NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Kompetisi Tahunan L’Oréal Girls in Science (LGIS) 2017

Kompetisi Tahunan L’Oréal Girls in Science (LGIS) 2017

L’Oréal Indonesia berpartisipasi dalam program For Women In Science tingkat internasional dan nasional sejak tahun 2004, mendukung pendidikan sains untuk generasi muda melalui L’Oréal Girls in Science sejak tahun 2005 dan memberdayakan perempuan kurang beruntung melalui program Beauty for a Better Life sejak tahun 2014.

Marketplus.co.id – Sains begitu dekat dengan kehidupan manusia dan dapat membantu menjawab permasalahan yang dihadapi dunia. Sejarah telah membuktikan betapa temuan sains bisa berdampak besar terhadap kemajuan sebuah bangsa. Kompetisi tahunan L’Oréal Girls in Science (LGIS) 2017 kembali menantang kepekaan para siswi SMA untuk menciptakan inovasi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan di lingkungan sekitar mereka.

Pengumuman pemenang dilakukan dalam acara L’Oréal Science Fair 2017 bertajuk #TernyataSainsKeren. Selain pemenang pertama, kedua dan favorit, tahun ini LGIS juga memberikan penghargaan khusus ‘Inspiring Educator’ untuk guru yang telah berdedikasi untuk terus mendorong para siswa untuk menekuni bidang sains di sekolahnya.

 “Mengutip Bapak B.J. Habibie, Indonesia membutuhkan ilmuwan sejati yang tidak hanya mengejar ilmu tetapi juga melakukan penerapan dari hasil temuan atau pembelajarannya untuk menjawab permasalahan yang ada. Ini sangat sesuai dengan pesan yang kami bawa dalam kompetisi LGIS tahun ini.

Kesempatan Memamerkan Karya Sains

“Generasi muda perlu didorong untuk peka dalam mengidentifikasi masalah dan menggunakan sains untuk mencari solusi. Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan untuk terus mempromosikan dan meningkatkan minat dalam sains, tahun ini kami mencoba membawa kompetisi tahunan LGIS ke tingkatan yang lebih besar,” ujar Umesh Phadke, Presiden Direktur L’Oréal Indonesia.

Sejak tahun 2005, program LGIS telah diikuti oleh lebih dari 600 siswi berbakat dari lebih 200 SMA dari seluruh Indonesia. Setiap tahunnya,LGIS mengangkat tema yang berbeda dan menarik. Tema yang dipilih tahun ini adalah community impact, yaitu para peserta diajak untuk menemukan solusi dari permasalahan di sekitar mereka sehingga dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Delapan tim finalis yang masing-masing terdiri dari 3 siswi ini berkesempatan untuk memamerkan karya mereka di L’Oréal Science Fair.

 “Tahun ini secara khusus L’Oréal menyelenggarakan L’Oréal Science Fair untuk memberikan kesempatan bagi para peserta kompetisi LGIS unjuk gigi. Jadi tidak hanya presentasi di depan dewan juri, mereka juga didorong untuk bisa menceritakan ide mereka kepada pengunjung yang hadir. Hasil karya mereka sungguh di luar ekspekstasi.

“Kami sangat mengapresiasi ide anak muda untuk membuat jenis tempat sampah pintar yang dapat mengidentifikasi jenis sampah atau model mesin pakan ternak otomatis yang dapat membantu para peternak. Meyakini bahwa guru dapat menjadi role model yang sangat berpengaruh bagi generasi muda untuk mau menekuni bidang sains, tahun ini kami juga memberikan penghargaan khusus Inspiring Educator agar para guru dapat terus memotivasi para siswi untuk memajukan dunia sains ,” tambah Umesh.

Pemenang L’Oréal Girls in Science (LGIS) 2017

Para peserta kompetisi LGIS telah melewati beberapa tahapan penjurian sejak bulan April, terdiri dari essai penelitian, pembuatan video tentang inovasi, hingga penjurian final tatap muka. Setelah melewati tahapan penjurian yang komperhensif, dewan juri yang terdiri dari alumni L’Oréal-UNESCO For Women in Science (FWIS) memutuskan SMA Plus Pembangunan Jaya dengan inovasi Three Maskerteens sebagai pemenang pertama dan SMA 3 Malang dengan inovasi Smart Bin Model sebagai pemenang kedua. Juara favorit yang dipilih melalui online voting di Facebook diraih oleh SMAN 1 Bojonegara dengan total 1432 likesInspiring Educator Award diberikan kepada Ibu Yonita Tyas Lokita dari SMA Plus Pembangunan Jaya.

“Senang sekali dan tidak menyangka ternyata karya kami terpilih sebagai pemenang L’Oréal Girls in Science 2017. Sains seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, namun sebetulnya sains sangat seru dan bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat. Perjalanan kami masih panjang, semoga LGIS bisa menjadi langkah awal kami menjadi ilmuwan sejati,” jelas Ayu Sekar T, anggota tim SMA Plus Pembangunan Jaya, pemenang pertama LGIS 2017.

“Terima kasih kepada L’Oréal yang telah memberikan penghargaan khusus kepada para guru. Penghargaan ini tentu akan menjadi motivasi bagi saya untuk terus mengajar. Besar harapan saya agar semakin banyak anak didik yang meneruskan pendidikan mereka di bidang sains agar Indonesia bisa menjadi negara maju berbasis penelitian dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi di dunia,” ungkap IbuYonita Tyas Lokita, guru SMA Plus Pembangunan Jaya, pemenang Inspiring Educator Award LGIS 2017.

Masa Depan Ditentukan oleh Generasi Muda

Salah satu dewan juri, Dr. Anawati yang juga penerima L’Oréal-UNESCO For Women in Science National Fellowship 2015 menyatakan, “Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini yakni community impact, dewan juri mencari ide-ide berupa teknologi tepat guna yang dapat diterapkan di masyarakat sekitar namun tetap orisinil dan inovatif.

“Secara umum ide-ide yang disampaikan di LGIS 2017 ini sangat baik dan kami sangat menghargai usaha mereka walaupun masih direalisasikan dalam bentuk simulasi atau alat peraga. Harapan saya tentu dari kegiatan LGIS ini akan muncul calon-calon ilmuwan di masa depan. Untuk menjadi seorang ilmuwan harus tetap mempertahankan jiwa “curiosity” dan terus belajar. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya dan aplikasikan ilmu tersebut bagi kemajuan bangsa. Sekali lagi selamat untuk para pemenang.”

“Masa depan sebuah bangsa akan dibentuk dan ditentukan oleh generasi muda sekarang. Mereka membutuhkan lebih banyak role model serta kegiatan-kegiatan yang dapat membuka mata mereka akan pentingnya peran sains dalam membuat perubahan yang positif bagi masa depan IndonesiaL’Oréal terus berkomitmen untuk mempromosikan sains terutama memajukan para perempuan muda dalam sains. Semoga komitmen ini dapat melahirkan lebih banyak ilmuwan perempuan muda, karena perempuan dalam sains mampu mengubah dunia,” tutup Umesh.

Top