NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

A New Way of Banking oleh Commonwealth Bank

A New Way of Banking oleh Commonwealth Bank

Teknologi ini memberikan layanan yang mudah, cepat, aman, paperless serta bisa diakses di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh nasabah.

Marketplus.co.id –┬áBerdasarkan survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK tahun 2016, indeks literasi keuangan di Indonesia berada di 29,66%, sedangkan indeks inklusi keuangan di angka 67,82%. Kedua indeks ini telah mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Namun masih terdapat beberapa faktor penghambat bagi masyarakat luas untuk dapat mengakses layanan dan fasilitas perbankan.

Antara lain yang sering dikeluhkan adalah proses on boarding yang cukup memakan waktu. Berdasarkan hasil Survei MRI 2016-2017 (Banking Service Excellence), seorang nasabah memerlukan waktu minimal 1 jam untuk membuka rekening Bank, dari mulai mengisi formulir, fotokopi data pribadi berupa KTP dan NPWP, menunggu pencetakan kartu ATM, aktifasi IB dan MB hingga mendengarkan informasi penawaran produk dan layanan.

Ditambah lagi, di kota-kota besar, seperti Jakarta, waktu tempuh ke lokasi Bank pun sangat lama. Untuk jarak 5 km, diperlukan minimal 1 jam untuk mencapai tujuan (Source: Badan Pusat Statistik 2015).

Begitu sampai di Bank, nasabah harus mengisi sejumlah formulir yang cukup banyak dan panjang. Padahal apabila ada 740,000 rekening yang dibuka setiap bulan (berdasarkan rilis LPS 2 Maret 2017), minimal 1,480,000 formulir yang harus dipersiapkan. Artinya ada ribuan pohon yang harus ditebang per bulan untuk kebutuhan formulir, tepatnya 2,960 pohon.

Melihat keadaan ini, Bank Commonwealth menghadirkan a new way of banking yang bisa memberikan layanan yang mudah, cepat, aman, paperless serta bisa diakses di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh nasabah.

A new way of banking merupakan perkembangan teknologi yang bertujuan untuk memberikan layanan perbankan yang end-to-end atau menyeluruh. Dengan perkembangan teknologi, kita dapat menghadirkan kemudahan bertransaksi dengan akses yang luas kepada masyarakat. Secara resmi, a new way of banking akan diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2017 mendatang.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Top