seluruh Momen Kecil dengan Cerita

Momen seperti mengenakan makeup, menjadi berharga di hari pernikahan Anda – akan tetapi mengunggah seluruh momen kecil ini dapat memadati feed Instagram Anda. Mengapa tidak menangkap dan membagikan momen-momen spesial hari pernikahan Anda ini di Cerita? Jangan lupa   hadirkan kreatifitas Anda saat mengunggah cerita  seperti halnya yang telah dilakukan oleh Rinni. Coba tambahkan beberapa stiker, drawing tools, atau eraser brush untuk membuatnya semakin menyenangkan.

Perlu diingat bahwa Anda mungkin terlalu sibuk dengan aktivitas memotong kue atau melakukan dansa pertama, jadi mengapa tidak meminta tolong pada salah satu bridesmaid atau teman Anda untuk membantu menangkap seluruh momen tersebut? Anda juga dapat membuka “Pengaturan Cerita” dan mengaktifkan “Menyimpan Foto yang Dibagikan” – dengan demikian Anda dapat menyimpan seluruh momen yang telah Anda tangkap.

Mainkan Live untuk Berbagi Cerita tentang Pernikahan Anda dengan Orang-orang Terdekat

Jika beberapa orang tidak dapat hadir ke pesta pernikahan Anda, jangan khawatir. Melalui Instagram Live, Anda dapat menyiarkan upacara pernikahan Anda kepada orang-orang terdekat di Instagram, bahkan di saat mereka berada di ujung belahan bumi lain. Pastikan Anda meminta seseorang untuk memegang kamera dan Anda memiliki konektivitas yang baik! Anda bahkan mungkin dapat menyediakan tripod untuk merekam video yang lebih kukuh! Bagi Rinni, Live merupakan salah satu fitur yang paling ia sukai dan sangat menyenangkan untuk digunakan selama pesta pernikahannya.

PASCA HARI PERNIKAHAN

Ucapkan Terima Kasih

Akhiri rangkaian momen  besar Anda dengan menyampaikan “Terima Kasih” pada semua orang! Anda dapat mengunggah sebuah video berdurasi 60 detik berisi momen-momen paling penting atau sebuah posting multi-image yang terdiri dari foro-foto terbaik selama pernikahan Anda!

#Throwback Pernikahan

Kemeriahan pernikahan Anda tidak akan berakhir dalam kurun waktu satu bulan. Unggah memori yang paling Anda sukai dari pernikahan Anda – pengaturan tempat duduk, kue pengantin, cinderamata, cincin pernikahan, bridesmaid, bestmen, dan lain-lain – dengan sebuah posting throwback. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi Anda dan orang-orang terdekat untuk mengenang momen pernikahan Anda. Jika Anda khawatir akan mengunggah terlalu banyak posting, Anda dapat selalu menggunakan fitur Multi-image!

Rinni juga menyampaikan beberapa tips menarik bagi para calon pengantin. “Bagi kalian yang sebentar lagi akan menikah,  kalian bisa membuat daftar tentang hal apa saja yang mungkin kalian butuhkan untuk pernikahan kalian, lalu search di Instagram tentang inspirasi dan vendor-vendor yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Cek dan kontak vendor-vendor ini satu per satu melalui Direct Message atau profil bisnis mereka. Jangan lupa untuk melihat kolom komentar dan halaman “Photos of You” sehingga Anda dapat melihat siapa saja yang telah menggunakan vendor tersebut dan bagaimana hasilnya.”

Terakhir, nikmati dan selamat bersenang-senang dalam menjalankan setiap prosesnya. Tidak ada hal yang perlu Anda khawatirkan jika Anda telah merencanakan segala sesuatunya sesempurna mungkin. Selamat menempuh hidup baru!

 

Top