NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

7 Tips Keamanan untuk Pelari Trail

7 Tips Keamanan untuk Pelari Trail

Selain disuguhkan udara segar dan panorama alam, ada banyak hal tak terduga saat melakukan aktivitas trail running.

Marketplus.co.id –  Buat Anda yang menyukai lari, selain berlari di jalan beraspal, Anda juga bisa mencoba untuk lari trail. Berlari di tengah alam terbuka ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri. Anda akan disuguhkan pemandangan yang tidak biasa dengan pepohonan dan jalan setapak berliku. Mau menjadi pelari trail?

Dengan semakin meningkatnya popularitas lari trail, menemukan jalur dan teman sesama penggemar trail running kini takkan sulit ditemukan. Sebelum Anda siap-siap untuk menjadi pelari trail, ingat tip berikut ini sebelum mulai menjelajah alam.

Periksa cuaca

Jangan sepelekan cuaca apalagi di saat musim yang tidak menentu. Cuaca yang terlihat cerah bisa saja berubah menjadi mendung dalam beberapa menit. Biasanya untuk mengecek cuaca dan bawa peralatan yang memadai.

Jadikan Diri Anda Terlihat

Untuk berlari, sepatu reflektif atau pullover neon membantu orang lain melihat Anda dan sebaliknya. Hal ini penting khususnya jika Anda berlari di daerah yang membolehkan perburuan binatang liar.

Investasi di semprotan merica

Siapkan semprotan merica di tangan Anda agar tetap siaga. Sebagian besar semprotan merica berbobot 2 ons atau kurang yang membuatnya ideal untuk dipotong dengan gigi Anda atau dipegang di genggaman tangan Anda. Bahkan ada ‘semprotan merica khusus jogging’ yang sangat praktis buat seorang pelari.

Bagikan Lokasi Anda

Pernah menonton film 127 hours? Tentu Anda tidak ingin kejadian seperti film tersebut. Jika Anda melakukan lari trail sendirian, kirimkan peta dengan rencana rute Anda ke teman atau keluarga sebelum pergi. Anda juga bisa berbagi lokasi dengan teman via ponsel atau aplikasi khusus seperti Garmin LiveTrack.

Cari atau Buat Penanda

Buat sendiri penanda pada tempat-tempat yang sudah Anda lalui agar ketika GPS Anda tidak bekerja, Anda tetap bisa menemukan jalur keluar.

Tetap waspada, apalagi saat tubuh lelah

Sangat mudah untuk menjadi ceroboh menjelang akhir lari. Untuk mencegah hal-hal di luar prediksi, jaga stamina dan fokus sepanjang jalur.

Ikuti aturan

Saat menggunakan jalur multi trail, ikuti aturan jalan. Jika Anda mengubah arah Anda, waspada pada jalur sekitar untuk menghindari potensi tabrakan dengan pengendara sepeda atau pelari lain yang lewat.

Berbekal petunjuk di atas, Anda dapat menikmati latihan yang menantang tanpa khawatir pada hal-hal yang berpotensi membahayakan.

 

 

Editor: Andiana Moedasir

Top