NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

HIJUP dan Kebutuhan Muslimah Modern dalam Satu Tempat

HIJUP dan Kebutuhan Muslimah Modern dalam Satu Tempat

Pada tahun 2011, e-commerce di bidang fesyen Muslim tak seramai sekarang. Kala itu, banyak pemilik bisnis fesyen memilih jalur offline, seperti menyewa toko untuk menjajakan produk mereka.

Marketplus.co.id – Fashion Hijab tengah merebak di masyarakat. Para muslimah kini lebih leluasa untuk bergaya menggunakan hijab dan busana muslim wanita dengan aneka bentuk dan model yang beragam. HIJUP hadir sebagai Islamic fashion e-commerce pertama di Indonesia, yang juga dikenal sebagai toko online hijab fashion, tempat untuk belanja berbagai baju muslim wanita. Melalui HIJUP, kamu bisa melihat, memilih dan membeli berbagai item fashion scarf, jilbab, kerudung, mukena dan lain lain yang pas dengan seleramu. (Dikutip dari halaman situs hijup.com)

Marketplace Kebutuhan Muslimah Terbesar Indonesia

Saat ini, siapa yang tak mengenal HIJUP, sebuah marketplace kebutuhan muslimah (yang kini juga sudah merambah ke kebutuhan muslim) terbesar di Indonesia. Berawal dari ide dan kebutuhan seorang Diajeng Lestari terhadap busana kerja Islami dan syar’i. Apalagi, di perusahaan tempat bekerjanya dahulu, Diajeng dan karyawan lain selalu dituntut untuk berpenampilan rapi, penuh gaya, modis, dan fashionable.

Sayangnya, memenuhi kebutuhan fesyen seperti itu di tahun 2011 bukanlah hal mudah. Terlebih mulai banyaknya merek bertebaran di dunia online namun keamanan transaksinya tak sedikit yang meragukan, membuat Diajeng turut memikirkan kebutuhan muslimah lainnya. Ibu satu orang anak ini ingin, siapa pun bisa bertransaksi dengan aman sehingga para muslimah dapat berpakaian keren dan dapat dimiliki dengan harga terjangkau.

Untuk itulah, Diajeng pun melihat adanya peluang membuat sebuah wadah jual beli kebutuhan muslimah agar tertata dengan baik. Ia memerhatikan, merek dan penjual baju muslimah sudah sangat banyak, namun tidak memiliki sistem yang rapi. Istri Achmad Zaky, pendiri marketplace Bukalapak, ini memang tidak ada keinginan untuk membuat clothing line baru. Ia hanya mengumpulkan tenant yang ingin berjualan di marketplace yang dibangunnya.

Bukan tanpa tantangan, Diajeng membangun brand HIJUP dari awal. Bagaimana caranya meyakinkan klien untuk bisa memercayakan produknya pada HIJUP adalah hal yang biasa dihadapi oleh para pendiri startup. Karena sudah terbiasa membantu suaminya di situs bukalapak.com, Diajeng tidak kagok untuk masuk ke dunia e-commerce. Perlahan, HIJUP berkembang pesat dan kini sudah lebih dari 500 brand ikut meramaikan.

HIJUP  dan Kerja Efisien

Kesuksesan Diajeng menjadikannya disorot oleh dunia internasional. Berkesempatan mengunjungi Silicon Valley tahun 2016 lalu tak disia-siakannya menyerap banyak ilmu dan pengalaman. Salah satu ilmu yang bermanfaat dari hasil kunjungan dua minggu itu adalah tentang Lean Startup, yaitu startup harus dapat bekerja dengan efisien dan efektif, atau tidak mubazir.

“Tidak mubazir dalam hiring orang dan spending marketing budget misalnya. Bagaimana melakukan tes channel mana yang paling efisien. Jadi sebelum mengeluarkan uang, kita harus tes dulu mana yang baik, yang paling efektif, yang paling efisien, dan yang paling baik impact-nya ke kita,” ujar Diajeng seperti dikutip dari antara.com.

Top