NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Inovasi Pengobatan Untuk Pasien Gagal Jantung

Inovasi Pengobatan Untuk Pasien Gagal Jantung

Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya memiliki risiko yang cukup tinggi untuk terkena gagal jantung dibandingkan dengan bangsa lain di dunia.

Marketplus.co.id –  Dibandingkan dengan negara Barat, gagal jantung pada pasien Asia Tenggara terjadi pada usia yang lebih muda dan ditandai dengan kondisi klinis yang lebih parah, dengan faktor risiko vaskular seperti hipertensi, obesitas dan diabetes. Secara konsisten selama satu dekade, pasien gagal jantung di Asia telah terbukti lebih muda dari pasien di Eropa.

Kesalahpahaman seputar gagal jantung di antara masyarakat Indonesia seringkali terjadi. Gaya hidup kurang sehat seperti jarang berolahraga, kebiasaan makan yang kurang tepat dan merokok masih menjadi keseharian yang dijalani.

Menurut Prof. Dr. Bambang Budi Siswanto dari Rumah Sakit Pusat Jantung Harapan Kita, penyakit gagal jantung tidak dapat disembuhkan, oleh sebab itu sangat penting bagi masyarakat agar lebih paham akan penyakit ini dan mengetahui gejala-gejalanya agar pengidap gagal jantung dapat memiliki kehidupan yang lebih aktif dan panjang.

“Jantung adalah salah satu organ terpenting, namun terkadang orang cenderung mengabaikan gejala yang mengisyaratkan bahwa jantung mereka sedang bermasalah. Gagal jantung adalah kondisi kronis serius ketika jantung tidak dapat lagi memompa cukup darah demi memenuhi kebutuhan oksigen tubuh akibat melemahnya otot jantung seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa memengaruhi tiap individu berapapun usianya,” papar Prof. Dr. Bambang Budi Siswanto, Sabtu (29/7) di Jakarta.

Untuk menemukan solusi terhadap penyakit ini, perusahaan farmasi seperti Novartis, secara aktif membuat penemuan yang membawa pengobatan medis ke arah yang baru. Novartis Indonesia melakukan inovasi demi meningkatkan dan memperpanjang kehidupan pasien di Indonesia dengan menghadirkan pengobatan gagal jantung terbarunya, yakni LCZ696.

Presiden Direktur Novartis Indonesia, Milan Paleja menuturkan, demi mengurangi memburuknya kondisi pasien gagal jantung, Novartis menghadirkan pengobatan gagal jantung baru LCZ696 dengan nama molekul sacubitril valsartan sodium hydrate di kelas perawatan ARNi (Angiotensin Receptor-Neprilysin inhibitor) di Indonesia, sejak pertama kali diluncurkan di Eropa dan Amerika Serikat 18 bulan lalu.

“Komitmen kami tetap teguh di semua negara di mana kami beroperasi. Kami selalu siap untuk mendukung pemerintah Indonesia dan bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk membantu pasien Indonesia yang menderita penyakit kardio-metabolik, seperti diabetes, hipertensi dan gagal jantung, baik melalui JKN maupun pasar komersial,” jelas Milan Paleja.

Dia juga berharap dapat membantu meringankan beban sosial maupun ekonomi sebagai akibat penyakit ini.

 

Editor: Andiana Moedasir

Top