NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

11 Tips Media Relations untuk Startup dari Media-Media Top Indonesia (Bag. 1)

11 Tips Media Relations untuk Startup dari Media-Media Top Indonesia (Bag. 1)

iPrice melampirkan video hasil kolaborasi dengan 11 top media di Indonesia untuk mengetahui tips media relations yang benar dari sudut pandang mereka.

Marketplus.co.id – Indonesia menjadi negara yang memiliki pertumbuhan startup berbasis teknologi tertinggi di Asia Tenggara. Dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia tercatat memiliki jumlah sekitar dua ribu startup pada tahun 2016 silam. Pertumbuhan startup ini juga diprediksi akan terus meningkat sampai dengan 6,5 kali lipat pada tahun 2020.

Lalu, bagaimana cara membangun relasi dengan media yang tepat? Di artikel yang terbagi dalam dua seri ini, iPrice melampirkan video hasil kolaborasi dengan 11 top media di Indonesia untuk mengetahui tips media relations yang benar dari sudut pandang mereka.

Kesebelas media tersebut adalah Dailysocial, Pikiran Rakyat, Sindonews, Kompas, BBC Indonesia, Jalan Tikus, Tech in Asia Indonesia, Jakarta Post, Merdeka, Metrotvnews, dan CNN Indonesia. Berikut ringkasan tips media relations yang bisa Kita pelajari untuk perusahaan startup:

 

  1. Kenali Background Jurnalis Secara Personal – JalanTikus.com

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=WbGhGiW7tyg

Media relations merupakan sebuah seni bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain. Tentunya kedekatan hubungan secara personal dengan jurnalis dapat memudahkan kita untuk menyampaikan konten-konten yang berhubungan dengan startup kita, lho. Pada dasarnya setiap media sangat terbuka dan mau membantu mempublikasikan startup baru, terutama startup lokal, ASAL produk yang kita berikan berupa produk yang sudah final, matang, dan siap dipakai.

Tips mencuri perhatian jurnalis: jalinlah hubungan personal dengan mengetahui background dan spesialisasi jurnalis tersebut. Misal memberikan konten teknologi kepada jurnalis yang khusus menulis berita teknologi. Dengan hal tersebut akan memberikan kita kesempatan lebih besar untuk mempublikasikan konten kita.

 

  1. Media Relations adalah Investasi – Dailysocial.id

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=_LpF432RhpU

Banyak perusahaan startup yang kurang memahami bahwa hubungan dengan media adalah salah satu bentuk investasi yang harus dipupuk terus-menerus. Media seharusnya bisa menjadi sebagai partner yang bisa memberikan mutual relationship antar dua pihak.

Dari sisi startup memberikan informasi yang dibutuhkan oleh media baik itu tentang teknologi, informasi produk dan data-data, sebaliknya media memberikan publikasi mengenai informasi tersebut untuk pembacanya. Hubungan baik dengan media adalah hubungan terbuka yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

 

  1. Media Relations adalah “Menjual” Konten ke Media – Pikiran Rakyat

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=2tgJnNfFeQ8&t=6s

Banyak perusahaan startup yang kurang mengetahui bahwa media itu tidak berbayar, kalau berbayar namanya iklan! Alih-alih membayar media untuk mendapatkan publikasi, banyak startup yang kurang tahu kalau media sebenarnya membutuhkan konten. Konten yang dimaksud adalah konten yang bermanfaat bagi pembaca seperti informasi-informasi mengenai e-commerce, teknologi, dan sebagainya.

Bagaimana caranya? Perusahaan startup harus proaktif untuk mendekatkan diri ke media dengan memberikan insight mengenai produk mereka untuk menyakinkan media bahwa produk tersebut adalah sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat. Pelaku startup pun perlu mengetahui waktu yang tepat saat mengirim konten atau press release kepada media, yakni pada pagi hari sekitar pukul 9 hingga 11 untuk mendapatkan prioritas untuk diterbitkan.

 

  1. Pastikan Produk Sudah Siap untuk Digunakan – Tech in Asia ID

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=ffvFCE7QTPM

Ternyata beberapa media memiliki kriteria masing-masing saat memutuskan startup manakah yang akan mereka berikan publikasi, lho! Beginilah bocoran dari media teknologi terbesar di Asia, Tech in Asia mengenai kriteria startup yang memiliki nilai plus dan lebih gampang ”lolos” dipublikasikan:

  1. Startup tersebut sudah memiliki real produk yang sudah jadi, tidak hanya sebatas ide. Ketika produk sudah jadi maka media bisa mengulasnya dengan review mereka sendiri.
  2. Startup tersebut sudah pernah mengikuti dan lolos dalam kompetisi. Hal ini menandakan startup tersebut sudah terkurasi mengenai ide dan eksekusi bisnisnya dibandingkan startup yang lain.
  3. Sumber pendanaan startup ternyata juga menjadi salah satu pertimbangan media untuk memberikan publikasi atau tidak.

Bagi media, fungsi membangun relasi dengan media amatlah penting untuk mengenalkan produk startup kepada masyarakat. Sayang sekali bila produk yang dimiliki startup tersebut sebenarnya amatlah bagus dan bermanfaat tapi tidak dikenalkan kepada orang-orang. Salah satu cara membuat masyarakat mengenali produk startup adalah dengan mencoba mempublikasikan konten kita kepada media.

Selain itu, TechinAsia Indonesia juga berbagi beberapa tips konten yang menarik menurut media:

  1. Konten tersebut memberikan bersifat insightful dan dipenuhi dengan data-data yang diperlukan media
  2. Jangan terlalu memaksakan produk startup untuk dipublikasikan di media
  3. Pintar-pintarlah mengemas konten agar tidak seperti hard-selling content
  4. Biarkan media mencoba fitur produk tersebut dan mengulasnya

 

  1. Tidak Mengerti Media Relations adalah Kerugian bagi Startup – Sindonews.com

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=vo_Ji4Bmahg

Ternyata tidak memahami media relations merupakan suatu kerugian bagi startup, lho! Ibarat kompetisi, pesaing sudah maju ke depan, kita masih tertinggal beberapa langkah. Karena tujuan utama dari media relations adalah untuk mengenalkan core bisnis startup sehingga masyarakat mengetahui manfaat dari produk kita.

Bagaimana caranya?

Mulainya membangun hubungan media dengan memberikan press release yang berisi core bisnis startup dan informasi produk yang dikemas dengan konten yang baik. Nilai plusnya adalah bila konten yang kita berikan memiliki hubungan dengan isu-isu yang sedang booming di Indonesia (contoh: angkutan online) dan memiliki manfaat bagi pembaca.

Selain memberikan press release dalam bentuk hardcopy (biasanya diberikan ketika ada event), ternyata media lebih senang bila kita juga memberikan press release dalam bentuk softcopy beserta data-data pendukung seperti informasi grafik atau data yang bisa digunakan oleh media. Bagaimanapun, startup harus lebih aktif menghubungi media terlebih dahulu dan jika sempat, sesekali lakukan kunjungan media agar chemistry hubungan tetap terjaga.

 

Tips media relations bersambung ke seri kedua.

 

Sumber Tulisan: iPrice

 

Editor: Andiana Moedasir

Top